Mampir ke Demak? Cicipilah Nikmatnya Asem-Asem Demak

Mampir ke Demak? Cicipilah Nikmatnya Asem-Asem Demak
info gambar utama

Demak memang terkenal sebagai Kota Wali. Sebab, sejarah dari Kabupaten Demak ini juga tak terlepas dari ejeak para wali yang dulu pernah berjasa dalam menyebarkan agama islah ke berbagai wilayah di Nusantara.

Tak cuma terkenal sebagai daerah tujuan wisata religi, sebenarnya Kabupaten yang ada di pantai utara Jawa Tengah ini juga memiliki berbagai daya tarik lain yang bisa dijelajahi. Termasuk salah satunya adalah mengenai kulinernya.

Dari berbagai kuliner khas Demak, cobalah untuk mencicipi yang satu ini. Namanya adalah asem-asem. Kuliner ini termasuk sebagai makanan berkuah dengan sensasi segar sekaligus nikmat di mulut.

Solusi untuk Banjir Rob, Tol Tanggul Laut Semarang-Demak Beroperasi Akhir 2022

Rekomendasi tempat

Untuk mencicipi kuliner khas Kota Wali ini, ada sebuah tempat yang jadi rekomendasi untuk didatangi. Nama tempat makan tersebut adalah Rumah Makan Rahayu. Lokasinya sendiri sangat mudah untuk pengunjung jangkau. Sebab, tempat ini berada di pinggir jalan raya utama, tepatnya di wilayah Kampung Kauman.

Bila dari arah barat, maka tempat ini berada di kanan jalan sebelum alun-alun Simpang Enam Demak.

Tempat makan inilah yang turut membuat kuliner yang menjadi salah satu andalan di Demak in semakin populer. Rasanya pun tentu otentik sekali, sehingga banyak sekali yang menjadikan warung makan ini sebagai tempat favorit bila hendak menyantap asem-asem.

Legenda Demak yang Pernah Jadi Kota Suci Bagi Masyarakat Muslim Jawa

Bagaimana rasanya?

visitjawatengah.jatengprov.go.id
info gambar

Sekilas, makanan ini mirip dengan garang asem. Hanya saja, asem-asem ini menggunakan bumbu yang lebih beragam. Karena diracik dengan bumbu yang memiliki karakteristik berbeda-beda, cita rasa makanan ini terbilang unik.

Rasa asam segar memang mendominasi dalam kuah makanan ini. Sehingga wajar bila makanan ini dinamai sebagai asem-asem. Asem juga juga menjadi salah satu bumbu utamanya.

Melihat tampilan dan mencium aromanya, makanan ini benar-benar sangat menggoda. Kuahnya yang berwarna kecoklatan, potongan daging sapi yang berbentuk kotak-kotak memanjang, serta irisan cabe merah ini membuat siapapun tak sabar ingin segera mencicipinya.

Dari segi rasa, kuahnya memang terasa asam-asam segar, ditambah dengan cita rasa manis, asin, dan gurih yang semuanya terasa berpadu sempurna. Ketika mencicipi dagingnya, teksturnya sangat empuk dengan bumbu yang juga meresap hingga bagian dalam daging.

Mencoba memakan asem-asem dengan nasi akan semakin memanjakan lidah Anda. Kelezatannya benar-benar terasa dari ujung lidah ketika Anda mulai merasakan kuahnya hingga setelah makanan tersebut mulai masuk ke mulut Anda. Irisan cabe yang ada pun semakin menambah sensasi pedas-pedas nikmat yang tidak terlalu menggigit namun tetap terasa melengkapi.

Secara keseluruhan, mencoba menyantap makanan ini tidak akan membuat Anda menyesal. Meskipun itu juga soal selera, tetapi dengan rasa yang seimbang dan segar tersebut, paling tidak bisa diterima oleh lidah banyak orang. Bila memang mampir ke Demak, sempatkanlah untuk mencicipinya ya.

Jejak Kemakmuran Demak Sebagai Kota Terkaya di Pesisir Utara Jawa

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

MM
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini