Awas Macet! Kunjungan 5 Destinasi Wisata ini Diprediksi Membeludak Saat Libur Nataru

Awas Macet! Kunjungan 5 Destinasi Wisata ini Diprediksi Membeludak Saat Libur Nataru
info gambar utama

Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), kunjungan wisatawan ke sejumlah tempat diprediksi akan membeludak. PT Jasa Marga (Persero) Tbk bahkan telah memperkirakan bahwa puncak arus mudik Natal 2022 akan terjadi pada 23 Desember, sedangkan mudik tahun baru 2023 akan mencapai puncaknya pada 30 Desember, dikutip dari Tempo.co. Situasi ini berpotensi menimbulkan kemacetan parah.

Pada momen liburan kali ini, tak ada lagi larangan atau pembatasan. Semua orang bebas bertamasya ke mana saja. Hal ini tentu akan dimanfaatkan oleh mayoritas keluarga Indonesia untuk mudik ke kampung halaman atau pergi ke tempat rekreasi.

Bagi Anda yang ingin bepergian selama libur Nataru, pastikan akses menuju tempat yang ingin Anda kunjungi tidak mengalami kemacetan akibat kepadatan pengunjung. Berikut ini Good News From Indonesia telah merangkum 5 destinasi yang diprediksi bakal membeludak selama libur Nataru.

1. Pangandaran

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat memprediksi kunjungan wisata ke Pantai Pangandaran akan membeludak saat libur Nataru 2023. Kepadatan diperkirakan bisa melonjak hingga 150 persen, lebih besar dibandingkan libur Idul Fitri.

"Perhitungan tahun kemarin saja kurang lebih 6-7 juta (Wisatawan), dan untuk di akhir tahun ini bisa berlipat-lipat, bisa mencapai 12-18 juta untuk destinasi wisata di Jabar," tutur Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar di Jalan Braga, Kota Bandung, Senin (21/11/2022), dikutip dari IDN Times.

Di samping itu, wilayah lainnya di Jawa Barat juga akan dipadati wisatawan, di antaranya: Lembang, Ciwidey, dan Puncak Bogor.

Menurut Benny, pihak Disparbud sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk melaksanakan pemantauan. Pengunjung juga diminta menjaga ketertiban selama berada di Jawa Barat.

Cerita Baju Baru dan Pohon Pisang dalam Perayaan Natal di Tanah Priangan

2. Yogyakarta

Sejumlah destinasi wisata unggulan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diperkirakan akan kebanjiran turis domestik dan internasional hingga puncak Natal dan Tahun Baru mendatang. Penumpukan wisatawan berpotensi akan memadati kawasan Malioboro, Stasiun Tugu, dan beberapa tempat rekreasi lainnya.

Lebih dari 4 juta orang diperkirakan akan memasuki Jogja. Untuk mengurai kemacetan akibat kepadatan tersebut, Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti akan menerapkan peraturan pembatasan kapasitas dan jumlah kendaraan yang masuk ke lokasi wisata. Para pengelola juga diminta untuk melakukan antisipasi terhadap lonjakan pengunjung.

Tak hanya pembatasan, tim kepolisian DIY juga akan turun tangan melakukan pengawasan di berbagai titik keramaian selama libur Nataru. Mengutip Republika, kepolisian telah menyiapkan strategi rekayasa lalu lintas, termasuk enam jalur alternatif mulai dari arah Tempel, Kulonprogo, dan Prambanan.

3. Bali

Sejumlah destinasi wisata Bali, seperti Pantai Kuta, Nusa Dua, dan Ubud sepertinya akan sangat ramai pada libur Nataru 2023. Sampai saat ini kepadatan diprediksi didominasi oleh turis domestik. Namun, tak menutup kemungkinan, lonjakan wisatawan mancanegara akan terjadi pada puncak Nataru mengingat pariwisata Bali telah normal kembali.

Kawasan Nusa Penida termasuk yang diprediksi akan dipadati pelancong. Maka dari itu, pemerintah setempat akan menyediakan kantong parkir untuk antisipasi pembeludakan.

Mendekati puncak arus mudik Nataru, tak hanya kunjungan wisata, jumlah penyeberangan ke Bali juga akan mengalami peningkatan secara dr

4. Sabang

Kota Sabang yang berada di ujung barat Sumatra juga diprediksi akan mengalami lonjakan pengunjung pada perayaan Nataru. Fitri Suryadi selaku Kepala Tata Usaha Ulee Lheuh menyatakan, peningkatan jumlah wisatawan dari berbagai daerah akan dimulai pekan depan.

Menurut prediksi Suryadi, penumpang kapal akan meningkat jumlahnya hingga dua kali lipat, bahkan bisa mencapai lebih dari 3.500 penumpang untuk setiap kapal.

Kepadatan wisatawan di Sabang sepertinya sudah tampak dari peningkatan pesanan kamar. Beberapa penginapan bahkan sudah penuh. Para calon wisatawan ini telah memesan kamar setidaknya dari satu bulan yang lalu untuk menghindari kehabisan kuota.

Dinas Perhubungan Aceh bersama kepolisian juga berencana akan menerapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan selama libur Nataru.

5. Candi Borobudur

Kepadatan pengunjung di Candi Borobudur telah terjadi selama beberapa pekan ini, bahkan sebelum hari libur Nataru. Jumlah wisatawan diprediksi akan terus bertambah sampai akhir tahun 2022.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Candi Borobudur menampung paling sedikit 50.000 pengunjung setiap momen libur Nataru. Hal serupa diprediksi akan terjadi lagi pada beberapa pekan ke depan sampai akhir tahun.

Nah, itu dia 5 destinasi wisata di Indonesia yang diprediksi akan membeludak pada momen libur Nataru tahun ini. Untuk Anda yang tetap ingin berkunjung ke tempat-tempat tersebut, berhati-hatilah dan tetap waspada. Keselamatan dan kenyamanan Anda bersama keluarga tentu hal yang utama.

Marbinda, Tradisi Perayaan Natal Khas Masyarakat Batak Toba

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini