Kembaran Raja Ampat di Pesisir Selatan Jawa

Kembaran Raja Ampat di Pesisir Selatan Jawa
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Berawal dari keterpesonaan melihat lanskap Raja Ampat di uang pecahan seratus ribu, impian saya untuk berkunjung ke sana mulai memuncak. Teman saya mendadak mengunggah foto profilnya di sana, sempurna sudah hasrat saya ingin mengabadikan momen di antara gugusan pulau indah itu, namun apa daya dompet menjerit begitu tahu biaya untuk sampai ke sana.

Sampai kemudian teman saya yang lain cerita bahwa di daerahnya terdapat pemandangan yang cukup mirip dengan Raja Ampat. Sontak saya tercengang, benarkah?

Tak butuh waktu lama, begitu libur akhir pekan datang, teman saya ini mengajak ke tempat yang dimaksud dengan mengendarai motor. Awalnya saya menolak untuk percaya, memangnya ada tempat seindah Raja Ampat dan jaraknya tidak begitu jauh dari Yogyakarta, domisili saya sekarang?

Benar saja, tempat yang disebut mirip Raja Ampat itu memang berada di Pacitan Jawa Timur. Kabupaten Pacitan sendiri merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah namun letaknya tidak jauh dari Provinsi DI Yogyakarta. Kenyataannya sih kami menjelajah tiga provinsi tapi sebenarnya jaraknya hanya sekitar seratusan kilometer saja.

Butuh waktu sekitar tiga jam setengah untuk sampai ke pusat kota Pacitan dari Yogyakarta, ditambah satu jam untuk menuju kembaran Raja Ampat.

Pantai Kasap, Pesona Indah di Pesisir Selatan Jawa

Kembaran Raja Ampat itu bernama Pantai Kasap. Pantai Kasap terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku Pacitan Jawa Timur. Pantai dengan hamparan pasir putih nan halus ini benar-benar mirip dengan Raja Ampat di Papua Barat. Ada beberapa gugusan pulau di sepanjang mata memandang. Apakah Pantai Kasap adalah saudara kembarnya Raja Ampat?

Untuk melihat gugusan pulau indah itu, kalian memang harus mendaki sejenak. Tempat parkir tersedia di dekat dermaga Sungai Cokel. Sebelum mendaki, saya sarankan agar kalian menyusuri Sungai Cokel dulu dengan menaiki perahu nelayan.

Sungai Cokel yang Mirip Sungai Amazon |Foto: Dokumentasi Pribadi
info gambar

Setiap penumpang perahu diwajibkan merogoh kocek sebesar 20 ribu sampai 25 ribu rupiah per orang dengan batas maksimal penumpang sekitar 4-5 orang per perahu. Sungai Cokel mirip dengan Sungai Amazon yang dijadikan objek syuting di film-film laga. Kalian akan disuguhkan pemandangan muara sungai lalu melintasi secuil lautan biru dengan pemandangan pulau-pulau kecil di sekelilingnya, sudah mirip seperti apa yang dilakukan oleh teman saya di Raja Ampat sungguhan.

Setelah berpuas-puas dengan Sungai Cokel, kini waktunya kalian mendaki, bercapai-capai melangkah dulu bersenang-senang kemudian. Hasilnya mini Raja Ampat ada di depan mata. Untuk mengunjungi tempat indah tersebut, kalian hanya perlu merogoh kocek lima ribu rupiah sebagai tiket masuknya.

Jalur Pendakian Menuju View yang Bagus | Foto: Dokumentasi Pribadi
info gambar

Ada ayunan dan gazebo untuk berfoto ria memandang gugusan pulau hijau dan lautan biru sejernih kristal. Bagi introver macam saya, mendengar desiran ombak dari atas bukit dengan pemandangan seindah itu saja sudah sangat menyenangkan. Sebenarnya saya ingin bermeditasi di atas gazebo namun saya tidak mungkin egois karena banyak pengunjung lainnya yang antre untuk masuk ke gazebo.

Kaki terasa gatal, tidak sabar untuk turun dari bukit dan bermain air pantai.

Sampailah saya pada Pantai Bercak, pantai dengan dua batu karang besar di samping kanan dan kirinya. Sekilas Pantai Bercak seperti pantai-pantai eksotis tujuan para turis di gugusan pulau bagian timur Indonesia. Pasir Pantai Bercak sangat halus, airnya sangat bening dan suasana sangat mendukung untuk bersantai-santai sambil menikmati minuman segar. Tiket masuk Pantai Bercak sudah sepaket dengan tiket masuk Pantai Kasap, menang banyak bukan?

Pantai Bercak Berada di Samping Pantai Kasap | Foto: Dokumentasi Pribadi
info gambar

Saya memang belum pernah menginjakkan kaki ke Raja Ampat. Saya mengakui keanekaragaman biota laut dan keindahan Raja Ampat belum ada tandingannya tapi mengunjungi Pantai Kasap yang sering disebut Raja Ampatnya Jawa Timur sudah lebih dari cukup, pergi ke Pantai Kasap saja dulu siapa tahu nanti ke Raja Ampatnya beneran.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini