7 Tempat Wisata Sumatera Barat yang Menarik Dikunjungi!

7 Tempat Wisata Sumatera Barat yang Menarik Dikunjungi!
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera. Menurut Wikipedia, Sumatera Barat terletak di sepanjang pesisir barat pulau Sumatera bagian tengah, dataran tinggiBukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai. Provinsi ini memiliki ibu kota yaitu berkedudukan di kota Padang. Selain itu, juga memiliki keindahan alam dan tradisi masyarakat yang masih melekat.

Ada begitu banyak tempat wisata alam yang begitu indah dan menarik untuk dikunjungi jika kawan berada di Sumatera Barat. Hal ini dikarenakan Sumatera Barat memiliki potensi alam yang luar biasa dan dapat memanjakan mata.

Nah! Ada beberapa tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi:

  1. Pantai Mandeh Pesisir Selatan
Pesona Pantai Mandeh Pesisir Selatan. @phinemo.com
info gambar

Mandeh adalah gugusan pulau melingkupi Traju, Sironjong Besar, Sironjong Kecil, Pulau Setan, hingga Pulau Cubadak yang seluruhnya cantik dengan perbukitan hijau nan alami. Kawasan Mandeh berlokasi di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kecamatan Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Wisatawan dari luar kota tentunya bisa menempuh jalur udara terlebih dahulu menuju ke Bandar Udara Internasional Minangkabau, Padang. Setelah itu, barulah wisatawan bisa memilih sejumlah alternatif menuju kawasan wisata Mandeh.

  1. Kampung Eropa Harau
Kampung Eropa Harau. @travelspromo.com
info gambar

Salah satu tempat wisata yang sangat unik di Sumatera Barat yaitu Kampung Eropa Harau. Tempat wisata ini memiliki kontur alam indah dan suasana yang sejuk. Tempat ini menawarkan secret garden dan wahana miniature yang bernuansa dan berdesain gaya Eropa, Korea, dan Jepang. Tempat wisata ini juga menyediakan penyewaan kostum-kostum ala-ala Korea dan Jepang. Para pelancong yang akan datang ke sini akan merasakan pengalaman yang berbeda dan memanjakan mata dikarenakan tempat ini menyuguhkan berbagai wahana dan spot-spot beranekaragam.

  1. Pantai Air Manis

Tempat wisata lainnya yang menarik dikunjungi adalah Pantai Air Manis. Pantai ini terletak di wilayah kota Padang bagian selatan. Tepatnya di belakang gunung Padang, kota Padang, Sumatera Barat. Pantai Air Manis merupakan pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat. Pantai ini mempunyai daya tarik tersendiri dan panaroma yang indah di sisi utaranya. Menariknya, pantai ini dikenal luas dengan memiliki cerita melegenda yaitu cerita Malin Kundang. Juga terdapatnya batu Malin kundang di sisi pantai.

  1. Jam Gadang Bukittinggi
Jam Gadang. sumber: baraoutdoor.com
info gambar

Kota bukittinggi memiliki ikon kota yang mengandung sejarah dan sangat dikenal luas. Ikon itu diberi nama Jam Gadang. Dikutip dari www.bukittinggikota.go.id, Jam Gadang adalah nama untuk menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi. Dinamakan Jam Gadang dikarenakan menara jam ini memiliki jam dengan ukuran besar di empat sisinya. Menara jam ini menjulang setinggi 27 meter. Menara jam ini dikelilingi oleh taman-taman indah dan bewarna-warni, juga terdapat hiasan lampu. Sangat cocok untuk dijadikan tempat peristirahatan dan tempat mengabadikan momen melalui kamera.

  1. Kebun Teh Alahan Panjang
Kebun Teh Alahan Panjang Solok Sumatera Barat @live.staticflickr.com
info gambar

Tempat wisata yang satu ini tidak kalah menariknya yaitu kebun teh Alahan Panjang yang terletak di Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Kebun teh yang satu ini menyuguhkan berbagai panaroma dan pemandangan yang hijau dan indah. Kawasan ini sangat cocok untuk pengunjung sebagai refreshing dan menghilangkan lelah dan penat.

  1. Danau Singkarak
Pesona Danau Singkarak nan Indah @ksmtour.com
info gambar

Menurut Wikipedia, Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua di pulau Sumatera. Danau ini terletak diantara dua kabupaten yaitu kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar. Danau Singkarak terbentuk karena proses tektonik. Danau Singkarak memiliki keindahan alam yang tak biasa dan unik sehingga menarik banyak orang untuk mengunjunginya. Jika kawan berada di Sumatera Barat, tempat wisata ini haruslah menjadi salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi.

7. Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung @vacation-star.blogspot.com
info gambar

Sumatera Barat memiliki salah satu museum yang memiliki sejarah yang mendalam. Museum ini dinamakan dengan istana Basa atau lebih terkenalnya Istana Pagaruyung. Istana Pagaruyung adalah tempat wisata yang paling favorit dan paling banyak didatangi oleh para pengunjung. Istana Pagaruyung terletak di Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Istana Pagaruyung merupakan bangunan Rumah Gadang yang menggambarkan sejarah dan budaya dari suku Minangkabau. Jika Anda mengunjungi tempat wisata ini, Anda akan menjumpai Istana Pagaruyung yang memiliki koleksi-koleksi benda peninggalan zaman kerajaan Pagaruyung. Selain itu, di Istana Pagaruyung juga menyediakan penyewaan baju adat dan jasa fotografer untuk mengabadikan momen ketika berkunjung ke Istana Pagaruyung.

Itulah 7 tempat wisata yang menarik dikunjungi jika ingin ke Sumatera Barat.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

SP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini