Menggaungkan Gerakan Go Green

Menggaungkan Gerakan Go Green
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Seiring berjalannya waktu, Indonesia terus menerus membangun infrastruktur bangunan yang bertujuan untuk memajukan fasilitas dan kualitas pembangunan yang ada di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk menunjang kebutuhan manusia, dengan semakin banyak infrastruktur bangunan yang dibangun maka akan semakin banyak pula tenaga pekerja yang dibutuhkan sehingga hal ini akan memiliki dampak berkurangnya jumlah pengangguran yang ada.

Terlebih di Yogyakarta, saat ini mulai banyak pembangunan hotel-hotel dan memperbaiki akses daerah tempat wisata. Hal ini bertujuan untuk menarik lebih banyak pengunjung untuk datang ke Yogyakarta dan sekaligus memajukan daerah tempat wisata, sehingga hal ini juga akan berdampak meningkatnya perekonomian masyarakat sekitar.

Meskipun hal ini bertujuan baik untuk memajukan daerah Yogyakarta, namun terdapat banyak kekhawatiran dari akibat pembangunan infrastruktur secara terus menerus ini, yakni lahan hijau menjadi semakin berkurang. Dengan begitu, penyerapan air akan semakin berkurang serta bertambahnya polusi yang dihasilkan oleh perusahaan, pabrik, dan kendaraan pekerja akan mempengaruhi lapisan ozon yang semakin menipis, serta akan memengaruhi adanya gas efek rumah kaca. Sehingga hal ini akan mempengaruhi terjadinya pemanasan global.

Menurut Asosiasi Energi Matahari New Mexico Amerika Serikat, pemanasan global merupakan adanya peningkatan suhu atau temperatur di permukaan bumi sebagai dampak dari efek rumah kaca.

Terdapat kabar baik dalam menghadapi permasalahan ini, yakni adanya upaya aksi nyata yang dilakukan oleh pemerintah dan juga terdapat kesadaran serta peran aktif dari masyarakat juga. Dimana saat ini gempar-gemparnya untuk melakukan gerakan go green.

Ilustrasi | Foto: Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang
info gambar

Kegiatan go green meliputi:

  • Mengurangi Penggunaan Bahan Plastik

Bahan plastik memiliki efek yang berbahaya bagi kehidupan manusia, selain itu bahan plastik juga sulit untuk diuraikan. Sehingga penggunaanya produk yang berbahan plastik dinilai tidak efisien. Saat ini sudah banyak masyarakat terlebih mahasiswa yang menggunakan tumblr untuk mendukung gerakan go green.

  • Menerapkan Reduce, Reuse, dan Recycle

Reduce merupakan tindakan menghemat sumber energi, contohnya mematikan listrik jika sudah tidak terpakai. Kemudian reuse merupakan tindakan memanfaatkan kembali barang-barang yang lama, contohnya menyeleksi barang-barang yang dapat digunakan kembali sehingga tidak sekali pakai. Recycle merupakan tindakan mendaur ulang barang. Jadi, barang-barang yang masih layak untuk dipakai untuk didaur ulang agar memiliki tampilan lebih fresh atau baru.

  • Menanam Pohon

Para komunitas baik dari kemasyarakatan atau organisasi mahasiswa sudah banyak gerakan untuk menanam pohon. Hal ini dilakukan bertujuan untuk menambah daerah hijau. Pohon sendiri memiliki banyak fungsi, salah satunya dapat menghasilkan oksigen dan sekaligus mengurangi karbondioksida. Dimana adanya oksigen sangat diperlukan untuk bernapas bagi manusia dan hewan.

  • Menggunakan Alat Transportasi Umum

Sudah banyak daerah yang menyediakan alat transportasi umum, seperti yang ada di Yogyakarta menyediakan bus yang dapat digunakan di sejumlah titik kota Yogyakarta.

Dengan melakukan gerakan go green, dapat mengurangi dampak negatif dari pemanasan global. Namun, untuk memperoleh hasil maksimal pemerintah perlu lebih menggalakkan gerakan go green ini serta sangat dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk membantu melakukan gerakan ini. Saat ini pemerintah juga sudah mulai menggalakkan kegiatan ini dan juga respon masyarakat khususnya masyarakat Yogyakarta sangat mendukung hal ini.

Referensi:

Agung. (2021). Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Jogja untuk Iklim yang Lebih Baik. Berita Universitas Gadjah Mada. From https://www.ugm.ac.id/id/berita/21048-menumbuhkan-kesadaran-masyarakat-jogja-untuk-iklim-yang-lebih-baik

Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang. (2022). 4 Dampak Buruk Kurangnya Penghijauan di Kota yang Wajib Diperhatikan. From https://dlh.semarangkota.go.id/4-dampak-buruk-kurangnya-penghijauan-di-kota-yang-wajib-diperhatikan/

Eiger Tropical Adventure. (2022). Ayo, Terapkan Prinsip Go Green Pakai 7 Tips Ini!. From https://blog.eigeradventure.com/tips-menerapkan-prinsip-go-green/

Prawiro. (2018). Pemanasan Global: Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya. Maxmanroe.com. From https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-pemanasan-global.html

Wahyono, Effendi. (2016). Go Green Sebagai Salah Satu Model Pendidikan Karakter. In: UT Go Green: Model Pendidikan Karakter. Universitas Terbuka.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini