Menjaga Lingkungan dengan Melakukan Penghijauan Kembali

Menjaga Lingkungan dengan Melakukan Penghijauan Kembali
info gambar utama

Lingkungan yang asri mengacu pada daerah yang bersih, pepohonan yang rimbun, dan jauh dari polusi. Menjaga lingkungan tetap bersih dan asri adalah hal yang harus dilakukan setiap orang. Hal ini karena lingkungan yang kurang terawat dapat menyebabkan kerusakan dan kepunahan dimana-mana.

Menjaga lingkungan merupakan prioritas utama demi kenyamanan semua makhluk. Hanya lingkungan yang bersih, sejuk, dan asri yang memungkinkan organisme yang hidup di sekitarnya dapat berkembang secara normal.

Kebersihan lingkungan memegang peranan yang sangat penting dan tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Menjaga kebersihan lingkungan berarti menciptakan lingkungan yang sehat bebas dari kotoran seperti debu, sampah dan bau yang tidak sedap.

Dengan lingkungan yang sehat, Kawan akan terhindar dari berbagai penyakit, seperti demam berdarah, malaria, dan muntaber. Kebersihan lingkungan juga memengaruhi kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan sehingga menimbulkan ketenteraman.

Semua itu bisa Kawan capai dengan melakukan tindakan kecil dan sederhana, dimulai dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar kawan. Untuk kebersihan lingkungan sekitar rumah dapat dilakukan dengan membersihkan pekarangan dan lereng rumah. Mari biasakan gaya hidup bersih.

Panas Bumi Sumber Energi Ramah Lingkungan yang Hemat Devisa Negara
Menanam pohon sebagai usaha penghijauan kembali
info gambar

Dengan bertambahnya populasi manusia, tentunya akan menambah masalah lingkungan yang ada. Perubahan yang terjadi secara besar-besaran akan menimbulkan masalah lingkungan yang sangat serius dan mengganggu keseimbangan yang ada baik secara ekologis maupun psikologis. Polusi yang semakin meningkat akan menyebabkan status kesehatan masyarakat terus menurun dan berbagai penyakit baru yang muncul.

Masyarakat yang masih peduli terhadap lingkungan kerap menginisiasi gerakan penghijauan dengan tujuan untuk memulihkan keadaan bumi yang setiap tahunnya semakin rusak, serta memperbaiki kondisi iklim yang semakin tidak menentu akibat aktivitas sehari-hari manusia yang mencemari.

Seperti yang Kawan ketahui, tindakan penghijauan atau reboisasi adalah tindakan yang dilakukan oleh seseorang untuk memulihkan, memelihara dan memperbaiki kondisi lahan agar dapat dimanfaatkan secara optimal sesuai dengan fungsi aslinya. Gerakan penghijauan inilah yang harus kawan tekankan dan lakukan.

Kegiatan penghijauan biasanya dilakukan di tempat yang tidak banyak pohon atau tanaman pendukung lainnya. Selain itu, kegiatan penghijauan sering dilakukan karena beberapa alasan tambahan, seperti menumbuhkan rasa cinta lingkungan pada masyarakat dan menunjukkannya sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Perwujudan kota hijau merupakan salah satu bentuk solusi untuk mengatasi dampak perubahan iklim di kota-kota Indonesia.

4 Rekomendasi Produk Alat Rumah Tangga yang Ramah Lingkungan, Wajib Punya!

Pemerintah saat ini sudah melakukan kontribusi terbaik untuk mengatasi pencemaran lingkungan yang semakin parah. Namun, usaha tersebut tidak bisa berhasil dengan baik tanpa dukungan dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya. Maka dari itu, Kawan bisa melakukan kontribusi secara mandiri untuk mengatasi pencemaran lingkungan.

Tidaklah sulit untuk menciptakan lingkungan yang asri, bersih dan sehat. Kawan GNFI hanya perlu menanam lebih banyak pohon dan tanaman di sekitar agar suasana semakin asri dan rindang.

Tumbuhan hijau dapat melepaskan oksigen dan menyerap karbon dioksida. Inilah salah satu alasan mengapa tanaman hijau dapat meningkatkan kualitas udara. Untuk menanam tumbuhan, Kawan dapat memulainya dengan menanam benih.

Pohon-pohon besar dapat ditanam di pinggir jalan untuk memberikan rasa teduh bagi orang-orang. Sekaligus, tanaman hijau pot bisa diletakkan di halaman agar suasana semakin asri. Kawan juga bisa menaruh tanaman seperti lidah mertua di dalam rumah untuk membantu menyerap racun di udara.

Terapkan Zero Waste Lifestyle, Ciptakan Lingkungan Hidup di Indonesia yang Lebih Sehat

Masyarakat juga bisa melakukan kegiatan gerakan penghijauan dengan diadakannya kerja bakti setiap minggu, menanam pohon, membersihkan selokan yang tersumbat sampah, membuat peraturan kebersihan lingkungan, dan paling penting mulai dari diri sendiri untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah.

Yuk, mulai jaga dan perhatikan lingkungan sekitar kita!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

CL
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini