Pesona Pantai Tersembunyi dan Wisata Edukasi Konservasi Penyu Laut

Pesona Pantai Tersembunyi dan Wisata Edukasi Konservasi Penyu Laut
info gambar utama

Indonesia selalu menyuguhkan pesona alam yang menakjubkan. Pesona Indonesia ini tidak lepas dari kondisi geografis Indonesia. Letak geografis Indonesia membuat Indonesia menjadi negara kepulauan. Dilansir dari website Kementrian Kelautan dan Perikanan tentang Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut atau dikenal dengan nama United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) 1982, memaklumatkan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Dalam UNCLOS 1982 luas wilayah laut Indonesia adalah 54.716 km. Bentangan laut yang luas ini membuat pesona laut Indonesia semakin estetik.

Kebumen merupakan salah satu kota yang berada di daerah selatan Jawa Tengah. Seperti yang diketahui, daerah selatan Pulau Jawa merupakan daerah pesisir pantai yang dikenal dengan pantai selatan. Dikutip dari wikipedia, Kebumen memiliki luas sebesar 158.111, 50 Ha atau 1.581, 11 Km² yang terdiri dari dataran rendah, daerah pantai dan pegunungan.

Bagian Utara Kebumen terbentang pegunungan dan perbukitan kapur dari utara sampai ke selatan yang berujung ke lautan. Bagian selatan Kebumen merupakan pantai dengan Panjang sekitar 53 Km. Kondisi inilah yang menjadikan Kebumen memiliki banyak pesona pantai yang eksotis untuk dinikmati. Seperti Pantai Menganti dengan keindahan hamparan laut yang bisa dinikmati dari atas bukit, Pantai Logending dengan adanya pasar ikan segar yang ditangkap dan dijual langsung oleh nelayan, Pantai Karangbolong dengan keindahan karangnya, Pantai Suwuk dengan keindahan laut yang dipadukan dengan muara sungai yang memisahkannya dengan Pantai Karangbolong, serta banyaknya pantai dengan pesona khasnya masing-masing.

Dari sekian banyaknya pantai tersebut, ternyata ada satu pantai tersembunyi yang tidak banyak orang ketahui. Pantai tersembunyi ini adalah Pantai Kembar Terpadu yang berada di Desa Tambakmulya Kecamatan Puring. Jika menelusur google maps, kawan GNFI akan melihat deretan pantai yang ada di Desa Tambakmulya ini. Dari paling barat dengan Pantai Suwuk, lalu bergeser ke timur ada Pantai Criwik dan berujung di Pantai Kembar Terpadu. Bagi kawan GNFI yang belum memiliki rencana liburan, Pantai Kembar Terpadu dapat dijadikan daftar wisata menjelang libur akhir tahun. Pesona Pantai Kembar Terpadu dapat menyegarkan dan melepaskan kepenatan pikiran. Mari intip pesona Pantai Kembar Terpadu!

1. Asrinya Pemandangan Menuju Pantai Indah Terpadu

dokumentasi pribadi
info gambar

Sebelum memasuki area pantai, kawan GFNI akan disuguhkan dengan pemandangan nan hijau dari persawahan. Hamparan sawah akan memanjakan mata dan menenangkan pikiran. Setelah melewati persawahan, sambutan berikutnya adalah banyaknya pepohonan rindang yang membuat teduh sepanjang perjalanan menuju Pantai Kembar Terpadu. Ketika sampai disana, tidak ada tarif masuk yang dikenakan, hanya membayar parkir Rp 2000,00 sudah dapat menikmati pesona dan keseruan pantai.

2. Teduhnya Pinggir Pantai

dokumentasi pribadi
info gambar

Kalau biasanya pantai identik dengan panas yang menyengat, tidak berlaku di Pantai Kembar Terpadu. Banyaknya pepohonan nan rindang membuat teduh pantai ini. Kawan GNFI juga dapat menggelar karpet atau tikar untuk duduk manis menikmati hamparan laut, angin sepoi-sepoi dan deburan ombak. Masih asri, tenang dan sunyi membawa kedamaian tersendiri untuk memperoleh ketenangan. Hal ini dikarenakan belum banyak yang tahu tentang pantai tersembunyi ini. Meski minimnya informasi tentang Pantai Indah Terpadu dan tidak banyak wisatawan yang datang, masyarakat setempat telah menyediakan fasilitas umum seperti toilet, mushola dan beberapa warung jajanan.

3. Luasnya Hamparan Pasir

dokumentasi pribadi
info gambar

Hamparan pasir yang terbentang akan kawan GFNI nikmati juga disini. Pasir Pantai Kembar Terpadu berwarna coklat seperti pasir pantai pada umumnya. Halusnya pasir, landainya pantai dan jarak yang cukup jauh dari garis pantai ke pepohonan tempat berteduh, membuat hamparan pasir terlihat sangat luas. Bagi yang ingin menelusuri pantai, tersedia pula motor ATV untuk berkeliling dan melewati hamparan pasir.

4. Konservasi Penyu

dokumentasi pribadi
info gambar

Pantai Kembar Terpadu tidak hanya menawarkan nuansa alam yang masih asri. Disini kawan GNFI juga akan dipertemukan dengan tempat konservasi penyu. Jadi tidak hanya sekedar wisata biasa tapi juga edukasi tentang penyu pun dapat diperoleh. Terdapat beberapa jenis penyu yang ada disini untuk kemudian dikembangbiakkan. Seperti yang diketahui, penyu merupakan hewan yang hampir punah jika tidak dilindungi dan dilestarikan.

dokumentasi pribadi
info gambar

Lokasi pantai yang landai di Pantai Kembar Terpadu ini memudahkan anak penyu untuk dilepaskan ke lautan. Proses pelepasan anak penyupun tidak asal, anak penyu akan dilepaskan ketika sudah memasuki umur 3 sampai 5 bulan. Anak penyu akan dilepaskan di daratan untuk kemudian mereka berjalan dan berenang sendiri menuju lautan.

5. Pesona Senja

dokumentasi pribadi
info gambar

Memasuki sore hari, kawan GNFI akan dapat menikmati pesona sore yang hangat nan indah. Warna jingga dan matahari terbenam membuat suasana semakin menakjubkan. Deburan ombak yang perlahan mulai tenang menambah hikmat suasana senja di pantai ini.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SL
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini