Buka Kejuaraan Wushu Junior, Presiden Jokowi Terima Penghargaan Tertinggi

Buka Kejuaraan Wushu Junior, Presiden Jokowi Terima Penghargaan Tertinggi
info gambar utama

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah membuka secara resmi Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-8 tahun 2022 di Hall Nusantara ICE BSD City, Tangerang, Senin (05/12/2022). Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi menerima penghargaan Honorary 9th Duan of The International Wushu Federation Grading dari Federasi Wushu Internasional (IWUF). Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden IWUF Anthony Goh.

Anthony mengungkapkan, pemberian penghargaan tertinggi ini didasari oleh perhatian dan dukungan Presiden Jokowi terhadap olahraga wushu.

"Ini sebuah kehormatan bagi saya menyambut Anda semua pada gelaran pada kejuaraan wushu junior yang ke delapan. Izinkan saya untuk memulai pidato saya dengan mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat Presiden Jokowi," kata Anthony.

Ucapan terima kasih disampaikan Anthony kepada Menpora RI dan Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia Airlangga Hartarto.

Ada Eko Yuli Irawan, Lifter Indonesia Beraksi di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022

Kejuaraan Dunia Wushu Junior yang ke-8 ini akan digelar pada 5-11 Desember 2022 dan diikuti oleh 807 peserta dari 60 negara. Indonesia dilaporkan akan mengutus 23 atlet terbaik dari hasil seleksi nasional. Sebanyak 12 orang dari jumlah tersebut akan bertanding pada nomor taolu, masing-masing 6 putra dan putri. Sementara 11 atlet lainnya bertarung pada laga sanda yang terdiri dari 8 putra dan 3 putri.

Dalam sambutannya, Jokowi berpesan agar para atlet dari 60 negara yang akan bertanding, dapat mengenal Indonesia lebih dekat.

"Saya mengucapkan selamat datang di Indonesia kepada seluruh delegasi wushu dari negara-negara sahabat, dari 60 negara yang mewakili 5 benua," imbuhnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, atas dasar semangat Bhinneka Tunggal Ika atau unity in diversity, kejuaraan kali ini bukanlah pertandingan semata, melainkan jembatan persahabatan untuk mempererat tali persaudaraan antarbangsa.

“Saya ingin mengajak seluruh atlet untuk berlaga dengan gembira, bertanding secara sportif, menunjukkan kemampuan terbaik untuk meraih medali yang diharapkan," ucap Jokowi.

Dalam sambutannya, Presiden menyatakan kegembiraannya atas penyelenggaraan kejuaraan olahraga berskala internasional yang diikuti oleh 60 negara ini.

“...Saya sangat mengharapkan kehadiran Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sekalian di Indonesia saat ini agar juga dimanfaatkan untuk lebih dekat mengenal Indonesia,” ujar Jokowi.

Indonesia Juara Umum Kejuaraan Wing Chun Dunia 2022

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini