5 Tips Berwisata ke Teluk Love Pantai Payangan Jember

5 Tips Berwisata ke Teluk Love Pantai Payangan Jember
info gambar utama

Teluk Love adalah tujuan wisata yang unik karena teluknya yang berbentuk hati. Teluk Love ini berada di sebalah Timur kawasan Pantai Payangan. Teluk dengan lekukan yang berbentuk hati ini dapat dilihat jelas dari ketinggian.

Keunikan dan keindahannya menjadikan destinasi ini sebagai salah satu ikon wisata Jember, Jawa Timur. Jadi, sayang sekali jika Kawan tidak mengunjungi keseluruhan Teluk Love saat berkunjung ke kawasan Jember.

Untuk mencapai Teluk Love dari pusat Kota Jember, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 32 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar satu jam. Jika sampai ke Teluk Love, Kawan perlu memerhatikan tips berikut ini.

Teluk Love
info gambar

1. Titik waktu

Waktu terbaik untuk mengunjungi Teluk Love pada pagi atau sore hari karena pengunjung dapat melihat matahari terbit saat pagi hari dan matahari terbenam saat sore hari yang indah dari perbukitan.

Cara terbaik untuk menikmati pemandangan Teluk Love adalah dari Bukit Suroyo. Sebab, di sana sudah ada jalan setapak yang memungkinkan pengunjung mencapai puncak bukit.

Baca juga: Teluk Kabui dan Pesona Pulau Karang di Raja Ampat

2. Persiapkan diri secara fisik

Bukit Suroyo memiliki jalur yang menanjak sehingga pengunjung harus memiliki fisik yang fit dan tenaga yang cukup untuk mendaki bukit tersebut.

Dalam perjalanan menuju bukit, pengunjung disuguhi pemandangan alam yang indah dan apik. Kawan juga bisa menikmati pesona dari lereng Taman Nasional Meru Betiri.

Begitu sampai di puncak, pengunjung melihat perbukitan hijau, langit, dan laut, serta garis pantai berbentuk hati.

Untuk informasi kembali, Teluk Love mempunyai garis pantai yang berbentuk seperti bentuk hati dengan sekelompok batu di antara dua lengkungan.

3. Pilih pakaian yang nyaman

Ketika Kawan mendaki gunung, sebaiknya pilihlah pakaian yang pas dan cepat menyerap keringat. Pemilihan alas kaki juga harus diperhatikan dalam pendakian gunung. Kawan bisa menggunakan sepatu atau sendal yang tidak licin saat berjalan di trotoar sekitar wisata Teluk Love.

4. Datanglah saat cuaca cerah

Saat cuaca sedang cerah, berkunjung ke destinasi wisata seperti Teluk Love tentu lebih tepat. Kawan tidak perlu khawatir hujan turun sehingga Kawan dapat menikmati Teluk Love dengan lebih nyaman dan leluasa.

Saat cuaca sedang cerah, semua elemen alam seakan mampu berbicara lebih banyak untuk menghadirkan bidikan yang memukau. Salah satunya adalah air laut yang dapat memantulkan warna biru langit yang memanjakan mata.

Langit biru cerah juga mampu menunjukkan warna pemandangan di sekitar Teluk Love. Perbukitan hijau dan awan putih cerah membentuk kombinasi indah dengan langit biru. Oleh karena itu, pantau selalu kondisi cuaca melalui otoritas yang bertanggung jawab yaitu Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG). Informasi kini dapat diakses melalui aplikasi BMKG di smartphone kesayangan Kawan.

5. Buang sampah

Satu hal yang harus diikuti pengunjung adalah selalu memperhatikan kebersihan. Sampah harus dibuang pada tempatnya. Pengelola menempatkan kantong sampah di beberapa tempat di sekitar jalan. Pembuangan sampah yang sembarangan tentu akan merusak keindahan Bukit Suroyo. Selain itu, angin dapat membawa puing-puing sampah sehingga berpotensi jatuh ke laut. Hal ini bisa mencemari lautan.

Akibat dari banyak sampah yag jatuh ke laut dan terbawa arus ke Teluk Love, destinasi romantis ini pasti akan rusak. Latar teluk berbentuk hati bercampur sampah sudah pasti tidak romantis lagi.

Referensi: KSMTour.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

HT
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini