Danau Toba Primadona dari Sumut

Danau Toba Primadona dari Sumut
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di SUMUT (Sumatera Utara), dimana hal ini dapat kawan ketahui dari banyaknya para wisatawan yang berkunjung ke sana. Selain menjadi salah satu destinasi wisata, Danau Toba juga merupakan salah satu keajaiban dunia yang mempunyai pemandangan sangat indah dengan berbagai keragamannya baik itu kebudayaan, lokasi dan lainnya. Sudah sejak lama Danau Toba terkenal akan keindahan panoramanya.

Asal muasal Danau Toba mempunyai berbagai definisi cerita di kalangan masyarakat, baik ada masyarakat yang berkata bahwa Danau Toba terbentuk karena murkanya seorang istri yang berwujud ikan, tak lain merupakan istri dari Toba yang murka karena suaminya menyebut anaknya yaitu Samosir sebagai anak ikan. Toba telah melanggar janjinya dengan Sang Istri, sehingga dia marah dan mengutuk seluruh desa menjadi danau yang kawan kenal sekarang sebagai Danau Toba dengan pulau Samosir di tengahnya.

Seiring berjalannya waktu, Danau Toba menjadi semakin di kenal di kalangan masyarakat, baik masyarakat lokal maupun mancanegara. Danau Toba terkenal akan keindahan panorama dan kebudayaannya, disana kita dapat melihat berbagai macam tempat wisata yang menarik dan masih kental dengan kebudayaan suku Batak Toba. Dimana mereka masih mempertahankan adat dan memperkenalkannya kepada masyarakat luas.

Danau Toba | Foto: Detik.com
info gambar

Saat kawan berwisata ke Danau Toba, kawan bisa menemukan kentalnya adat Batak disana. Dimana hal ini dapat kawan liat dari bangunan rumah, suasana, cara berbicara dan ornamen-ornamen yang ada disana. Saat kawan sampai ke Danau Toba, kawan bisa mengunjungi berbagai tempat menarik yang ada disana misalnya ke pulau Samosir. Kawan bisa melakukan perjalanan ke pulau Samosir dengan menggunakan kapal yang telah tersedia sambil menikmati hembusan angin dan keindahan Danau Toba.

Ketika melakukan penyebrangan ke Samosir, di tengah Danau Toba kawan akan di singgahkan untuk melihat Batu Gantung yang terkenal di kalangan masyarakat. Mengapa bisa di katakan sebagai Batu Gantung? Karena tampilannya seperti batu yang tergantung dan menyerupai manusia. Legendanya Batu Gantung tersebut merupakan jelmaan seorang putri yang menolak untuk di jodohkan dengan seorang lelaki. Cerita ini sudah lama terkenal dan tersebar dari mulut ke mulut masyarakat yang ada disana.

Setelah sampai di Pulau Samosir, kawan akan di persilahkan turun untuk berkeliling melihat keindahan dan berbagai wisata yang ada. Salah satu yang terkenal di Samosir adalah tarian patung si Gale-Gale, dimana patung ini katanya bisa bergerak sendiri dan menari mengikuti irama musik karena di rasuki oleh roh. Tetapi sekarang patung tersebut bisa bergerak dan menari karena bantuan dari manusia. Kawan juga bisa berkeliling untuk melihat bangunan rumah khas Suku Batak Toba. Selain itu, kawan juga bisa berkeliling untuk mencari oleh-oleh baik itu ornamen, pakaian, sendal, tas, topi dan aksesoris lainnya.

Tak heran jika Danau Toba masuk ke dalam salah satu destinasi wisata yang di gemari oleh masyarakat lokal maupun mancanegara, melihat dari pesona yang di milikinya, Danau Toba layak menjadi primadona dari SUMUT. Kawan dapat menikmati keindahan Danau Toba, melihat hijaunya ladang dan pegunungan, menikmati sejuknya udara dan air Danau Toba. Kawan juga dapat berinteraksi dengan berbagai turis yang datang dari mancanegara, sekaligus untuk mengasah bahasa Inggris kawan.

Oleh karenanya, sudah seharusnya kawan menjaga kelestarian alam Danau Toba agar keindahannya tetap terjaga dan agar seterusnya bisa tetap menjadi primadonanya SUMUT. Karena hal itu merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat SUMUT, terutama masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Toba jika daerah mereka bisa di kenal oleh masyarakat luas bahkan sampai ke mancanegara. Hal ini juga merupakan salah satu pesona yang di miliki oleh Indonesia dengan berbagai macam destinasi wisata yang menarik nan indah, Danau Toba menjadi salah satu dari destinasi wisata tersebut. Maka dari itu marilah sama-sama kita perkenalkan keindahan dan pesona yang ada Indonesia ke kalangan masyarakat luas, agar Indonesia semakin di kenal oleh berbagai negara dan bangsa.

Referensi:Travel Detik | Kumparan

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini