Kaleidoskop 2022: Ragam Prestasi dan Cerita dari Kancah Olahraga Tanah Air

Kaleidoskop 2022: Ragam Prestasi dan Cerita dari Kancah Olahraga Tanah Air
info gambar utama

Berbagai momen menarik di kancah olahraga Indonesia terjadi sepanjang 2022. Maklum saja, ini adalah tahun di mana dunia olahraga mulai berjalan normal.

Sebelumnya, dunia olahraga terganggu oleh pandemi Covid-19. Pada 2020, banyak event olahraga tidak bisa dihelat. Lalu pada 2021, sejumlah event mulai digelar meski dengan banyak pembatasan. Baru pada 2022 berbagai event olahraha bisa digelar normal lagi.

Sepanjang 2022, banyak pula kesuksesan di bidang olahraga yang ditorehkan Indonesia. Bukan hanya sukses prestasi yang ditandai oleh gelar juara, namun juga sukses penyelenggaraan di mana banyak ajang besar yang digelar di Indonesia dan semuanya berjalan lancar.

Cita dan duka dari sepak bola

Banyak ajang sepak bola internasional yang diikuti Indonesia sepanjang tahun 2022 ini. Dari tim junior, timnas putri, hingga tim level senior, semua disibukkan oleh berbagai urusan di lapangan hijau.

Ada sejumlah ajang penting yang dilakoni, namun tak semua berjalan sesuai ekspektasi. Piala AFF U-23 misalnya, Timnas Indonesia urung tampil karena pandemi Covid-19. Timnas Putri yang tampil di Piala Asia pun tak berkutik di babak penyisihan grup.

Kabar paling menggembirakan agaknya datang dari Kualifikasi Piala Asia 2023 baik itu di level senior atau U-23. Timnas Indonesia senior melewati kualifikasi dan sukses lolos ke putaran final. Anak-anak asuh Shin Tae-yong lolos setelah finis di posisi kedua Grup A kualifikasi. Sementara itu di Kualifikasi Piala Asia U-23 2023, Timnas Indonesia lolos dengan status juara Grup F kualifikasi. Tim Garuda mampu menyapu bersih kemenangan dari tiga laga yang dimainkan.

Tahun 2022 juga menyisakan catatan kelam bagi sepak bola Indonesia. Pada 2 Oktober 2022, terjadi kericuhan seusai laga Liga 1 2022 antara Arema FC melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang. Kericuhan melibatkan suporter dan aparat di stadion yang berujung pada jatuhnya banyak korban tewas dan luka-luka.

Estafet Kepemimpinan Perempuan Indonesia di Induk Sepak Bola ASEAN

Balapan kelas dunia

Tahun 2022 masih jadi tahunnya balapan di Indonesia. Balapan-balapan bergengsi tingkat dunia kembali digelar dan hadir menyapa para pecinta aksi kebut-kebutan di Tanah Air. Di sini, Indonesia mencatatkan sukses penyelenggaraan.

Balapan di Indonesia bahkan bisa dibilang semakin ramai dibandingkan sebelumnya. Sebab, selain MotoGP dan World SuperBike yang kembali dihelat di Sirkuit Mandalika, ada pula Formula E yang digelar di Jakarta.

MotoGP hadir paling duluan di Indonesia. Ajang balap motor paling beken sejaga itu meramaikan Sirkuit Mandalika pada 18 hingga 20 Maret 2022. Hasilnya, Miguel Oliveira tampil sebagai pemenang. Sementara itu di kelas Moto2, pemenangnya adalah Somkiat Chantra lalu di Moto3 pemenangnya Dennis Foggia.

Memasuki pertengahan tahun, giliran Formula E yang digelar. Balapan Formula E di ibu kota bahkan adalah torehan sejarah tersendiri. Sebab, pada tahun 2022 inilah balapan mobil bertenaga listrik itu digelar untuk pertama kalinya dihelat di Jakarta.

Formula E Jakarta digelar pada 4 Juni 2022. Awalnya, balapan direncanakan digelar di jalan raya sekitar Monumen Nasional, namun kemudian lokasi balapan pindah ke Jakarta International E-Prix Circuit, Jakarta Utara. Pebalap asal Selandia Baru Mitch Evans keluar sebagai pemenang.

Kemudian pada bulan November, World SuperBike alias WSBK yang dihelat di Sirkuit Mandalika. Kendati gaungnya tak sebesar MotoGP, WSBK tetap jadi balapan bergengsi yang menarik banyak perhatian publik. WSBK Mandalika 2022 dimulai pada Jumat (11/11) hingga Minggu (13/11). Hasilnya, Toprak Razgatlioglu keluar sebagai pemenang.

Kiprah bulutangkis

Bulutangkis masih menjadi olahraga andalan utama Indonesia untuk menyumbang prestasi. Sepanjang 2022 ini, Indonesia seperti biasa mengikuti berbagai turnamen BWF. Selain itu, ada ajang besar lain di mana Indonesia juga berpartisipasi.

Ajang besar tersebut adalah SEA Games serta Piala Thomas dan Uber. Di SEA Games, bulutangkis Indonesia mengoleksi dua medali emas. Keduanya didapat oleh Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di ganda putra serta Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di ganda putri.

Selain dua medali emas, Indonesia juga meraih dua perak dan lima perunggu. Total, Indonesia ada di peringkat kedua perolehan medali SEA Games kali ini dari cabor bulutangkis.

Sementara itu di Piala Thomas dan Uber, Indonesia tidak berhasil menjadi juara kali ini. Di Piala Thomas, raihan Indonesia adala runner-up. Sedangkan di Piala Uber, perjalanan Indonesia hanya sampai di perempat final.

Deretan Film Ini Angkat Kisah Perjuangan Atlet Indonesia yang Menginspirasi

Ajang multievent

Tahun 2021 adalah tahun di mana ada jadwal penyelenggaraan SEA Games di Hanoi, Vietnam. Namun ajang multievent tingkat Asia Tenggara itu tertunda hingga 2022 akibat pandemi. Para atlet Indonesia pun harus bersabar hingga tahun ini untuk bisa tampil.

SEA Games 2021 dihelat pada 12 hingga 23 Mei 2022. Awalnya, Indonesia sempat tersandung masalah jelang ikut serta dalam ajang ini. Indonesia terkena sanksi dari World Anti-Doping Agency (WADA) dan tidak boleh menggunakan bendera Merah-Putih selama SEA Games berlangsung. Beruntung pada akhirnya sanksi itu dicabut.

Hasil akhir mencatatkan raihan 241 medali yang terdiri dari 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Koleksi medali yang diraih menempatkan Indonesia di peringkat ketiga di klasemen perolehan medali.

Selain SEA Games, Indonesia juga berpartisipasi di ASEAN Para Games dan ASEAN Deaf Games. Di sana, para atlet penyandang disabilitas meraih prestasi yang tak kalah ciamik.

Dalam ASEAN Para Games 2022, Indonesia menjadi tuan rumah dan menggelar serangkaian pertandingan dari berbagai cabor pada 30 Juli hingga 06 Agustus. Hasilnya, Indonesia menjadi juara umum dengan raihan 426 medali yang terdiri dari 175 emas, 144 perak, dan 107 perunggu.

Sementara itu dalam ASEAN Deaf Games yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia pada 20-27 November.Hasilnya, Indonesia mampu meraih 10 medali emas, 12 perak, dan 12 perunggu. Torehan itu menempatkan Indonesia di posisi kedua klasemen akhir perolehan medali di bawah Malaysia.

Indonesia juga punya kabar dari ajang multievent terbesar dunia, Olimpiade. Indonesia mengumumkan akan maju di pencalonan tuan rumah Olimpiade 2036.

Tak terkenal, tapi berprestasi

Tahun 2022 bukan hanya milik olahraga yang populer seperti sepak bola, bulutangkis, atau balap motor. Olahraga lain juga punya cerita manis.

Salah satunya adalah perahu naga. Olahraga satu ini sudah dikenal sebagai penyumbang prestasi gemilang, dan hal tersebut kembali terbukti tahun ini. Tim perahu naga Indonesia menjadi penguasa Asia setelah berhasil menjadi juara di Kejuaraan Asia Perahu Naga 2022 atau Asian Dragon Boat Championships 2022.

Kemudian ada pula bridge yang juga juara di tingkat Asia. Indonesia menjadi tuan rumah 4th Bridge Championship Asia Cup 2022 di Jakarta dan berakhir dengan Indonesia menjadi juara umum.

Sejarah Baru & Momen Kebangkitan di Balik All Indonesia Final di Denmark Open 2022

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini