Mengintip Kemeriahan Puncak Sail Tidore 2022

Mengintip Kemeriahan Puncak Sail Tidore 2022
info gambar utama

Perhelatan Sail Tidore XII 2022 berlangsung meriah. Lebih dari 1.100 undangan yang hadir, termasuk kepala lembaga dan sejumlah duta besar negara sahabat. Berbagai pertunjukkan mewarnai acara puncak yang digelar pada Sabtu (26/11/2022) di Pantai Tulugufa. Mulai dari sinkronisasi atraksi laut TNIAL, parade kapal nelayan, lomba perahu hias, sailing pass KRI, free fall, demo paramoptor, flying pass pesawat tempur TNI AU, hingga terjun payung, tampil menyemarakkan agenda promosi pariwisata ini.

Tak sampai di situ, agenda dilanjutkan dengan menanam tanaman bakau dan meninjau Sail Tidore Expo yang diikuti 90 pemilik usaha kecil dan menengah (UKM).

Acara ini telah berlangsung dari 24 November 2022. Pembukaan dipimpin langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara. Para pelayar internasional berdatangan untuk menyaksikannya.

Sail Tidore XII akan berakhir hari ini (29/11/2022) dengan sejumlah kegiatan seru, di antaranya: kompetisi foto bawah air, festival Moloku Kie Raha, pelayaran lingkar nusantara, pameran lokal-nasional, olahraga bahari, tur diplomatik, pentas seni, dan bakti kesehatan.

Dimulai sejak 2009, sesuai namanya, Sail Tidore merupakan kegiatan yang berhubungan dengan pelayaran untuk mendorong percepatan pembangunan ekonomi dan mempromosikan potensi pariwisata Tidore kepada para investor dan turis mancanegara.

Sedikitnya 32 kementerian, lembaga, pelaku usaha, dan pejabat, terlibat dalam pelaksanaan Sail Tidore kali ini. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sekaligus Ketua Pelaksana mengatakan, perhelatan akbar ini diharapkan mampu mendukung promosi potensi ekonomi daerah, mengangkat potensi wisata, produk unggulan, hingga investasi dunia ke Tidore.

Lebih lanjut, untuk menyukseskan Sail Tidore 2022, Zulkifli mengatakan bahwa berbagai program telah digencarkan sebelumnya, seperti perbaikan infrastruktur, penyuluhan dan bantuan kepada industri kecil, pemberdayaan masyarakat dalam industri pariwisata, pelayanan kesehatan, pameran/promosi produk, forum bisnis, serta perbaikan vegetasi pohon.

Ternate dan Tidore dalam Filosofi Hidup Rempah

Fasilitas Terbaik

Demi kenyamanan semua partisipan, Direktorat Perhubungan Laut bersama PT Pelayaran Nasional Indonesia menyediakan sejumlah fasilitas terbaik. Kapal militer Tatamailau dijadikan hotel terapung sebagai sarana akomodasi peserta, tamu, petugas kepolisian, TNI, dan pengemudi shuttle bus.

Kapal itu dapat menampung sampai 1.000 orang. Di dalamnya terdapat beberapa kamar untuk tamu VIP yang terdiri dari kabin kelas IA berjumlah 7 kamar, kelas IB ada 10 kamar, dan kelas ekonomi bisa diisi 946 orang. Ada juga restoran, kafetaria, toilet, musala, dan mini market.

Selain itu, Kemenhub juga menyediakan 87 unit angkutan laut speedboat, 12 unit perahu motor, kapal perintis KM Sabuk Nusantara 105, KN Bacan dari Distrik Navigasi Ambon, KN 494 dari UPP Babang, Kapal Penyeberangan milik BPTD Ambon KN 324. Untuk pengamanan acara, Kapal Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) KNP 358 serta KNP 375 dikerahkan.

Dari BPJS hingga PLN unjuk gigi

Sail Tidore 2022 tak hanya dimeriahkan oleh pertunjukkan TNI saja. Tapi, sejumlah lembaga juga ikut unjuk gigi. Satu di antaranya ada BPJS Ketenagakerjaan yang membuka booth untuk mengampanyekan “Kerja Keras Bebas Cemas”. Mereka melakukan sosialisasi untuk membangun pemahaman pekerja di sana akan pentingnya memiliki perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Apalagi kebanyakan warga Tidre bekerja di laut, risikonya kecelakaan kerja akan lebih tinggi.

Dengan iuran yang terjangkau mulai dari Rp36.800 per bulan, para pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) bisa menerima perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Di samping itu, tampak juga PT PLN ikut meramaikan acara ini. Melalui pameran motor listrik, PLN melakukan kampanye upaya peralihan transisi energi dari fosil ke energi baru terbarukan (EBT).

“Transisi energi menjadi salah satu hal utama yang dibahas dalam G20, bagaimana negara-negara anggota G20 mendorong penggunaan renewable energy. PLN mendukung upaya tersebut melalui percepatan ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle di Indonesia", ungkap Komisaris PLN Tedi Bharata.

Menikmati Keindahan Pulau Tidore dari Benteng Tahula

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini