Inilah 7 Makanan Khas Lombok yang Wajib Dinikmati Para Food Hunter!

Inilah 7 Makanan Khas Lombok yang Wajib Dinikmati Para Food Hunter!
info gambar utama

Apakah Anda food hunters sejati? Jika demikian Anda wajib mencicipi ragam makanan khas Lombok yang terkenal dengan cita rasanya yang istimewa.

Wajib masuk bucket list, Lombok bukan hanya menyimpan segudang destinasi menakjubkan melainkan juga memiliki sederet kuliner tradisional yang sayang untuk dilewatkan.

Jika Anda sedang liburan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) maka Anda wajib untuk mencoba setidaknya 7 kuliner khas yang akan kami ulas pada artikel ini. Siap-siap dibuat lapar!

7 Rekomendasi Makanan Khas Lombok yang Menggugah Selera

Lombok memang menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi para pelancong yang ingin menikmati nuansa alam yang begitu eksotis. Namun Anda juga tidak boleh melewatkan rekomendasi kuliner yang khas dari daerah Lombok yang begitu nikmat. Berikut 7 rekomendasi makanan khas Lombok yang wajib Anda coba.

1. Sayur Ares

makanan khas kuliner lombok NTB sayur ares
info gambar

Rekomendasi makanan khas Lombok yang pertama yaitu sayur ares yang bahan dasarnya terbuat dari batang bambu muda alias rebung. Menariknya lagi, ternyata sayur lezat yang satu ini juga biasa dimasak dengan menggunakan pelepah batang pisang atau yang bisa disebut dengan gedebog pisang yang masih muda dilengkapi dengan santan bumbu merah dan juga daging maupun tulang ayam.

2. Ayam Taliwang

makanan khas kuliner lombok taliwang
info gambar

Rasanya ada yang kurang jika liburan di Lombok tanpa menyantap ayam taliwang.

Olahan ayam ini memang terkenal dengan cita rasanya yang juara karena dipadukan dengan bumbu tradisional khas Lombok yang mampu memanjakan lidah karena rasa rempahnya yang kuat dan sedap.

3. Sate Bulayak

makanan khas kuliner lombok sate bulayak
info gambar

Makanan khas Lombok selanjutnya yang wajib Anda coba adalah sate bulayak yang mana mempunyai ciri khas pada bagian bumbunya sendiri. Di mana bumbu dari sate bulayak ini terbuat dari kacang tanah yang telah dimasak bersama santan sehingga mirip dengan racikan kari.

Baca juga: 9 Makanan Khas Minang Sumatera Barat, Favoritnya Penyuka Pedas

4. Ayam Rarang

makanan khas kuliner lombok ayam rarang
info gambar

Makanan khas lombok yang tak kalah memanjakan lidah yaitu ayam rarang karena bumbu pedasnya sendiri terbuat dari sambal goreng cabai rawit.

Dibuat dari ayam kampung, ayam rarang sangat empuk karena ayam rarang dibakar terlebih dahulu barulah dimasak dengan bumbu rarang yang pedas dan nikmat sehingga bumbu semakin meresap.

Dengan warna merahnya yang begitu merona, membuat para pencinta kuliner tidak tahan untuk segera menyantap sajian ayam khas Lombok yang satu ini.

5. Sambal Beberuk Terong

sambal beberuk terong
info gambar

Jika Anda ingin mencicipi makanan khas Lombok dengan cita rasa pedas dan segar, maka Anda wajib untuk mencoba sambal beberuk terong.

Bahan utama dari beberuk terong adalah terong bulat, tomat, kacang panjang dan juga siraman sambal cabai merah yang pedas.

6. Sate Tanjung

makanan khas lombok utara sate tanjung
info gambar

Salah satu kuliner bahari yang paling populer di wilayah Lombok tak lain adalah sate tanjung. Dimana bahan utama dari sate tanjung ini terbuat dari ikan cakalang dengan siraman kuah santan yang begitu gurih karena berasal rempah-rempah khas Lombok yang pastinya super sedap.

Baca juga: Makanan Khas Bali yang Enak dan Jarang Diketahui

7. Poteng Jaje Tujak

makanan khas lombok poteng tape singkong
info gambar

Makanan khas Lombok memang didominasi dengan kuliner pedas. Namun, jika Anda ingin mencicipi penganan yang manis, terdapat salah satu pilihan yang wajib Anda coba yaitu poteng jaje tujak. Kerap ditemui ketika momen lebaran, kuliner dari daerah Lombok ini juga cukup familiar di hari-hari biasa.

Jika diartikan, poteng jaje tujak berarti tape yang ditumbuk. Jajanan ini terdiri dari dua sajian yaitu poteng yang dibuat dari ketan putih yang dijadikan tape lalu jaje tujak yang dibuat dari campuran ketan putih, ketan hitam, dan kelapa yang ditumbuk sampai halus.

Baca juga: Makanan Khas Nusa Tenggara Barat paling Favorit

Demikian ulasan mengenai 7 makanan khas Lombok yang wajib Anda coba. Dominan dengan cita rasa rempah yang pedas nan segar yang menggugah selera, jangan lupa untuk menjajal rekomendasi makanan di atas jika sedang liburan di Lombok ya, FoodHunters!

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

Terima kasih telah membaca sampai di sini