Soto Kecik Dua Rasa, Rasa Otentik Soto Sokaraja Khas Banyumas

Soto Kecik Dua Rasa, Rasa Otentik Soto Sokaraja Khas Banyumas
info gambar utama

Hendak berkunjung ke Kabupaten Banyumas? Sempatkanlah untuk mencoba soto yang satu ini, yaitu soto sokaraja.Dibandingkan dengan soto yang lain, soto ini tergolong unik, sebab menggunakan ketupat dan bumbu kacang sebagai isiannya.

Untuk menemukan penjual soto ini di daerah Banyumas tidaklah sulit. Namun bila ingin mencicipi soto yang otentik, Anda wajib datang ke Soto Kecik Dua Rasa.

Soto Kecik Dua Rasa inilah yang menjadi awal kepopuleran Soto Sokaraja. Awalnya, soto ini dijual hanya dengan menggunakan pikulan. Kalau sekarang, warung soto ini telah membuka berbagai cabang

Mendoan Diajukan Sebagai Warisan Budaya Oleh PEMKAB Banyumas

Bermula dari berjualan di bawah pohon sawo

Oki - Radityo AP (Google Maps)
info gambar

Soto ini sekarang dikelola oleh keturunan ke-3. Bermula dari tahun 60-an, Soto Kecik sudah mulai buka di pinggir jalan dengan menggelar lapak tenda yang menetap di bawah pohon sawo kecik.

Saat itu, masih belum ada penjual soto sokaraja yang lain, sehingga tempat makan ini bisa dikatakan sebagai pelopor soto sokaraja.

Selain ketupat dan bumbu kacang ada isian lain yang jadi pelengkap soto ini. Seperti daging, kecambah, bawang goreng, dan kerupuk cantir.

Lalu, ada satu hal yang jadi ciri khas di soto kecik dua rasa. yaitu adanya pilihan bumbu tauco sebagai campuran kuah.

Asal-Usul Baturraden Purwokerto, Berawal dari Kisah Cinta Putri Raja dan Pembantu Kerajaan

Jadi favorit

Nia Kartika (Google Maps)
info gambar

Yang jadi keunggulan di soto kecik dua rasa itu di sambal dan rasa kuahnya, sebab menggunakan bumbu-bumbu pilihan dengan kualitas nomor satu.

Ada berbagai bumbu yang menjadi bahan dasar soto ini. Beberapa di antaranya ada bawang merah, bawang putih, merica, kunyit, jahe, dan berbagai jenis rempah lainnya.

Memang, bumbu ini adalah bahan yang kerap yang digunakan pada soto sokaraja pada umumnya, hanya komposisinya saja yang membedakan.

Ketenaran soto kecik dua rasa ini pun tidak di Banyumas saja. bahkan banyak pengunjung yang rela jauh-jauh datang dari luar kota. Bahkan, kebanyakan pelanggan yang datang ke tempat ini adalah pelanggan luar kota, seperti Bandung, Surabaya, hingga Sumatra dan Kalimantan.

Kedepannya, Soto Kecik dua rasa akan membuka cabang di luar kota, sehingga makanan khas banyumas ini bisa semakin dikenal masyarakat.

Untuk semangkuk soto sokaraja harganya berada di kisaran dua puluh ribu rupiah. Selain daging, anda bisa mencoba berbagai isian lain, mulai dari ayam, babat, kikil, hingga tunjang sapi.

15 Destinasi Wisata Purwokerto Paling Recommended untuk Dikunjungi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

MM
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini