Pemandian Aek Rangat Rianiate, Sumber Air Panas Alami Di Pulau Samosir

Pemandian Aek Rangat Rianiate, Sumber Air Panas Alami Di Pulau Samosir
info gambar utama

Bukan Indonesia jika tidak selalu menawarkan keindahan alamnya yang indah. Kali ini datang dari Pulau Samosir atau yang dikenal sebagai Pulau Vulkanik karena terbentuknya Danau Toba dan Pulau Samosir akibat letusan gunung merapi. Keindahan pulau ini banyak menarik wisatawan lokal sampai mancanegara. Suasanannya yang sejuk dan hijau menjadikan pulau ini juga cocok untuk menenangkan jiwa dan melepas penat pekerjaan.

Nah, jika kamu berkunjung ke Pulau Samosir ada satu tempat yang bisa dijadikan destinasi wisata kamu yaitu Pemandian Aek Rangat Rianiate. “Aek Rangat” sendiri memiliki arti air panas atau hot spring karena bertempat di tepat lereng Gunung Pusuk Buhit yang masih aktif.

Air panas yang keluar berasal dari sumber mata air bebatuan berwarna putih atau batu kapur. Air panas tersebut dialirkan ke kolam yang dikelola oleh penduduk setempat. Hal ini juga telah didukung oleh pemerintahan Samosir dan menetapkannya sebagai salah satu objek wisata.

Spot Menarik di Pemandian Aek Rangat Rianiate

Bukit kapur salah satu spot menarik di Pemandian Aek Rangat Rianiate, sumber air panas alami di Pulau Samosir, Sumatra Utara

Karena letaknya yang tepat berada di bawah kaki Gunung Pusuk Buhit, kamu tidak hanya dapat berendam di air panas namun sekaligus dapat dengan mudahnya menikmati panorama Danau Toba dan Gunung Pusuk Buhit.

Pemandian ini menyediakan kolam-kolam dengan pengaturan panas, kamu dapat merasakan air panas sesuai selera. Disini terdapat pengaturan panas dari mulai yang panas sedang sampai panas tingkat tinggi.

Nah, untuk kamu para orang tua yang membawa si kecil kesayangan berlibur ke Pemandian Air Rangat Rianiate tidak perlu khawatir karena pemandian ini telah menyediakan tempat yang dangkal yang cocok untuk anak-anak dan tapi harus tetap waspada ya akan keselamatan anak-anak, jangan sampai lengah.

Selain itu tempat wisata ini juga menyediakan indahnya wisata alam yang bisa kamu abadikan sebagai spot foto menarik dan eye-catching untuk sosial media kamu. Dan, uniknya karena tempat ini memiliki background putih seperti putihnya salju banyak juga warga setempat yang menjadikan tempat ini sebagai tempat foto pre-wedding.

Setelah asyik berendam di air panas, kamu dapat memanjakan perut kamu dengan telur rebus atau sajian makanan dan minuman khas Batak di warung-warung makan di sekitar lokasi. Primadona masakan khas yang biasanya banyak dicari yaitu ikan bakar nila dengan bumbu khas Samosirnya yang lezat.

Baca juga wisata pemandian air panas lainnya: Pemandian Air Panas Guci, Wisata Keluarga dan Relaksasi Diri di Tegal

Lokasi dan Rute Menuju Pemandian Aek Rangat Rianiate

Rute lokasi menuju Pemandian Aek Rangat Rianiate, sumber air panas alami di Pulau Samosir, Sumatra Utara

Pemandian Aek Rangat Rianiate terletak di Desa Sianjur Mula, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Kamu akan menikmati hangatnya air panas sembari menikmati pemandangan Kawah Putih.

Dan untuk berkunjung kesini, kamu dapat menggunakan transportasi darat seperti mobil ataupun motor. Jika kamu memulai perjalanan dari Kota Medan ke Parapat akan memakan waktu sekitar 3 - 4 jam dengan jarak tempuh 176 km.

Setibanya di Parapat, kamu perlu menyebrangi lautan untuk sampai ke Pulau Samosir melalui Pelabuhan Tomok. Kamu perlu melanjutkan perjalanan sampai di Desa Tomok, dari desa tersebut kamu akan menuju Kota Pangururuan yang akan memakan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Kemudian kamu dapat melanjutkan perjalanan ke Desa Rianiate dimana sumber air panas berada.

Dan tidak perlu khawatir akan merasa bosan saat ditengah perjalanan, kamu akan menikmati pemandangan hijaunya pohon pinus dan bukit-bukit hijau yang berjejer di sepanjang perjalanan.

Sekedar tips, jika kamu tidak ingin repot-repot membawa kendaraan pribadi kamu, di sekitar Kota Medan juga sudah banyak yang menyediakan penyewaan transportasi baik itu mobil ataupun motor lho.

Jam Operasional dan Tiket Masuk Pemandian Aek Rangat Rianiate

Harga tiket masuk dan jam operasional ke Pemandian Aek Rangat Rianiate, sumber air panas alami di Pulau Samosir, Sumatra Utara

Jam operasional pemandian sendiri dibuka mulai pukul 07.00 - 19.00 WIB dengan harga tiket masuk hanya sebesar Rp 10.000 saja kamu dapat berendam di air panas sembari memanjakan mata dengan keindahan Danau Toba dan Gunung Pusuk Buhit.

Lalu untuk parkir kendaraan bermotor kamu perlu merogoh kocek Rp 5.000 untuk kendaraan roda doa dua sedangkan untuk kendaraan roda doa empat kamu perlu mengeluarkan Rp 10.000.

Nah, ada sedikit tips untuk kamu yang baru pertama kali akan berkunjung ke Pemandian Aek Rangat Rianiate, disarankan kamu bisa datang disaat sore atau malam hari. Waktu-waktu tersebut membuat suasana dingin yang menjadikan sensasi ingin berendam air panas setelah seharian melakukan aktivitas yang padat. Datang di waktu tersebut juga untuk menghindari kamu kepanasan saat berkunjung di siang hari.

Dan Jangan lupa juga untuk membawa baju ganti dan peralatan mandi seperti sabun dan shampoo favorit kamu ya. Selamat berlibur!

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini