Kripca, Camilan Kekinian Unik nan Sedap Favorit Anak Muda

Kripca, Camilan Kekinian Unik nan Sedap Favorit Anak Muda
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Camilan merupakan makanan ringan yang bukan merupakan menu utama. Warga Jawa Barat sering memakan camilan, baik saat menonton hingga saat berkumpul bersama dengan teman atau keluarga.

Camilan dari Jawa Barat sangat banyak jenisnya dan beragam rasa juga bentuknya. Akhir-akhir ini terdapat camilan favorit zaman sekarang yang berasal dari Ciamis, Jawa Barat, yaitu Kripca.

Kripca adalah keripik kaca yang merupakan camilan yang memiliki bentuk unik seperti kaca dan memiliki warna bening. Keripik kaca viral di berbagai media sosial, khususnya bagi anak muda zaman sekarang yang sering menggunakan media sosial.

Hal yang membuat keripik kaca viral adalah karena warnanya yang bening, teksturnya garing, dan rasa pedas dengan daun jeruk yang membuat sangat nikmat terutama bagi penikmat pedas. Keripik kaca tidak hanya bisa dinikmati oleh penikmat pedas, karena telah ada keripik kaca yang tidak pedas atau asin.

Keripik kaca dapat memiliki warna bening seperti kaca berasal dari olahan singkong. Singkong merupakan salah satu sumber daya alam yang mudah didapatkan di Indonesia khususnya Jawa Barat dan bisa dijadikan menjadi berbagai jenis makanan. Agar terasa renyah dan garing saat dimakan, kerupuk kaca dijemur terlebih dahulu dibawah sinar panas matahari. Kemudian baru digoreng sebentar dan campurkan dengan bumbu yang sudah diracik.

Camilan viral ini dimakan oleh semua kalangan karena rasanya dan teksturnya yang membuat ketagihan ingin terus memakan. Banyaknya peminat keripik kaca menjadikan produsen pembuat keripik kaca semakin berkembang dan bertambah di Jawa Barat.

Keripik kaca mudah dibuat dan memiliki harga yang murah bagi semua kalangan khususnya anak muda. Membeli keripik kaca sudah sangat mudah, tersedia di penjualan online dan telah banyak dijual di toko camilan. Konsumen yang begitu tinggi menjadi produk keripik kaca telah dikenal di luar provinsi Jawa Barat, sekarang telah banyak yang mencoba dan menikmati keripik kaca di seluruh Indonesia.

Keripik Kaca | Foto: UKM INDONESIA
info gambar

Singkong merupakan sumber daya alam yang tak disangka bisa memberikan banyak keuntungan bagi produsen dan penjual camilan. Menurut UKM Indonesia, hasil dari singkong yaitu keripik kaca telah menguasai nilai penjualan di beberapa marketplace yang ada dibandingkan dengan keripik lainnya.

Sumber daya alam tidak akan ada habisnya, bila bisa digunakan dengan baik dan tetap merawat, menjaga dan membudidayakan. Seperti keripik kaca, merupakan camilan unik yang banyak diminati dan merupakan salah satu ciri khas camilan dari Jawa Barat tetap perlu dilestarikan agar tetap bisa berkembang dan diminati.

Para penjual keripik kaca telah melakukan banyak inovasi agar keripik kaca tetap bisa banyak diminati dan tetap banyak yang membeli. Penjualan dilakukan di berbagai media seperti media sosial hingga e-commerce, harga keripik kaca memiliki banyak varian disesuaikan dengan jumlah yang seusai, rasa yang beragam tidak hanya pedas, dan dengan kemasan yang menarik terutama bagi kalangan anak muda. Target utama pasar dari keripik kaca adalah anak muda, karena banyak anak muda sekarang yang menyukai pedas serta pedas sudah menjadi trend pada camilan atau makanan.

Penjualan keripik kaca telah banyak, dengan adanya norma atau etika pedagang berjualan dengan lapang dada dan meyakini bahwa rezeki telah ada yang mengatur sehingga ketika berjualan tidak ada yang saling merasa tersaingi. Sesama penjual bisa berkomunikasi mengenai keripik kaca terutama untuk saling mengembangkan.

Produsen dan penjual bersikap benar, memiliki kejujuran, dan berintegritas agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen dengan baik. Produsen dana penjual perlu memikirkan bagaimana untuk memenuhi kebutuhan konsumen bisa dengan membudidayakan singkong sehingga sumber daya yang ada tidak akan habis dan penjualan keripik kaca akan semakin mudah diproduksi dan menjadi laris tidak hanya dikalangan anak muda, namun juga orang dewasa.

Kripca atau keripik kaca yang unik dan sedap ini semoga dapat semakin terus berkembang dan menjadi besar sehingga tidak hanya terkenal di Indonesia, namun bisa terkenal di luar negeri. Menjadi salah satu camilan khas yang paling banyak diminati dan semakin terus diminati yang dapat membantu perekonomian.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AM
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini