Pesona Alam di Pacitan

Pesona Alam di Pacitan
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Setelah melewati masa-masa sulit selama pandemi, akhirnya pemerintah mulai melonggorkan kebijakan untuk masyarakat. Kawan-kawan sudah diperbolehkan keluar dari rumah dan melakukan aktivitas seperti sebelumnya. Atas kebijakan ini banyak objek wisata yang telah dibuka kembali untuk umum. Kawan-kawan dapat berkunjung dan menikmati wahana atau keindahan di tempat wisata untuk menghilangkan rasa lelah dan jenuh selama hampir kurang lebih dua tahun ini harus berada di rumah.

Ada banyak tempat dan objek wisata yang bisa di kunjungi, salah satunya adalah Pacitan. Sayangnya banyak yang belum tahu tentang kota ini. Untuk itu mari kita intip sebentar informasi seputar kota Pacitan ini.

Dilansir dari Jatim.bpk.go.id, Pacitan adalah sebuah kabupaten yang terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Luas wilayahnya sekitar 1.389,87 km2. Sebagian besar wilayahnya berupa pegunungan kapur dan terdapat banyak goa. Oleh sebab itu kabupaten Pacitan disebut sebagai kota seribu satu goa. Selain terdapat banyak goa, baik yang dibuka untuk pariwisata maupun goa-goa kecil lainnya, ternyata Pacitan juga memiliki pesona dan ekstetika alam lain seperti wisata alam berupa pantai.

Keanekaragaman yang terdapat di Pacitan ini membuat pemerintah daerah dan masyarakat berupaya untuk memperkenalkan eksistensi keindahan alamnya pada khalayak luar. Pemerintah dan masyarakat saling bekerja sama untuk memajukan daerah, khususnya dari sektor pariwasata ini. Hal ini pun secara tidak langsung membantu kemajuan daerah dari sektor perekonomian. Terbukanya pesona alam untuk pariwisata ini membantu warga di sekitar mendapatkan penghasilan.

Lalu, apa saja tempat wisata alam mana saja yang ada di Pacitan ini? Mari kita kulik tempat-tempat wisata yang bisa kawan-kawan masukkan dalam list rencana liburan.

Sebagai kabupaten yang dijuluki kota seribu satu gua, sudah tentu ada gua yang menjadi tempat wisata. Salah satunya adalah Goa Gong. Goa ini terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung. Goa Gong memiliki stalakmit dan stalaktit yang indah, bahkan karena keindahannya Goa Gong di sebut sebagai goa yang memilliki ornament stakmit dan stalaktit paling indah di Asia Tenggara. Selain itu, Goa Gong juga termasuk kawasan karst dalam Gunung Sewu Unesco Global. Fakta lain yang menarik dari Goa Gong ini adalah beberapa stalakmit dan stalaktitnya dapat menghasilkan bunyi seperti bunyi dari “Gong” salah satu alat music gamelan. Oleh karenanya, Goa ini diberi nama Goa Gong.

Tak jauh dari kawasan Goa Gong, terdapat goa lain yang memiliki ciri khas yang hampir sama dengan Goa Gong, yaitu Goa Tabuhan. Beberapa stalaktit dan stalamitnya juga dapat menghasilkan bunyi jika dipukul. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Goa Tabuhan. Nama ini diambil dari kata “tabuh” yang berarti “pukul” sesuai dari fakta unik dari goa ini. Pada hari-hari tertentu pengelola Goa Tabuhan akan menyelenggarakan acara campur sari dan Gamelan di dalam goa yang bisa dinikmati oleh kawan-kawan jika berkunjung ke sana.

Selain contoh dua wisata berupa goa, kawan-kawan dapat menikmati indahnya pantai yang banyak tersebar di Pacitan. Ada pantai Teleng Ria, pantai Klayar, pantai Soge, pantai Srau dan masih banyak lagi. Di pantai, kawan-kawan dapat mendengar deburan ombak, merasakan angin, menginjakkan kaki di pasir yang lembut bahkan berkemah. Untuk akses ke pantai ini, kawan-kawan tak perlu khawatir karena pemerintah sudah mengembangkan infrastruktur jalan agar memudahkan akses kawan-kawan menuju pantai.

Pesona Pantai di Pacitan
Dokumentasi Pribadi

Fasilitas yang ada di pantai pun kini juga sudah di lengkapi demi menunjang kenyamanan para wisatawan. Kawan-kawan tidak perlu risau jika tidak membawa bekal makan atau minum sebab di pantai banyak warga yang menjajakan aneka makanan dan minuman baik panas maupun dingin. Bagi kawan-kawan yang ingin bermalam juga dapat menginap karena terdapat beberapa resort dan penginapan yang dibangun di sekitar pantai. Kawan-kawan dapat menentukan dan memilih resort yang diinginkan kepada pihak pengelola resort untuk ditempati.

Harga tiket masuk lokasi wisata di Pacitan ini berbeda-beda. Pengelola tempat wisata mematok harga yang cukup ramah di kantong. Harga tiketnya kisaran mulai dari Rp5000,00 – Rp25.000,00. Bagaimana, termasuk murah, bukan? Selain itu, kawan-kawan dapat membeli buah tangan berupa kerajinan atau makanan yang di perjual belikan di beberapa tempat wisata di Pacitan untuk di bawa pulang ke rumah.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LU
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini