10 Wisata Pantai Makassar yang Wajib untuk Dikunjungi

10 Wisata Pantai Makassar yang Wajib untuk Dikunjungi
info gambar utama

Berkunjung ke Makassar tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati wisata alamnya yang sangat elok dan memukau salah satunya adalah wisata pantai Makassar. Mengapa? Karena Makassar merupakan salah satu surganya wisata pantai yang memiliki pemandangan yang sangat memesona, terlebih saat senja tiba.

Nah, bagi Anda yang akan berkunjung ke Makassar, tentu wajib untuk mengunjungi beberapa wisata pantai Makassar berikut di antaranya:

1. Pantai Losari Makassar

Foto: itrip.id
info gambar

Wisata pantai Makassar yang pertama dan wajib untuk Anda kunjungi adalah Pantai Losari yang merupakan ikon wisata yang populer di Makassar. Di pantai ini Anda akan mengetahui sejarah mengenai Makassar melalui anjungan-anjungannya. Keelokan Pantai Losari Makassar lebih terasa saat matahari terbenam. Tidak ada biaya masuk untuk menikmati Pantai Losari, bahkan Anda dapat menikmati internet gratis di sini.

Pantai ini terletak di Jalan Pengibur, Sebelah Barat Kota Makassar. Karena berlokasi di pusat kota, Anda dapat menikmati keindahan Pantai Losari kapan saja. Sambil menikmati makanan khas Makassar.

2. Pantai Bosowa Makassar

Foto: Instagram/than_must_eko
info gambar

Banyak yang mengatakan bahwa wisata pantai Makassar memiliki keindahan yang sama seperti wisata pantai di Bali, salah satunya adalah Pantai Bosowa. Pantai ini terletak di Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar atau bertepatan di depan Mall GTC Makassar.

Pantai ini dikelola oleh salah satu perusahaan besar di Makassar ini, karena memiliki keindahan alamnya yang sangat elok dengan dikelilingi pohon rindang dan beberapa tempat bersantai membuat Pantai Bosowa cukup viral di media sosial.

3. Pantai Akkarena

Pantai ini dahulu bernama Tanjung Bunga, lalu oleh PT. Gowa Makassar Tourism Development diubah menjadi Pantai Akkarena Makassar di tahun 1998. Pantai cantik ini memiliki spot unik yakni "Dermaga Cinta" yang cocok untuk menikmati suasana laut sambil hunting foto-foto estetik. Selain menikmati sunset dan bersantai, Anda bisa menjajal wahana air, wisata kuliner, dan memancing di tempat wisata ini.

4. Pantai Kuri Indah

Foto: celebesmedia.id
info gambar

Berikutnya, wisata pantai Makassar yang wajib untuk Anda kunjungi adalah Pantai Kuri Indah dengan hutan mangrove yang berada di sekitaran pantai. Tentu dengan adanya hutan mangrove ini, berguna untuk mencegah air laut pasang terlalu tinggi.

Pantai Kuri Indah ini berada di Jalan Pattene Sudiang, Makassar. Tidak ada biaya tiket masuk bagi Anda yang akan berkunjung, jadi jangan lupa untuk mengajak keluarga untuk bersantai dan menikmati pemandangan pantai yang indah.

5. Pulau Kayangan

Foto: backpackerjakarta.com
info gambar

Beralih ke pulau untuk menikmati wisata pantai Makassar, merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni. Pulau ini memiliki pasir putih yang jernih dengan pemandangannya yang masih sangat asri. Bagi Anda yang ingin menikmati wisata bahari ke pulau ini, bisa dengan menyewa kapal motor dari dermaga membutuhkan biaya Rp. 20.000 per orang. Lokasinya ada di Pulau Kayangan, Ujung Pandang.

6. Pantai Tanjung Bayang

PANTAI TANJUNG BAYANG
info gambar

Pantai Tanjung Bayang Makassar merupakan salah satu pantai pilihan wisatawan. Pantai ini berlokasi di Kelurahan Barombong, Kec. Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan. Di sini Anda bisa menikmati duduk bersandar menatap ombak di atas gazebo nyaman dari bambu sembari menikmati deburan ombak yang tak terlalu keras serta hembusan angin sepoi-sepoi. Selain itu, pantai ini juga cocok untuk hunting fotografi karena pantai yang berada di Selat Makassar bagian barat ini memiliki posisi yang tepat untuk melihat sunset yang penuh dan cantik.

7. Pantai Galesong

Foto: celebes.co
info gambar

Pantai Gelasong, merupakan salah satu wisata Pantai Makassar yang tidak boleh untuk Anda lewatkan. Selain memiliki hamparan pasir yang sangat luas dan air laut yang jernih, Anda dapat menikmati berbagai permainan dan olahraga air seperti banana boat, jet sky, naik ATV, skuter, kapal berlayar dan lainnya di sini. Tentu sangat seru dan menyenangkan, menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Pantai ini terletak di Desa Tamalate, Kecamatan galesong Utara, Kabupaten Takalar.

8. Pantai Biru Makassar

pantai biru
info gambar

Pantai Biru Makassar memiliki panorama matahari terbenam yang begitu indah. Kecantikan pantai ini lebih dikenal dengan warna biru pantainya yang menampilkan ilustrasi gradasi kebiruan dari cerah ke gelap. Anda juga bisa menikmati berjalan-jalan di pesisir pantai dengan nyaman karena pantai ini terkenal akan kebersihannya.

9. Pantai Tanjung Layar Putih

Foto: atourin.com
info gambar

Wisata pantai Makassar satu ini menyuguhkan panorama alam yang sangat memukau, mulai dari perbukitan, jajaran pepohonan, telaga hingga pantai yang sangat indah. Anda akan di manjakan dengan keindahan matahari tenggalam di tengal lautan. Akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan jika Anda berkunjung ke sini.

Pantai Tanjung Layar Putih, berada di Tanjung Merdeka, Tamalate, Makassar.

10. Pulau Kodingareng Keke

Foto: atourin.com/hendra_s_s
info gambar

Wisata pantai Makassar ini berada di sebelah utara pulau Kodingaren Lompo, bagi Anda yang ingin ke sini harus menggunakan kapal motor dan perahu dari Pantai Losari untuk sampai ke sini. Pulai Kondingareng Keke merupakan salah satu pulau yang tak berpenghuni, namun memiliki pemandangan alam yang sangat memesona.

Wisata pantai Makassar mana nih yang akan menjadi tujuan utama Anda saat berkunjung ke Makassar?

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini