Berwisata Murah Meriah di Puncak Sosok Yogyakarta

Berwisata Murah Meriah di Puncak Sosok Yogyakarta
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Berbicara tentang Kota Yogyakarta tak akan ada habisnya jika membahas tempat wisata. Puluhan tempat wisata tersedia di daerah yang istimewa ini. Tidak hanya wisata budaya, ada juga wisata bahari, dan wisata alam lain yang sungguh menakjubkan.

Salah satu contoh wisata alam yang bisa dinikmati yaitu Puncak Sosok. Puncak Sosok terletak di Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta. Dari atas puncak kita dapat menikmati pemandangan yang sungguh menakjubkan. Jam buka Puncak Sosok yaitu mulai pukul 15.00 hingga 23.00 WIB.

Puncak Sosok memang sudah terkenal sebelum adanya pandemi. Namun, dikarenakan PPKM dan penutupan secara sementara, pengunjung Puncak Sosok menurun drastis. Saat ini, kehadiran Puncak Sosok dapat membangkitkan kembali ekonomi masyarakat sekitar pasca terdampak Covid-19.

Puncak Sosok dikelola oleh warga setempat. Mereka mengerahkan hampir semua warga untuk terlibat langsung dalam pengelolaan Puncak Sosok. Pembagian tugas meliputi penjual makanan, pelayan, penjaga parkir, petugas kebersihan, dan penjaga toilet.

Beberapa hal yang dapat Kawan nikmati dari atas Puncak Sosok, yaitu :

1. Menikmati Matahari Terbenam

Pemandangan Puncak Sosok
info gambar

Puncak sosok berada di ketinggian 220 mdpl sehingga merupakan tempat yang sangat tepat untuk menyaksikan matahari terbenam. Selain dapat menikmati senja, Kawan GNFI juga dapat melihat pemandangan sawah dan kota Yogyakarta yang ada dibawahnya.

Dari atas Puncak Sosok Kawan juga bisa melihat tempat pembuangan sampah terakhir (TPST) masyarakat Yogyakarta. Pemandangan yang sangat indah dari atas puncak, menarik banyak pengunjung untuk berfoto dengan latar sunset yang sangat apik.

2. Menyantap Berbagai Macam Kuliner

Ketika sedang berwisata tak lengkap rasanya jika tidak menikmati camilan. Di Puncak Sosok terdapat beberapa warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Mulai dari nasi kucing, jagung bakar, gorengan, telur gulung, sempol, berbagai macam minuman sachet hingga botol, serta kopi tersedia di tempat ini. Kios-kios pedagang yang ada di sana sangat menarik. Bertempatkan di sebuah warung-warung kecil dengan desain atap yang cukup unik.

3. Menikmati Live Music

Setiap akhir pekan di Puncak Sosok juga menampilkan hiburan berupa live music. Pendatang juga bisa terlibat langsung dengan ikut menyumbangkan lagu untuk menghibur para wisatawan yang lain. Siapa saja dapat mendaftarkan bandnya untuk manggung di puncak ini. Salah satu grub band terkenal, Letto, pun pernah menjadi pengisi musik di Puncak Sosok.

4. Bermain Kartu Bersama Teman

Kawan GNFI yang datang bersama dengan teman-teman, juga dapat menghabiskan malamnya dengan bermain kartu. Tapi Kawan harus membawa kartu sendiri ya, karena di sana tidak disediakan. Akan sangat menyenangkan bermain kartu dengan ditemani alunan musik dari band setempat.

5. Bersepeda

Pada mulanya Puncak Sosok digunakan sebagai jalur para pesepeda. Mereka yang ingin berlatih track pegunungan bisa mencoba bersepeda melalui jalur ini. Pastikan badan dalam kondisi fit dan sepeda dalam kondisi baik, mengingat jalan menuju Puncak Sosok yang naik turun.

FASILITAS PUNCAK SOSOK

Fasilitas di Puncak Sosok juga cukup lengkap. Mereka menyediakan mushola dengan cukup lebar. Kamar mandi yang ada juga cukup bersih. Tempat parkir yang disediakan sangat lebar, sehingga bisa menampung puluhan mobil.

Jalan menuju ke sana tidak begitu sulit, namun naik turun. Jalan sudah beraspal bagus. Jika Kawan ingin pergi pada malam hari, usahakan lampu motor mu menyala dengan sempurna.

HARGA TIKET MASUK

Dilansir dari laman media sosial Puncak Sosok, harga tiket masuknya tergolong murah, yaitu sebesar Rp3.000,00 membuat tempat ini selalu ramai oleh pengunjung. Tarif parkir juga tidak begitu mahal, yaitu sebesar Rp2.000,00 untuk kendaraan roda dua, Rp5.000,00 untuk mobil, dan Rp10.000,00 untuk minibus.

Untuk menuju ke panggung utama Kawan diharuskan jalan menanjak terlebih dahulu. Waktu terbaik untuk mengunungi Puncak Sosok yaitu sekitar pukul 5 sore atau menjelang petang, agar mendapatkan view sunset yang sangat indah.

Puncak Sosok terletak dalam ruang terbuka, sehingga Kawan-Kawan harus cek cuaca terlebih dahulu, agar tidak kehujanan ketika di sana.

Puncak Sosok merupakan tempat yang sangat tepat untuk menyegarkan pikiran, baik sendiri maupun bersama dengan teman-teman.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini