Indonesia Jadi Juara Dunia eSports Lewat IESF World eSports Championship 2022

Indonesia Jadi Juara Dunia eSports Lewat IESF World eSports Championship 2022
info gambar utama

Indonesia kini resmi menjadi juara dunia eSports setelah berhasil menjadi juara umum di ajang IESF World eSports Championship 2022.

Indonesia meraih juara umum dengan status sebagai tuan rumah. IESF World eSports Championship 2022 digelar di Merusaka, Nusa Dua, Bali pada 1-11 Desember.

Tim Indonesia ambil bagian dalam tujuh cabsng permainan yang dipertandingkan. Hasilnya, Indonesia mendapatkan tiga medali emas dan satu perunggu.

"Bahwa kita harus memperoleh juara umum, dan ini terbukti sekarang, tentunya ini upaya secara bersama-sama, dan rasa nasionalisme itu nampak dari para atlet ini selama bertanding," ujar Ketua Harian Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) Bambang Sunarwibowo seperti dilansir Antara.

Keberhasilan Indonesia menjadi juara umum adalah pencapaian yang terbilang ciamik. Sebab IESF World
eSports Championship tahun ini disebut sebagai yang terbesar di mana jumlah negara yang ikut serta mencapai 105.

Dari tiga medali emas Indonesia, dua di antaranya didapat pada hari Sabtu lalu. Adalah permainan DOTA 2 dan eFootball yang sukses menyumbangkan medali tersebut.

Di final DOTA 2, Indonesia meraih kemenangan 3-2 atas Filipina. Sedangkan di final eFootball, wakil Indonesia Elga Cahya Putra mengalahkan Argentina dengan skor telak 3-0.

Setelah dua emas didapat pada Sabtu, satu emas lagi menyusul pada hari Minggu dari Mobile Legends: Bang-Bang Indonesia. Indonesia mengalahkan Filipina dalam partai final.

Sementara itu, medali perunggu disumbangkan dari permainan CS:GO putri.

Dengan demikian, Indonesia memenuhi target yang dipasang. Sejak awal, Indonesia memang menargetkan menjadi juara umum.

"Indonesia kalau tanding selalu targetnya juara umum. Kita tidak pernah pergi dengan target di bawah-bawah," ujar Wakil Ketua Bidang Atlet dan Prestasi PB ESI Yohannes P. Siagian sebelum ajang berlangsung.

Karakter Game yang Terinspirasi dari Indonesia

Tentang IESF World eSports Championship 2022

IESF World Esports Championship adalah kejuaraan eSports dunia selevel Piala Dunia. Penyelenggaraannya dilakukan setahun sekali oleh International eSports Federation.

Ada tujuh cabang permainan yang dilombakan, yakni Tekken 7, DOTA 2, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, eFootball 2022, dan CS:GO yang terbagi menjadi putra dan putri.

Ini adalah kali kedua Indonesia didapuk sebagai tuan rumah IESF World eSports Championship. Sebelumnya, ajang tersebut juga pernah diselenggarkan di Jakarta pada tahun 2016.

Untuk tahun depan, negara yang mendapatkan giliran menjadi tuan rumah adalah Rumania.

Agate, Developer Gim Asal Indonesia yang Berhasil Tembus Eropa



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini