Arum Merah Situbondo, Mangga Premium Baru yang Siap Merambah Dunia

Arum Merah Situbondo, Mangga Premium Baru yang Siap Merambah Dunia
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Mangga (Mangifera indica L) yang dibeberapa daerah disebut mempelam merupakan buah yang lazim dijumpai di daerah tropis semisal Indonesia. Buah ini umum dikonsumsi dalam bentuk segar sebagai hidangan atau camilan setelah bersantap oleh masyarakat diberbagai kalangan. Harganya yang murah dan mudah dijumpai dipasaran membuat jenis buah ini menjadi pilihan dalam menu sajian. Dilansir dari fao.org, saat ini terdapat sekitar 150 varietas dibudidayakan atau dikenal dengan istilah cultivated variety (cultivar) yang tersebar di 6 kawasan yakni: Amerika Utara/Amerika Tengah, Kepulauan Karibia, Amerika Selatan, Afrika/Semenanjung Arab, India serta Indo-Cina/Pasifik. Di Indonesia sendiri, setidaknya tercatat ada 8 kelompok utama mangga dengan 138 cultivar mangga yang ada di Pulau Jawa. Diantara semua cultivar tersebut mangga Arumanis adalah yang paling banyak ditanam diwilayah timur Pulau Jawa meliputi: Probolinggo, Pasuruan dan Situbondo.

Perakitan varietas unggul mangga di Indonesia sudah mulai dilakukan sejak tahun 1984 atau mulai berdirinya Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu) hingga sekarang dengan koleksi plasma nutfah yang sebagian besar tersimpan di Instalasi Peneltian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Cukurgondang Pasuruan. Perakitan ini dilakukan dengan kerjasama yang melibatkan lembaga penelitian, lembaga pendidikan tinggi serta pemerintah daerah.

Kabupaten Situbondo menjadi contoh daerah yang saat ini gencar dalam mempromosikan produk mangganya agar dapat menembus pasar internasional. Sebagai wilayah yang menjadi kantong produksi buah mangga di Jawa Timur, kabupaten ini terus berupaya menggali semua potensi plasma nutfah buah mangga yang ada. Dikutip dari laman kominfo.jatimprov.go.id produksi mangga Kabupaten Situbondo pada tahun 2021 mencapai 27.682 ton terdiri dari 3 varietas yakni Arumanis, Manalagi Situbondo dan Garifta Merah.

Keberadaan varietas mangga Arum Merah Situbondo menambah daftar varietas mangga yang dikembangkan diwilayah ini. Setelah resmi ditetapkan sebagai varietas unggul baru mangga melalui Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 237/Kpts.PV.240/VI/2022 Tentang Pemberian Daftar Varietas Tanaman Hortikultura Mangga Arum Merah, varietas ini pun siap menjadi primadona baru yang siap meramaikan bursa pasar hortikultura buah nasional maupun internasional.

Berbeda dengan “Saudara Tuanya” yakni mangga Arumanis dan Manalagi Situbondo yang lebih dulu dikenal, varietas Arum Merah Situbondo ini tergolong baru dan mempunyai ciri yang spesifik dengan keunggulan antara lain: warna kulit buah masak pangkal merah (RHS Color Chart: Red Group 42B), rasanya manis dengan kadar gula berkisar 16 – 20 °Brix, kandungan vitamin C sebesar 65,9 – 81,3 mg/100 gr, produksi mencapai 123 kg per pohon setiap tahunnya, ukuran buah sedang-besar dan seragam (bobot 345 – 600 gram), merupakan varietas rajin berbuah atau genjah. Dengan keunggulan tersebut, varietas ini layak bersaing dalam pemenuhan pasar domestik maupun internasional khususnya konsumen yang mengingkan buah mangga kelas premium dengan citarasa manis dan cantik dilihat.

Mangga Arum Merah | Foto: Gramedia.com
info gambar

Mangga Arum Merah Situbondo merupakan varietas lokal yang telah beradaptasi di dataran rendah iklim kering. Varietas ini tergolong dalam tipe klon yang bibitnya berasal dari pohon induk tunggal yang tumbuh di Desa Bayeman Kecamatan Arjasa.Pemerintah Kabupaten Situbondo mulai mengenalkan varietas ini pada masyarakat melalui perbanyakan bibit agar jumlah populasi tanaman produktif terus bertambah. Kerjasama telah dijalin oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distangan) Situbondo dan Balitbu dalam penyediaan bibit dengan pendirian Blok Fondasi (BF) dan Blok Penggandaan Mata Tempel (BPMT) serta duplikasi pohon induk agar tidak punah. Selain itu, pendampingan kelembagaan petani mangga pun tetap dilakukan berupa fasilitasi pelatihan teknis maupun manajerial.

Anda tertarik untuk tahu atau melihat bagaimana varietas Mangga Arum Merah Situbondo ini? Silahkan berkunjung ke kebun benih Distangan Situbondo. Disana pun tersedia berbagai koleksi cultivar mangga bersertifikat lainnya yang dapat memanjakan mata anda.

Mari bersama bangkit bersama bangun pertanian Indonesia yang maju, mandiri dan modern.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

IR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini