Keindahan dan Pemanfaatan Bendungan Batutegi di Provinsi Lampung Sebagai PLTA

Keindahan dan Pemanfaatan Bendungan Batutegi di Provinsi Lampung Sebagai PLTA
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Indonesia menjadi negara yang memiliki banyak sekali tempat wisata yang tersebar diseluruh provinsinya. Salah satunya adalah Provinsi Lampung yang memiliki banyak potensi wisata alam yang sangat menarik. Masyarakat sekitar terkadang terlalu fokus dengan tempat wisata seperti gunung dan pantai tanpa disadari, ada tempat wisata yang sangat memukau yaitu bendungan.

Bendungan Batutegi merupakan salah satu destinasi yang berlokasi di Tanggamus, Lampung yang menjadi salah satu aset juga bagi daerah ini. Bendungan ini berada pada Pekon Batutegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Bendungan batutegi merupakan bendungan terbesar se Asia-Tenggara.

Bendungan ini terbentang luas dengan panjang 3.560 hektar dan diapit oleh 2 bukit. Dari bendungan ini kita dapat melihat pemandangan yang sangat indah, udara yang segar dan sangat sejuk membuat orang yang datang di tempat ini rasanya tidak ingin pergi. Pemandangan yang indah bisa kita lihat dari dermaga dengan jalan yang berkelok-kelok. Berdasarkan penjelasan bappelitbang (2019) dituliskan bahwa bendungan ini memiliki kapasitas penampungan yang dapat menahan air 9 juta meter kubik, bendungan ini juga menyediakan pasokan listrik untuk PLN sebanyak 2x 14 mw di provonsi Lampung.

Bendungan Batutegi | Foto: Pariwisata Lampung
info gambar

Sangat banyak sumber daya alam yang tersedia di daerah Lampung yang tercinta ini. Menurut Hindersah (2020) bendungan batutegi menjadi salah satu tempat yang digunakan sebagai pembangkit listrk tenaga air (PLTA) dengan kapasitas kurang lebih 28 MW dan juga untuk irigasi. Tidak hanya itu, bendungan ini juga digunakan sebagai air baku yaitu sebagai sumber pengolahan air minum yang sudah memenuhi standar. Bendungan ini bukan hanya menjadi tempat wisata masyarakat tapi juga memiliki banyak keunggulan.

Semakin berkembangnya zaman, kebutuhan masyarakat akan hasil dari pertanian, energi listrik dan juga air baku yang terus meningkat diiringi juga dengan penduduk yang terus bertambah membuat masyarakat mencari cara untuk meningkatkan produksi hasil pertanian, sumber air baku dan juga energi listrik sehingga didapatkan upaya pembangunan bendungan untuk dijadikan potensi sumber daya alam untuk keperluan masyarakat sekitar, dan bendungan itu salah satunya adalah bendungan batutegi.

Berdasarkan aspek etika, kita sebagai orang yang menggunakan dan menikmati sumber daya yang tersedia ini perlu menjaga kelestariannya dan menggunakan sesuai dengan kebutuhan. Bendungan batutegi yang sejuk, indah, dan bersih perlu kita jaga supaya terhindar dari tangan-tangan jahat yang dapat merusak keindahan tempat ini. Contoh kecil ketika membuang sampah sembarangan dan menggunakan sumber energi berlebihan dan tidak bertanggungjawab ini perlu diberikan penjelasan baik supaya kita sebagai warga sekitar dan juga penikmat sumber daya alam ini bisa sama-sama menjaga keindahan alam kita. Sikap tanggungjawab terhadap alam, menyayangi dan peduli akan alam, serta sikap menghargai alam menjadi poin penting bagi kita untuk menjaga alam.

Berdasarkan aspek spiritual, kita sebagai manusia yang beragama juga harus bisa melindugi sumber daya alam yang ada sesuai dengan ajaran agama kita untuk merespon pemberin Tuhan kepada kita melalui adanya bendungan batutegi ini sebagai salah satu pemanfaatan sumber energi yang ada di bumi kita yang digunakan sebagai tempat irigasi, potensi pembangkit listrik tenaga air, suplai air baku, dan juga sebagai tempat wisata untuk menikmati indah nya pemberian Tuhan yang diberikan secara cuma-suma untuk kita semua. Harapan besar, bukan hanya berlaku untuk masyarakat Kecamatan Air Naningan yang bisa menjaga sumber energi yang ada di daerahnya dengan baik, tetapi juga bagi pembaca dan juga masyarakat lain bisa sama-sama saling menjaga bendungan ini dengan sebaik mungkin sehingga nantinya bendungan ini bisa bermanfaat dan menjadi berkat bagi semua orang.

Referensi:

Bappelitbang, 2019. Wisata Bendungan Batu Tegi Kabupaten Tanggamus Lampung. https://bappelitbang.tanggamus.go.id/berita/wisata-bendungan-batu-tegi-kabupaten-tanggamus-lampung , diakses tanggal 11 Desember 2022.

Hindersah, R., 2020. Bendungan Batutegi Ranah Wisata Alam Provinsi Lampung Berpotensi PNBP bagi Negara. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-lampungbengkulu/baca-berita/21552/Bendungan-Batutegi-Ranah-Wisata-Alam-Provinsi-Lampung-yang-Berpotensi-PNBP-bagi-Negara.html , diakses tanggal 11 Desember 2022.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

CG
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini