4 Tempat Wisata Terbaik di Palembang, Bermain Sekaligus Belajar!

4 Tempat Wisata Terbaik di Palembang, Bermain Sekaligus Belajar!
info gambar utama

WritingChallengeKawanGNFI

CeritaDariKawan

NegeriKolaborasi

MakinTahuIndonesia

Kawan GNFI pasti ingin tahu kan, 4 wisata terbaik di Palembang apa saja? Sebelum itu, kita akan membahas tentang Kota Palembang terlebih dahulu!

Kota Palembang adalah ibu kota dari Provinsi Sumatra Selatan yang menjadi pusat pemerintahan sekaligus pusat perekonomian. Kota ini terkenal bukan hanya karena makanannya, tapi juga dengan wisata, sosok inspiratif, dan budaya adatnya. Di sub-tema kali ini, kita akan membahas 4 wisata terbaik di Palembang yang Kawan GNFI tidak boleh lewatkan ketika berkunjung!

13 Wisata Sulawesi Utara: Destinasi Alam Menakjubkan yang Manjakan Wisatawan

1.Taman Kambang Iwak Besak

Tempat ini biasa juga disebut sebagai KI Park. Siapa yang mau melewatkan berkunjung ke taman ini? Taman ini menjadi taman yang populer di Palembang, dan danaunya memiliki ikan-ikan yang terlindungi. Siapapun yang melanggar akan dikenakan sanksi berupa membayar denda. Taman Kambang Iwak berada di Jl. Tasik, Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang.

Meskipun begitu, taman ini tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk membeli tiket. Berikut ini adalah fasilitas yang tersedia di KI Park, yaitu tempat parkir, tempat duduk, area bermain anak, akses wifi gratis, toilet umum, kran air yang dapat diminum langsung serta tidak lupa dengan gazebo. Jam operasionalnya adalah 24 jam dalam sehari, dan 7 hari dalam seminggu.

Awalnya danau ini berfungsi sebagai pemanis area taman, dan untuk menampung hujan yang turun. Kini taman ini dipercantik dengan adanya air mancur yang dapat menyala ketika malam tiba. Kawan GNFI pasti akan bersemangat untuk melakukan aktivitas seperti berjalan santai, berkumpul dengan teman-teman jika dapat ke sini!

2. Jembatan Ampera

Tentunya jembatan ini sangat populer dan menjadi ikon Kota Palembang. Jembatan ini terletak di Jalan Lintas Sumatra, Kecamatan Seberang Ulu I, Palembang. Jembatan Ampera menjadi jembatan terpanjang di asia tenggara dengan panjang lebih dari 1000 meter, lebar 22 meter, dan tinggi 63 meter.

Ampera sangat indah di saat malam, karena cahaya yang dihiasi akan menyala dengan terang. Jembatan ini pernah dipasang dua jam analog pada tahun 2018 untuk pelaksanaan Asian Games 2018. Adakah Kawan GNFI yang tertarik untuk berkunjung ke Jembatan ini?

3. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak merupakan tempat wisata dengan bangunan sejarah yang terletak di tepian Sungai Musi. Benteng ini terletak di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Palembang. Tiket untuk memasuki benteng ini seharga Rp. 5.000. Benteng Kuto Besak didirikan pada tahun 1724-1758 dengan masa pemerintahan Sultan Mahmud Badaruddin dan diselesaikan oleh penerusnya yaitu Sultan Muhammad Bahauddin yang memerintah pada tahun 1776-1803.

Fasilitas BKB mempunyai penyewaan perahu untuk berwisata, para pedagang makanan, dan tempat untuk duduk. Sobat GNFI pasti akan senang jika bisa kesini, karena melihat bangunan bersejarah beserta menikmati makanan khas palembang yang enak sambil duduk menikmati pemandangan!

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Solo Paling Legend Dulu hingga Kini

4. Museum Balaputra Dewa

Tempat bersejarah yang Kawan GNFI bisa pelajari sekaligus sebagai hiburan adalah Museum Balaputra Dewa. Alasanya karena museum ini menyimpan koleksi zaman bersejarah seperti zaman pra-sejarah, zaman Kerajaan Sriwijaya, zaman kesultanan palembang, dan zaman kolonialisme Belanda.

Pengunjung dapat melihat koleksi arca yang berasal dri zaman megalitikum dan pengetahuan serta informasi tentang Kerajaan Sriwijaya. Tentunya museum ini mengandung ilmu yang bersejarah. Ada pula Rumah Limas dijadikan gambar di uang lama Rp. 10.000. Sobat GNFI ada yang sudah sadar atau baru mengetahuinya?

Juga, untuk memasuki museum ini kita harus membayar tiket masuk Rp. 2.000 bagi orang dewasa, dan Rp. 1.000 bagi anak-anak. Menurut GNFI, museum ini cocok dijadikan tempat berkunjung mempelajari ilmu sejarah tidak?

Setelah mengenali 4 wisata terbaik di Palembang, kira-kira yang mana wisata yang menjadi favorit bagi sobat? Nah, kita sudah mengenali sekaligus mempelajari tentang wisata Palembang! Mengenali sesuatu dan mempelajari dari suatu daerah itu memang mengasyikkan. Apalagi jika kita dapat berkunjung dengan melihat budaya, wisata, makanan, adat khas dari daerah tersebut!

Di Kawasan ini, Pantai dan Kebun Binatang Berpadu

Sampaikan pendapat Kawan GNFI dari 4 wisata tersebut, dan sebutkan wisata apa saja yang menjadi favorit bagi kalian. Keseruan mengunjungi destinasi liburan seperti ini sangatlah banyak!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

TH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini