Menanti Kembalinya Riuh Stadion Mattoanging

Menanti Kembalinya Riuh Stadion Mattoanging
info gambar utama

Stadion Mattoanging menghilang bersama segala keriuhannya. Publik sepak bola Makassar menantinya kembali.

Stadion Andi Mattalatta alias Stadion Mattoanging adalah pusatnya sepak bola di Makassar, bahkan Sulawesi Selatan. Di sana bermarkas klub salah satu klub legendaris Indonesia, PSM Makassar.

Stadion Mattoanging berubah warna menjadi merah ketika PSM berlaga di sana. Kendati tidak sebesar dan semegah banyak stadion laidi Indonesia, luapan semangat para pendukung PSM yang ada di sana tak perlu diragukan lagi riuhnya.

Riuh itulah yang saat ini sedang tidak ada sejak Stadion Mattoanging menghilang. Stadion tersebut dibongkar oleh pemerintah pada tahun 2020 lalu.

Setelah dibongkar, tidak ada apa-apa di lahan bekas stadion hingga saat ini. Padahal, rencana yang dari awal ditetapkan adalah membangun stadion baru setelah bangunan lama dibongkar.

Stadion Mattoanging adalah salah satu stadion bersejarah. Stadion itu dibuka pada tahun 1957 dan digunakan untuk menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional yang ke-4.

Sejarah Stadion Menteng, Saksi Lika-liku Persija dan Sepak Bola Jakarta

Komitmen Pemerintah

Pembangunan stadion baru di lahan eks Stadion Mattoanging sudah menjadi isu yang kerap dibahas oleh para suporter PSM. Para suporter sudah ramai bersuara menuntut segera dibangunnya stadion, baik itu melalui dunia maya maupun turun langsung ke jalan.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) juga menegaskan komitmennya bahwa pembangunan sarana olahraga stadion di lahan eks Stadion Mattoanging akan berjalan. Apalagi, APBD Sulsel sudah mengalokasikan dananya. Untuk tahun 2022, dananya sebesar Rp66 miliar, lalu untuk 2023 mendatang direncanakan Rp60 miliar.

Hanya saja, pemerintah juga mengaku berhati-hati untuk urusan pembangunan stadion. Ini dikarenakan ada persoalan hukum yang masih membelit sehingga pemerintah perlu menunggu persoalan itu tuntas.

Lahan eks Stadion Mattoanging digugat oleh Andi Ilhamsyah Mattalatta dan Teddy Anwar. Proses hukum masih berlangsung dan sejauh ini Pemprov Sulsel menang di tingkat pengadilan negeri, namun pihak penggugat berupaya mengajukan banding.

“Komitmen kita sangat jelas, hanya saja kan kita mengedepankan sikap kehati-hatian karena memang ada gugatan kepemilikan dan gugatan ganti rugi. Begitu clear ini semua, kita menang secara inkracht baru aman dari sisi hukum. Tentu kesiapan teknis dan anggaran untuk tahap selanjutnya," ujar Kepala Biro Hukum Sekretariat Pemprov Sulsel Marwan, seperti dilansir Antara.

Pada akhirnya, suporter PSM dan pemerintah sama-sama berharap pembangunan Stadion Mattoanging yang baru bisa segera dilaksanakan agar keriuhan yang hilang bisa kembali.

Fakta Tentang Pembangunan Stadion Kanjuruhan





Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini