Keindahan Objek Wisata Tebing Breksi Yogyakarta

Keindahan Objek Wisata Tebing Breksi Yogyakarta
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Sektor pariwisata adalah sektor penyumbang devisa untuk sebuah negara. Pariwisata yang berkembang akan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi sebuah negara. Sektor pariwisata yang berkembang juga dapat lebih meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonimi bagi masyarakat sekitar.

Negara kita Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata yang sangat indah dan sangat layak untuk dikunjungi yang tersebar di seluruh negeri. Salah satunya yaitu di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota Yogyakarta ini juga memiliki daya tarik wisata yang sangat kuat karena memiliki destinasi wisata yang sangat banyak dan juga menarik untuk di kunjungi.

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini mempunyai empat kabupaten dan juga satu kota madya yang masing-masing mempunyai daya tarik wisata yang potensial untuk dapat dikembangkan menjadi objek wisata. Salah satu kabupaten yang mempunyai daya tarik potensial adalah pada Kabupaten Sleman. Banyak sekali tempat-tempat wisata baru dan terkenal yang ada di Kabupaten Sleman. Salah satu objek wisata di daerah saya yang potensial, indah, dan menarik adalah Objek Wisata Tebing Breksi. Objek Wisata ini terletak di Jl. Lengkong, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebelum menjadi objek wisata terkenal seperti sekarang, Tebing Breksi dulunya adalah bekas tambang batu alam yang sudah lama tidak aktif. Melalui upaya yang dilakukan oleh masyarakat sekitar seperti adanya perbaikan, penambahan fasilitas, serta perawatan alam yang ada di sekitar menjadikan tempat yang dulunya menjadi bekas tambang ini kini diubah menjadi objek wisata yang sangat keren, estetik, dan cocok untuk dijadikan spot foto yang sangat instagramable bagi semua kalangan.

Tebing Breksi ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan tebing-tebing bebatuan saja. Disana pengunjung bisa melihat indahnya kota jogja dari ketinggian dan bisa berfoto dengan burung hantu. Kemudian, di Tebing Breksi ini terdapat banyak ukiran dan pahatan batu yang begitu indah yang dapat membuat pengunjung terkesima. Ukiran batu yang begitu menarik perhatian pengunjung adalah ukiran berbentuk naga dan wayang yang terletak di bagian dinding tebing. Disana banyak dijadikan spot untuk berfoto bagi para pengunjung, bahkan pengunjung sampai rela mengantri untuk bisa berfoto bergantian.

Tebing Breksi | Foto: Kompas.com
info gambar

Selain itu, di Tebing Breksi ini terdapat area yang bernama “Tlatar Seneng”. Tempat ini berbentuk lingkaran dan memiliki diameter kurang lebih 15 meter. Tempat ini sering digunakan sebagai lokasi untuk pertunjukan pagelaran seni dan budaya tradisional seperti jathilan (kuda lumping) dan pertunjukan musik gamelan.

Dikutip dari laman Meluncur.com, Lokasi wisata Tebing Breksi pernah dijadikan sebagai lokasi penyelenggaraan Sleman Temple Run pada 16 juli 2017, kemudian juga sering ada festival kesenian tradisional seperti Perkusi, Hadroh Campursary, dan juga Sanggar Tari. Ini dilakukan selain untuk sebagai daya tarik pengunjung namun juga untuk mengenalkan dan juga melestarikan kebudayaan jawa. Budaya perlu dilestarikan, oleh sebab itu kepedulian masyarakat sekitar terhadap pelestarian kesenian dan kebudayaan jawa ini sangat tinggi. Masyarakat sekitar juga terlibat dalam pertunjukan seni tradisional yang ditampilkan di Tebing Breksi ini. Tentunya hal ini sangat bagus karena dengan mengenalkan dan menunjukan kesenian dan budaya tradisional membuat banyak orang akan semakin mengenal kesenian dan kebudayaan tradisional yang ada pada daerah tersebut.

Menurut Islami (2020) keberadaan Objek Wisata Tebing Breksi ini mengakibatkan dampak yang positif terhadap perubahan ekonomi dan sosial bagi warga masyarakat sekitar. Untuk dampak dari segi ekonomi ini adalah bertambahnya pendapatan warga masyarakat dengan berdagang di sekitar kawasan Tebing Breksi dan peluang usaha yang besar. Kemudian, untuk dampak sosialnya adalah berkurangnya jumlah pengangguran karena tersedianya lapangan pekerjaan yang baru sebagai karyawan dalam pengembangan dan pengelolaan Tebing Breksi. Oleh karena itu keberadaan Objek Wisata Tebing Breksi ini dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi warga sekitar.

Upaya pengembangan pariwisata ini mampu memicu percepatan pengembangan desa seperti air bersih, penerangan, dan juga jalan. Keberadaan Objek Wisata Tebing Breksi ini mampu membawa sebuah transformasi tata nilai yang lebih positif. Warga masyarakat yang dulunya mempunyai gaya hidup, perilaku, serta bahasa secara tradisional kini menjadi lebih memperhatikan penampilan, kerapian demi membuat pengunjung merasa lebih nyaman. Kemudian untuk bahasa yang tadinya masyarakat sekitar menggunakan bahasa jawa dalam kesehariannya kini lebih sering menggunakan Bahasa Indonesia karena seringnya berinteraksi dengan pengunjung yang berasal dari luar daerah. Kemudian juga adanya perbaikan infrastruktur seperti jalan supaya pengunjung merasa nyaman ketika berkendara menuju lokasi objek wisata. Hal-hal tersebut memiliki dampak yang sangat positif baik itu dari segi ekonomi, sosial, maupun infrastruktur.

Upaya yang dilakukan tersebut bertujuan agar pembangunan sektor pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta ini menjadi lebih baik dan menarik sehingga akan menjadi daya tarik yang kuat bagi wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Selain itu, upaya tersebut juga dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena sudah memberikan berkah dan kehidupan baru bagi warga masyarakat sekitar Objek Wisata Tebing Breksi. Dari segi spiritual, manusia harus terus mengingat Tuhan karena kita semua membutuhkan Tuhan untuk memberikan berkat dan kemudahan kepada kita semua. Dengan memanfaatkan dan mengolah Objek Wisata Tebing Breksi ini dengan baik dan bijak juga menunjukan rasa syukur dan tanggung jawab warga masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pemberian dari Tuhan ini harus mampu dijaga dengan sebaik-baiknya agar bisa selalu memberikan berkah dan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Referensi:

Islami, M. E. N. (2020). Dampak Keberadaan Objek Wisata Tebing Breksi terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman. Media Wisata, 18(1), 129-145.

Meluncur. (2022, Oktober 28). Harga Tiket Tebing Breksi. Diakses dari https://meluncur.com/tebing-breksi/.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini