Mengenal Manggis Putih, Varietas Manggis Cantik Asal Lombok

Mengenal Manggis Putih, Varietas Manggis Cantik Asal Lombok
info gambar utama

Sebagai negara beriklim tropis kita wajib bersyukur Indonesia dibekali banyak sekali tanaman buah yang unik. Salah satunya adalah Manggis Putih. Biasanya Manggis berwarna ungu, namun ternyata terdapat jenis Manggis yang ada di NTB yang berwarna putih.

Apakah kamu pernah melihat dan mencicipinya?

Buah yg sering disebut sebagai ratu buah ini tergolong tanaman tahunan karena usianya yang dapat mencapai puluhan tahun. Manggis Putih ini banyak dihasilkan dari daerah Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Buah ini dikenal dengan nama pitch apple atau orang juga menyebutnya Manggis varigata, Manggis Putih, ataupun Manggis kuping gajah. Nama latin buah ini adalah Garcinia mangostana.

Daunnya memiliki belang-belang yang terdapat warna putih di tepi daunnya membuat tampilannya unik dan menjadi ciri khasnya. Tanaman buah Manggis Putih ini dapat berbuah saat sudah mencapai umur 5 tahun. Produktivitas tanaman buah Manggis Putih ini lebih tinggi dibanding Manggis biasa.

Sekali panen nya dapat mencapai 50-60 kg, sementara Manggis biasa hanya mencapai 30 kg saja. Biasanya petani memanen buah ini di akhir tahun yaitu pada bulan November dan Desember. Tanaman Manggis Putih ini dapat hidup di segala kondisi.

Namun karena termasuk jenis tanaman tropis maka idealnya tumbuh di ketinggian 500-600 mdpl. Lebih lanjut, berikut 5 fakta unik dari buah Manggis Putih.

1. Buah Favorit Raja Bali

Manggis Putih, buah unik asal Indonesia yang kini sulit ditemui menjadi kesukaan raja Bali

Konon kabarnya buah ini dahulu menjadi buah favorit bagi para penguasa kerjaaan. Raja-raja Bali yang pernah berkuasa di Lombok pada sekitar abad ke 18 suka sekali memakan buah Manggis Putih ini, sehingga buah ini seringkali menjadi komoditi perdagangan di Bali.

2. Harganya yang Mahal

Manggis Putih, buah unik asal Indonesia yang kini sulit ditemui memiliki harga yang mahal

Manggis jenis ini memang istimewa. Termasuk varian Manggis unggul membuat harga dari Manggis Putih ini lebih mahal dibanding Manggis biasa. Harga perkilo dimasa awal panen bisa mencapai Rp 55.000. Tak heran jika dijuluki si ratu Manggis.

Baca juga jenis buah asal Indonesia lainnya: Buah Bisbul, Buah Bundar Berbulu yang Kaya Manfaat Kesehatan

3. Mengandung Tinggi Glukosa

Manggis Putih, buah unik asal Indonesia yang kini sulit ditemui memiliki tinggi glukosa

Manggis Putih memiliki kandungan glukosa yang lebih tinggi dibanding Manggis biasa. Dan hal inilah yang membuat Manggis Putih rasanya lebih manis dibanding jenis Manggis yang berwarna merah.

4. Kulitnya yang Berwarna Putih

Manggis Putih, buah unik asal Indonesia yang kini sulit ditemui berkulit buah berwarna putih

Seperti namanya, Manggis ini memiliki warna yang berbeda dari Manggis biasanya. Saat masih usia muda, Manggis jenis ini memiliki warna kulit yang dominan putih. Namun setelah buah ini hampir matang maka warna putihnya akan berubah warna menjadi warna agak keunguan.

5. Tekstur Daging Buah Lebih renyah

Manggis Putih, buah unik asal Indonesia yang kini sulit ditemui memiliki daging buah yang renyah

Daging buah Manggis Putih memiliki tingkat yang lebih renyah dibanding Manggis biasa. Hal ini disebabkan oleh kandungan kadar airnya yang lebih rendah dibanding Manggis biasa, sehingga membuatnya lebih renyah.

Manfaat Manggis Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Selain keunikan di atas, buah Manggis Putih mengandung protein, fosfor, magnesium, asam folat, zat besi, kalsium, natrium, seng, dan mangan. Seratnya yang tinggi juga dapat membantu kesehatan tubuh.

Kulit Manggis bahkan dipercaya baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Dari kulit itu dapat diolah menjadi masker wajah. Cara pengolahannya yaitu dengan menggunakan kulit Manggis yang kemudian diblender dan dioleskan ke seluruh muka.

Tak hanya untuk kecantikan saja, buah Manggis Putih memiliki segudang manfaat. Buah Manggis Putih mengandung antioksidan berupa xanthones yang memiliki kandungan penguat sel yang dapat mencegah penyakit, anti kanker, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Serta buah ini memiliki anti inflamasi dan bersifat anti alergi. Sehingga bisa menghambat proses pelepasan histamin dan mengurangi rasa sakit akibat peradangan yang terjadi.

Nah itu dia beberapa informasi menarik mengenai buah Manggis Putih ini. Semoga bermanfaat yaa

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini