10 Buah Unik Di Indonesia Yang Wajib Kamu Coba

10 Buah Unik Di Indonesia Yang Wajib Kamu Coba
info gambar utama

Indonesia terletak di daerah tropis yang juga kaya akan hutan hujannya, sehingga membuat negara kepulauan ini memiliki kaya akan aneka ragam buah-buahan khasnya. Oleh karena itu, sangat disayangkan apabila keanekaragam hayati yang ada di negeri kita tidak dilestarikan dengan baik. Padahal dengan kekayaan flora yang melimpah dapat dimanfaatkan sebagai sumber kehidupan sehari-hari, termasuk untuk mencukupi kebutuhan pangan.

Nah, dari sekian banyak jenis buah-buahan yang tersebar di Indonesia, beberapa buah-buah berikut ini tergolong sulit untuk ditemukan bahkan mungkin belum kamu ketahui.

Oleh karena itu untuk membantu kamu lebih mengenal flora Indonesia terutama buah-buahannya, berikut Kawan GNFI rangkum 10 jenis buah-buah unik di Indonesia yang harus kamu ketahui.

1. Buah Merah

Buah Merah Papua, Tanaman endemik yang menjadi komoditi pangan dan budidaya di Provinsi Papua

Buah Merah (Pandanus conoideus) merupakan buah tradisional yang berasal dari Papua khususnya di daerah Papua Pegunungan, buah ini juga disebut kuansu. Bentuk pohon dari Buah Merah menyerupai pandan dengan tinggi mencapai 16 meter. Buah Merah sendiri memiliki bentuk yang lonjong dengan kuncup tertutup daun.

Di Papua, buah ini dimanfaatkan secara luas mulai dari penyedap makanan hingga dijadikan sebagai obat-obatan. Tidak jarang masyarakat Papua mengkonsumsi buah ini dengan cara dimakan langsung. Buah ini dikenal sebagai buah antikanker karena kandungan tokoferolnya yang mencapai 11.000 ppm dan betakaroten yang mencapai 7.000 ppm. Kedua senyawa ini bekerja secara sinergis sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah ini juga memiliki cerita legenda yang dipercaya oleh masyarakat Papua. Konon katanya, buah ini awalnya berwarna hitam namun terdapat seorang perempuan yang mengoleskan darah ke buah ini dan warna buah tersebut berubah menjadi merah.

Buah Merah bagi masyarakat Papua memiliki tiga fungsi yaitu fungsi sosial yang berarti apabila mereka mampu menanam Buah Merah dalam jumlah besar mereka akan dihormati. Kedua, fungsi kesehatan yang artinya buah ini selalu masyarakat bawa sebagai bekal perjalanan jauh untuk menjaga kekebalan tubuh. Ketiga, fungsi ekonomi yang artinya mereka bisa menukar Buah Merah dengan beras, rokok, pakaian atau kebutuhan lainnya.

Baca juga tentang Buah Merah: Buah Merah, Tanaman Endemik Papua dengan Berbagai Keunikannya

2. Buah Kecapi

Buah Kecapi disebut sebagai buahnya orang betawi

Kecapi (Sandoricum koetjape) merupakan jenis pohon yang menghasilkan buah dengan warna kuning terang dengan rasa manis asam. Tanaman yang banyak ditemukan di pedesaan ini juga dikenal dengan nama Pohon Sentul.

Tanaman Kecapi ini memiliki dua spesies yang berbeda berdasarkan warna daun. Saat warna daun tua, ia akan berwarna merah dan kuning sampai akhirnya gugur dan dinamakan Sandoricum koetjape, lalu untuk daun yang berwarna kuning dinamakan Sandoricum indicum. Buah Kecapi sendiri berbentuk bulat yang didalamnya terdiri dari 2-5 biji besar yang dikelilingi kulit.

Buah Kecapi dikenal sebagai buahnya masyarakat Betawi, karena pada zaman dahulu orang-orang Betawi banyak menanam pohon Kecapi di pekarangan rumah. Pohonnya berdiri tegak dengan tinggi 25-30 cm dengan kulit batang berawarna abu-abu atau kecoklatan. Kecapi dapat ditemui di daerah perhutanan dengan ketinggian 1.200 mdpl.

Masyarakat Betawi juga biasanya mengkonsumsi buah ini dalam keadaan segar. Selain itu mereka juga memanfaatkannya sebagai bahan baku selai, manisan, dan sirup. Di Malaysia, Buah Kecapi ini dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan minuman beralkohol yang difermentasikan bersama dengan beras, tak jarang juga masyarakat menggunakan Buah Kecapi sebagai bahan baku pembuatan permen karena kandungan pektinnya yang tinggi.

Baca juga tentang Buah Kecapi: Buah Kecapi, Si Kecil Oranye yang Terancam Punah

3. Buah Matoa

Tumbuhan Matoa, tumbuhan berbuah bulat lonjong manis kemerahan asal Papua dengan batang pohonnya yang tinggi

Matoa atau Pometia pinnata merupakan buah khas Papua dengan pohon yang tinggi berkisar 18 meter. Uniknya pohon ini hanya berbuah sekali dalam setiap tahunnya. Biasanya buah ini berbunga pada bulan Juli hingga Oktober dan berbuah sekitar tiga bulan kemudian.

Matoa sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu Matoa Kelapa dan Matoa Papeda. Untuk Matoa Kelapa memiliki tekstur daging buahnya lebih kenyal dan padat, sedangkan Matoa Papeda memiliki tekstur daging buah yang lebih lengket dan lembek. Buah ini juga memiliki rasa yang unik seperti perpaduan rambutan, kelengkeng, dan leci.

Vitamin C pada Buah Matoa tergolong cukup tinggi dan mampu meningkatkan antioksidan pencegah penyakit kanker. Kandungan vitamin E nya juga berfungsi sebagai peningkat kesuburan dan mencegah resiko penyakit jantung. Namun, perlu diingat bahwa buah ini memiliki kandungan glukosa yang cukup tinggi jadi kamu perlu mengkonsumsi buah ini secukupnya saja ya.

Baca juga tentang Buah Matoa: Mengenal Matoa, Tumbuhan Berbuah Manis Asal Papua

4. Buah Lobi-Lobi

Buah Lobi-Lobi berwarna merah terang berbentuk bulat telur dan rasa yang asam

Lobi-Lobi (Flacourtia inermis) merupakan jenis buah-buahan yang berasal dari negara kawasan Asia beriklim tropis. Di Inggris, buah ini lebih dikenal dengan nama Batoko Plum. Tampilan buah ini menyerupai ceri dengan warnanya yang merah dengan pohonnya yang maksimal hanya setinggi 3 meter. Lobi-Lobi juga seringkali ditemui tumbuh di area kebun dan rerumputan.

Walaupun belum banyak orang yang tahu mengenai Buah Lobi-Lobi, ternyata buah ini mengandung banyak manfaat salah satunya yaitu menjaga kesehatan ginjal. Kandungan antioksidan fenol dan flavonoidnya juga mampu melawan radikal bebas yang mengganggu fungsi ginjal. Tidak hanya itu, Buah Lobi-Lobi dapat digunakan sebagai pencegahan terhadap penyakit diabetes dan kanker.

Untuk kamu yang sedang mengalami stres, kamu dapat mengkonsumsi buah ini lho. Apalagi kamu para kaum wanita yang sedang mengalami menstruasi. Buah ini mengandung enzim flavonoid yang dikenal sebagai penawar dari suasana hati yang buruk. Untuk mengkonsumsi buah ini dapat kamu makan secara langsung ketika habis dipetik dan tidak jarang juga Buah Lobi-Lobi dijadikan campuran asinan atau manisan.

Baca juga tentang Buah Lobi-Lobi: Mengenal Lobi-Lobi, Si Kecil Masam Berbuah Merah Terang

5. Buah Manau

Olahan buah manau atau buah rotan menjadi asinan atau manisan

Buah Manau atau disebut buah rotan memiliki nama latin Calamae sp. dan banyak ditemui di pinggiran sungai, hutan hujan, dan lahan gambut berair. Tidak jarang buah ini juga ditemui di perbukitan dengan ketinggian 430-550 mdpl.

Persebaran Buah Manau secara luas di Indonesia berada di daerah pulau Sumatera. Pohonnya memiliki batang berwarna hijau kekuningan. Batangnya tumbuh merambat di antara batang dan ranting pohon. Daunnya berwarna hijau tua dengan ujung daun yang bersulur panjang.

Buah ini memiliki banyak manfaat seperti menguatkan tulang, menyehatkan gigi, dan menjaga kesehatan otot. Buah Manau banyak ditemui di pasar tradisional Sumatera dan terkenal dengan rasanya yang kecut. Buah Manau ini biasanya dikonsumsi secara langsung atau sebagai tambahan pada olahan pangan atau sambal.

Baca juga tentang Buah Manau: Buah Manau, Si Mungil Kaya Manfaat

6. Buah Lai

Buah Lai asal Kalimantan yang memiliki rupa seperti Durian memiliki daging buah berwarna kuning jingga

Buah Lai (Durio kutejensis) memiliki rupa yang hampir mirip dengan . Buah ini diketahui masih satu famili dengan dan dikenal juga sebagai Kuning, Durian Tinggang, Durian Pulu, Nyekak, Ruas, Sekawi, dan lainnya. Walaupun rupanya yang mirip dengan Durian, namun buah ini tidak menimbulkan bau menyengat seperti pada umumnya. Bentuknya pun tergolong lebih kecil dengan warna daging yang lebih kuning mencolok.

Buah Lai merupakan buah yang berasal dari daerah Kalimantan Timur dan hidup di daerah hutan tropis. Buah ini memiliki segudang manfaat yaitu kandungan seratnya yang tinggi, kalium, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Karena seratnya yang kaya, buah ini dapat dijadikan sumber energi harian dan kandungan vitamin C nya juga dapat digunakan sebagai anti peradangan akibat infeksi virus ataupun bakteri serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tapi perlu diingat walaupun buah Lai memiliki segudang manfaat, kamu hanya perlu mengkonsumsi buah ini secukupnya ya.

Baca juga tentang Buah Lai: Buah Lai, Kembarannya Buah Durian Asal Kalimantan

7. Buah Bisbul

Buah Bisbul, buah unik berbulu yang kaya manfaat bagi kesehatan

Bisbul (Diospyros blancoi) merupakan salah satu buah yang langka ditemukan di Indonesia. Buah ini dinamakan Bisbul karena terinspirasi dari bentuknya yang seperti baseball. Pohon dari buah ini tergolong langka dan hanya tersebar di wilayah topis beriklim basah di dataran rendah sampai dataran menengah. Di Indonesia, kamu bisa mendapati pohonnya di daerah Kebun Raya Bogor.

Buah Bisbul memiliki bentuk yang hampir menyerupai kesemek. Buah ini memiliki bulu-bulu halus yang menyelimuti kulit buahnya. Buah Bisbul yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan buah mentega ini memiliki aroma yang khas dan uniknya bibit Buah Bisbul yang unggul tidak memiliki biji di dalam buahnya.

Buah Bisbul dapat dikonsumsi dalam keadaan segar dan dapat dimanfaatkan sebagai pembantu peregang pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Buah ini juga kaya akan serat sehingga dapat dijadikan sebagai penurun kolesterol dan mengurangi resiko pembekuan darah. Kandungan viitamin A dan vitamin C pada Buah Bisbul dijadikan sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga tentang Buah Bisbul: Buah Bisbul, Buah Bundar Berbulu yang Kaya Manfaat Kesehatan

8. Buah Keledang

Buah Keledang, buah nangka mini asal Kalimantan

Keledang (Artocarpus lanceifolius) merupakan buah yang menyerupai buah nangka. Tumbuhan ini merupakan buah-buahan yang masih masuk ke dalam suku Moraceae atau nangka-nangkaan sama seperti Buah Cempedak. Buah ini memiliki pohon dengan ukuran sedang. Kulit batangnya berwarna kelabu pucat kehitaman dan bagian dalamnya berwarna cokelat kekuningan.

Keledang memiliki rasa seperti nangka dan manggis yaitu asam manis dengan daging buah berwarna oranye yang mencolok. Pohon dari buah ini juga dikenal sebagai penghasil kayu yang baik dan banyak dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan furnitur, perahu, hingga perkakas rumah tangga.

Kandungan fenol pada buahnya dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan serta menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas. Tidak hanya itu, buah ini juga bermanfaat untu membantu meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak.

Baca juga tentang Buah Keledang: Buah Keledang, Si Nangka Kecil Eksotis Asal Kalimantan

9. Buah Manggis putih

Manggis Putih, buah unik asal Indonesia yang kini sulit ditemui memiliki tinggi glukosa

Buah Manggis Putih ini sama seperti Buah Manggis pada umumnya namun perbedaannya terletak pada warna kulit buahnya yang berwarna putih, dan konon dahulu merupakan buah favorit para raja-raja di Bali saat berkuasa di Lombok pada abad ke-18. Ukuran buah ini pun hampir sama dengan Buah Manggis biasa namun Manggis Putih memiliki rasa yang lebih manis dengan daging buahnya yang lebih renyah. Kandungan glukosa buah ini juga lebih tinggi daripada manggis lain namun dengan kadar airnya yang lebih sedikit.

Buah Manggis Putih ini memiliki harga yang lebih mahal daripada Manggis lainnya. Manggis Putih akan berbuah ketika sudah menginjak umur 8-10 tahun. Masa produktif buah ini juga tergolong panjang yaitu 25-30 tahun, sehingga buah ini dijadikan investasi bagi para petani untuk terus dipanen buahnya.

Manggis putih sangat baik untuk kesehatan karena mengandung protein, asam folat, fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, seng, mangan, natrium, dan zat lainnya. Namun karena kandungan glukosanya yang tinggi buah ini kurang cocok untuk pengidap diabetes.

Baca juga tentang Buah Manggis Putih: Mengenal Manggis Putih, Varietas Manggis Cantik Asal Lombok

10. Buah Kedondong

Buah Kedondong, manfaatnya bagi kesehatan tubuh seperti mencegah anemia, tinggi antioksidan, dan untuk diet

Kedondong (Spondias dulcis) merupakan buah tropis dengan rasa yang asam dan manis dan memiliki bentuk yang lonjong dengan kulit berwarna hijau bertekstur keras. Daging buah ini renyah dengan warnanya yang emas dan berair. Buah ini dapat dimakan dalam kondisi segar namun orang-orang lebih sering mengolahnya menjadi rujak, asinan, acar sampai selai.

Tidak hanya buahnya saja yang dapat dikonsumsi, daun buah kedondong juga dapat disantap sebagai lalap. Buah kedondong tumbuh subur di iklim panas sehingga buah ini banyak ditemui di Indonesia dengan tinggi pohon mencapai 20 m. Buah kedondong memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya antioksidan glikosida yang berfungsi menjaga tekanan darah dan menghindari resiko hipertensi dan hipotensi.

Kandungan vitamin C nya yang tinggi juga dapat membantu menjaga pertahanan tubuh dan meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Tidak hanya wortel saja yang kaya vitamin A, buah ini juga mengandung vitamin A yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan penglihatan mata kamu lho.

Baca juga tentang Buah Kedondong: Fakta Unik Buah Kedondong Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Nah, itulah 10 jenis buah-buah unik di Indonesia yang mungkin belum kamu tahu. Buah-buahan tersebut umumnya adalah buah-buahan hutan sehingga masa panennya tergantung dari hasil hutan tersebut.

Oleh karena itu jika kita ikut melestarikan hutan Indonesia, maka kamu suatu hari nanti kamu juga akan mulai terbiasa melihat buah-buahan ini tersedia di penjual buah di dekat rumah kamu. Semoga dengan artikel ini dapat membantu kamu lebih mengetahui tentang kekayaan flora di Indonesia yaa.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini