Mengenal Istana Peninggalan Kesultanan Ternate dan Tidore yang Ada di Maluku

Mengenal Istana Peninggalan Kesultanan Ternate dan Tidore yang Ada di Maluku
info gambar utama

Bicara soal istana peninggalan kerajaan, tentu Indonesia punya banyak sekali bangunan-bangunan yang menjadi singgasana bagi raja sekaligus representasi dari suatu kerajaan tersebut.

Bagaimana tidak? Hal ini tentu sesuai dengan latar belakang bangsa ini yang dulunya memang terdiri atas berbagai kerajaan yang berbeda di setiap wilayahnya sebelum bergabung menjadi satu sebagai NKRI.

Mengenai istana kerajaan, mungkin yang familiar di telinga banyak orang adalah istana-istana atau keraton yang ada di Jawa saja.

Namun, tentunya Indonesia tidak cuma Jawa. Masih banyak lagi keraton peninggalan kerajaan tersebut, termasuk di Maluku yang punya latar belakang dan kisah sejarah yang menarik.

Mengenal 5 Istana Kerajaan yang Ada di Kalimantan

Kadato Kie

commons.wikimedia.org
info gambar

Pertama adalah istana yang juga terkenal sebagai Kedaton Tidore. Sesuai dengan namanya, istana ini merupakan peninggalan dari Kesultanan Tidore yang sempat memiliki kekuasaan yang cukup diperhitungkan di daerah Maluku. Lokasi kedaton ini ada di Jl. Ahmad Yani, Soa Sio.

Istana ini dibangun sekitar tahun 1810 atas inisiasi dari Sultan Tidore ke-28 yang bernama Muhammad Tahir Muijuddin. Ada pula yang menyebutkan kalau kedaton ini didirikan pada 1812.

Bangunan yang memiliki pemandangan ke laut lepas ini sendiri dirancang oleh sang sultan yang sebelumnya memang memiliki keahlian sebagai arsitek sekaligus seniman. Proses pembangunannya juga melibatkan warga sekitar dengan material khas yang ada di tanah Tidore.

Pada tahun 1912, ada sebuah konflik internal kerajaan yang membuat bangunan kedaton hancur. Sekarang, bangunan dengan status cagar budaya sudah direstorasi sesuai dengan bentuk aslinya dan bisa dikunjungi oleh masyarakat umum.

Mengenal Istana Kerajaan yang Ada di NTB dan NTT

Kedaton Ternate

indonesiakaya.com
info gambar

Kesultanan besar lainnya yang juga berkuasa di wilayah Maluku adalah Kesultanan Ternate. Nama Ternate sendiri tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang, namun memang masih banyak yang belum memahami lebih dalam mengenal riwayat dan peninggalannya sebagai salah satu kesultanan tertua di Indonesia.

Peninggalan dari kerajaan tersebut yang kini masih berdiri adalah istana kerajaannya yang bernama Kedaton Ternate. Lokasinya ada di Salero, Kecamatan Ternate Utara.

Pembangunan kedaton ini dimulai pada tahun 1813 oleh Sultan Muhammad Ali. Sama seperti kedaton dari Kesultanan Tidore sebelumnya, Kedaton Ternate ini juga memiliki pemandangan ke laut lepas.

Selain itu, posisi kedaton ini membelakangi Gunung Gamalama membuatnya memiliki pemandangan yang menakjubkan. Siluet bangunan ini seakan menggambarkan singa yang sedang duduk

Kini, Kedaton Ternate masih digunakan sebagai tempat tinggal dari keluarga keturunan dari Kesultanan Ternate. Selain itu tempat ini juga berfungsi sebagai museum yang menyimpan peninggalan kesultanan tersebut.

Selain dari kelima daftar tersebut, masih ada lagi berbagai istana peninggalan kerajaan zaman dulu yang kini masih berdiri maupun sudah hanya tinggal jejaknya saja di Sulawesi.

Selain sebagai sebuah peninggalan sejarah, istana-istana tersebut juga bisa Anda kunjungi sebagai tujuan wisata maupun dengan tujuan edukasi dengan napak tilas sejarah nusantara yang dulunya terpecah di setiap wilayahnya dan kini menjadi satu kesatuan.

6 Alasan Orang Maluku Utara Dinilai Paling Bahagia di Indonesia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

MM
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini