Kragilan, Wisata Beken yang Makin Keren

Kragilan, Wisata Beken yang Makin Keren
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Jika kita mendengar kata Magelang, pasti yang terbesit di pikiran adalah Candi Borobudur nan megah itu. Candi Borobudur memang merupakan salah satu objek wisata sekaligus warisan budaya Kabupaten Magelang, bahkan Indonesia. Tetapi selain candi yang merupakan wisata budaya, Magelang juga memiliki wisata lain seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata pendidikan dan wisata pertanian. Kali ini kita akan membicarakan tentang wisata alam dari Kabupaten Magelang, yaitu Top Selfie Kragilan.

Top Selfie Kragilan sendiri merupakan objek wisata alam yang berupa hutan pinus yang terletak di daerah Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Dengan lokasi yang berada di lereng gunung Merbabu, Kragilan merupakan tempat yang sejuk dan asri bahkan saat siang hari. Hutan ini merupakan salah satu tempat wisata alam yang dapat dikunjungi oleh wisatawan untuk berjalan-jalan atau berkemah di dalamnya. Hutan ini juga dianggap sebagai salah satu tempat yang dapat membantu dalam menjaga kualitas lingkungan di sekitar daerah Kragilan.

Hutan pinus Kragilan mula-mula merupakan akses masuk ke dusun Kragilan melalui Jl. Ketep-Kopeng. Namun, dengan pemandangan jalan yang diapit oleh hutan pinus ini membuat warga sekitar tertarik untuk membuat jalan itu menjadi spot foto. Dengan adanya tarif masuk, itu bisa menambah pemasukkan desa setempat. Selain menjadi tambahan pemasukan desa, uang retribusi itu juga menjadi dana pengembangan daerah konservasi Taman Nasional Gunung Merbabu.

Dokumentasi Pribadi: Albertus Rico
info gambar

Pada tahun 2015, awalnya wisatawan hanya bisa berfoto di tengah jalan, di atas pohon dan di daerah hutan pinus saja. Tetapi seiring berjalannya waktu, spot foto yang dapat dipakai semakin banyak. Pada tahun 2022, Top Selfie mempunyai berbagai spot foto seperti ayunan, rumah kurcaci, hammock dan lainnya. Objek wisata ini cocok untuk berbagai kalangan, baik anak-anak, remaja, maupun orang tua. Akan sangat cocok jika anak muda membawa pasangan atau sekedar foto bersama teman-teman. Selain untuk rekreasi, tempat ini juga seringkali menjadi tempat foto profesional seperti modelling, pre-wedding, dan lainnya.

Top Selfie Kragilan menjadi objek yang ramai dikunjungi karena aksesnya yang mudah serta penunjuk jalan yang jelas dan bila salah arah lalu ingin bertanya, penduduk sekitar juga pasti mengarahkan agar tak salah jalan. Untuk mencapai ke tempat ini aksesnya cukup mudah, tempat ini berjarak sekitar 22 kilometer da ri jalan Magelang-Jogja. Jika kamu datang dari daerah jogja hanya tinggal melalui jalan Blabak-Boyolali, atau jika kamu datang dari arah semarang tinggal menuju jalan Ketep-Kopeng. Untuk tarif masuk ke tempat ini sendiri berkisar Rp10.000 sampai Rp. 15000 per kendaraan. Selain menyediakan berbagai spot foto, Top Selfie Kragilan juga menyediakan jasa foto untuk para pengunjung, tarif sekali foto hanya Rp5.000 saja. Fasilitas umum yang ada di tempat ini juga termasuk lengkap seperti tempat parkir yang luas, kamar mandi, mushala dan jika merasa lapar atau haus, pengunjung bisa mengunjungi warung yang ada.

Sejak tahun 2015, tempat ini selalu ramai pengunjung, mayoritas wisatawan di sini adalah anak muda. Meski sempat sepi karena adanya PPKM pada masa pandemi, Top Selfie Kragilan kembali ramai pada 2022. Masa pandemi kemarin, sepinya pengunjung juga digunakan untuk merehabilitasi spot-spot swafoto agar kembali menarik pengunjung. Namun sangat disayangkan, masih ada oknum pengunjung yang tidak menjaga keasrian Hutan Pinus Kragilan dengan membuang sampah sembarangan. Hal ini harusnya menjadi keprihatinan bersama untuk menjaga keindahan alam yang kita punya.

Referensi:Visit Jawa Tengah | Traveling Yuk

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini