5 Senjata Tradisional Asal Jawa Tengah yang Melegenda

5 Senjata Tradisional Asal Jawa Tengah yang Melegenda
info gambar utama

Di zaman kejayaan kerajaan di Nusantara, senjata tradisional sangat erat kaitannya dengan kehidupan budaya masyarakat kuno. Senjata ini digunakan sebagai alat untuk melindungi diri dan mempertahankan wilayah.

Indonesia merupakan negara yang terdiri atas berbagai pulau. Tiap pulaunya terdiri dari berbagai macam provinsi daerah yang memiliki aneka ragam senjata tradisional yang jumlahnya lebih dari satu, tergantung kebutuhan. Diantara berbagai macam provins, Jawa Tengah memiliki senjata tradisional yang lebih maju pada zamannya daripada di daerah Nusantara lainnya. Jawa Tengah memiliki banyak senjata legendaris.

Namun seiring berjalannya zaman senjata tradisional tersebut kini telah menjadi sebuah warisan dari kebudayaan Nusantara. Kali ini yang akan dibahas adalah senjata tradisional asal Jawa Tengah. Berikut 5 jenis senjata tradisional legendaris asal Jawa Tengah.

1. Keris

Keris, senjata tradisional asal Jawa Tengah

Senjata keris merupakan salah satu senjata paling terkenal dibandingkan senjata tradisional lainnya di Jawa Tengah. Keris di zaman dahulu digunakan sebagai identitas diri. Terdapat perbedaan bentuk keris berdasarkan tingkatan sosialnya.

Keris raja-raja akan berbeda bentuknya dengan keris prajuritnya. Senjata ini memiliki berbagai macam bentuk dari mulai yang terdapat lekukan dengan jumlah ganjil seperti 3,5,7 hingga yang tidak memiliki lekukan.

Sebetulnya senjata ini juga dapat ditemukan di luar daerah Jawa Tengah seperti Sumatra, Bali dan Sulawesi. Namun keris lebih terkenal di Jawa Tengah karena memiliki unsur magis yang kerap sekali dianggap memiliki tuan tertentu.

Seiring perkembangan zaman, keris tidak lagi dipakai sebagai identitas ataupun sebagai alat perlu dungan diri. Sampai sekarang senjata tersebut lebih difungsikan untuk dipakai sebagai pelengkap baju adat.

2. Condroso

Condroso, senjata tradisional asal Jawa Tengah

Senjata ini memiliki bentuk yang berbeda dari senjata pada umumnya. Bentuknya yang seperti tusuk konde, pada zaman dahulu digunakan para wanita jawa sebagai cara untuk menjaga harkat dan martabat wanita sebagai alat untuk melindungi diri dari hal yang tidak diinginkan.

Dahulu lazimnya senjata ini digunakan untuk perempuan yang sedang ditugaskan menjadi telik sandi atau mata-mata. Terbuat dari besi dengan ujung yang tajam senjata ini bisa digunakan untuk mematikan. Condroso biasanya hanya digunakan saat situasi darurat saja

3. Kudi

Kudi atau Khudi, senjata tradisional asal Banyumasan, Jawa Tengah

Kudi merupaka senjata yang mirip kujang. Berfungsi sebagai alat pemotonv benda keras, senjata ini sering dgunakan maayarakat banyumas dalam kehidupan sehari-gari. Bentuknya yang agak melengkung, pangkalnya yang mengembung serta pucuknya yang menyerupai paruh burung telah disesuakan berdasarkan fungsinya.

Berdasarkan bermacam fungsi yang tidak dimiliki alat tajam lain, alat ini juga secara tidak langsung mencerminkan masyarakat Banyumas yang simpel dan fleksibel dalam mengerjakan sesuatu.

Baca juga: 10 Motif Batik Yang Paling Terkenal Dan Terindah Di Indonesia

4. Wedhung

Wedhung, senjata tradisional asal Jawa Tengah

Senjata asal Jawa Tengah ini merupakan senjata yang menyerupai pisau yang dilengkapi dengan kerangka yang berasal dari kayu jati. Senjata ini tidak seterkenal jika dibandingkan dengan keris ataupun senjata lainnya. Namun di zaman dahulu masyarakat menggunakan senjata wedhung untuk beberapa keperluan hingga untuk berperang.

5. Plintheng

Plintheng atau ketapel, senjata tradisional asal Jawa Tengah

Plintheng, sebuah kayu yang dibentuk huruf Y dan diikat dengan karet di ujung kanan dan kiri ditambah selembar kulit hewan ditengah karet. Di zaman dahulu plintheng digunakan sebagai senjata. Senjata ini digunakan dengan cara meletakan kerikil sebagai peluru yang kemudian ditarik untuk menciptakan gaya pegas yang kuat.

Namun di masa silam plintheng selain digunakan sebagai senjata juga digunakan sebagai sarana hiburan anak-anak Jawa bermain. Hingga sekarang pun masih ada beberapa anak di daerah yang masih bermain dengan plintheng atau yang biasa dikenal dengan ketapel ini.



Nah itu dia 5 senjata tradisional asal Jawa Tengah yang bisa menjadi informasi kamu mengenal berbagai macam senjata di zaman dahulu. Senjata-senjata tersebut masih dapat dijumpai di museum maupun pengoleksi atau penyimpanan barang-barang kuno. Selain itu senjata-senjata tersebut harus terjaga dengan baik, agar generasi selanjutnya dapat mengenal senjata di masa lampau.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini