Air Penuh Khasiat di Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

Air Penuh Khasiat di Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki banyak ragam wisata, mulai dari wisata alami hingga wisata dari alam buatan. Meskipun demikian wisata dengan wahana yang tercipta secara alami juga banyak dimanfaatkan. Salah satunya adalah wisata di daerah Tegal, Jawa Tengah. Tegal memiliki keanekaragaman atraksi wisata yang dapat dikembangkan dan dapat dipromosikan kepada calon wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu tempat wisata yang menarik dan juga memiliki banyak daya Tarik adalah wisata pemandian air panas Guci, dimana wisata ini sudah banyak menggugah daya Tarik pengunjung karena keindahan dan manfaat dari air yang ada di wisata tersebut.

Seperti nama tempat wisatanya, air panas yang dimanfaatkan untuk permandian dan wahana lain dalam wisata tersebut adalah air panas alami. Dikutip dari Wisnu pada artikel Solopos.com air panas tersebut berada di kaki Gunung Slamet bagian utara dengan ketinggian 1.050 meter diatas kaki permukaan air laut (mdpl). Warga sekitar yang tinggal di area wisata tersebut lebih mengenalnya sebagai mata air ajaib yang terkenal memiliki kejernihan dan keasrian dari air tersebut. Menurut data administrasi yang diperoleh dari datawisata.com pariwisata air panas Guci berada di lahan seluas 210 hektar. Di dalam kawasan itu masyarakat bisa melakukan kegiatan berendam air panas maupun wahana wahana lainnya.

Wisata tersebut memiliki beberapa mata air panas, dan yang paling dikenal atau bisa dikatakan sebagai ikon yaitu pada pancuran 13. Hal itu karena sejarah dari terbentuknya pancuran 13. Salah satu pekerja pariwisata yang saat ini sudah pensiun bercerita bahwa dulunya di atas pancuran ada sebuah gua yang memiliki mata air panas dengan jumlah 13 pancuran. Oleh karena hal tersebut dibuatlah pancuran yang kemudian dinamai pancuran 13 dan hebatnya bertahan hingga saat ini.

Guci Tegal | Foto: Mytrip123.com
info gambar

Hal yang menarik lagi adalah bahwa air yang ada pada pemandian air panas Guci tersebut memiliki banyak khasiat yaitu satu diantaranya mampu menyembuhkan sejumlah penyakit seperti rematik, kurap dan penyakit kulit gatal. Walaupun belum ada penjelasan ilmiah atau medis tentang manfaat dari air atau mandi di pemandian guci tersebut, tetapi hal itu sudah terbukti secara empiris oleh warga setempat dan beberapa pengunjung yang mampu memetik hasilnya. Salah satu kenyamanan masyarakat atau pengunjung pada pemanfaatan air tersebut adalah karena keaslian atau kemurnian dari air yang mengalir dari pancuran tersebut, karena pada umumnya objek wisata pemandian identic dengan memanfaatkan khasiat belerang.

Pemanfaatan objek wisata yang sudah ada tersebut merupakan salah satu hal yang patut kawan apresiasi, Sehingga menjadi kesadaran penting bagi kawan GNFI semua yang berkunjung untuk menjaga kebersihan dan keasrian mata air yang terdapat di dalamnya. Tampak pada potret yang ditangkap oleh Desta Laila Kartika yang diunggah pada Pantura Tribun News, terlihat bahwa kebersihan dan keindahan dari objek tersebut tetap terjaga walaupun banyak pengunjung yang berdatangan dan menikmati wisata tersebut sehingga menjadi kesadaran untuk kawan GFNI dalam menjaga objek tersebut. Air menjadi salah satu sumber penting untuk kebutuhan hidup kita dan dari situlah patut kawan GNFI syukuri bahwa Tuhan masih memberikan anugerah yang luar biasa sehingga kawan GNFI masih bisa menikmati air yang murni.

Selain dari aspek mata air yang alami, terlihat pula pada gambar menunjukkan bahwa di sekeliling wahana tersebut terdapat hutan yang menambah nilai estetika sehingga ketika pengunjung datang harapannya mampu memberikan makna dan kenyamanan mengenai indahnya hijaunya alam, namun yang menjadi perhatian untuk kawan GFNI semua adalah bahwa kawan GFNI harus menjaga sikap ketika masuk pada area wisata tersebut sehingga relasi antara alam dan manusia dapat terjalin baik.

Dilansir dari artikel yang diterbitkan oleh Warisan Budaya Takbenda Indonesia yang menjelaskan bahwa setiap malam jumat kliwon masyarakat setempat melaksanakan ritual karena hari itu diyakini dapat mengabulkan semua permintaan. Tentu hal itu menjadi habitat masyarakat setempat untuk menjalin relasi antara manusia dengan alam dan manusia dengan Tuhan. Hal yang dapat kawan GNFI simpulkan adalah bahwa di Negara Indonesia yang makmur akan keanekaragaman ini banyak sekali obyek yang sudah ada dan terbentuk secara alami yang diciptakan oleh Tuhan sehingga tergantung bagaimana kawan GFNI dalam memanfaatkannya dengan bijak dengan tetap menjaga keaslian serta keasrian yang ada. Wisata pemandian air panas guci merupakan salah satu contoh pemanfaatan objek wisata yang baik sehingga kawan GNFI juga berperan penting mulai dari hal kecil untuk bagaimana caranya agar alam ini tetap asri dengan segala komponen yang ada di dalamnya.

Referensi: Priyanto, M.A., 2017. Ternyata Ini Daya Tarik dan Khasiat Air Panas Pancuran 13 Objek Wisata Guci Tegal. https://jateng.tribunnews.com/2017/12/25/ternyata-ini-daya-tarik-dan-khasiat-air-panas-pancuran-13-objek-wisata-guci-tegal , diakses pada 12 Desember 2022.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BY
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini