Explore 12 Pantai di Makassar yang Cantik dan Memanjakan Mata

Explore 12 Pantai di Makassar yang Cantik dan Memanjakan Mata
info gambar utama

Masih tentang pantai di Makassar, memang garis pantai di kawasan Sulawesi Selatan ini terbilang panjang dan memiliki pantai-pantai dengan panorama alam yang sangat cantik dan memanjakan mata. Pantai di Makassar tidak kalah seksi dengan pantai-pantai di tanah air lainnya, pantai di Makassar akan memberikan kesan yang membekas bagi para wisatawan yang berkunjung ke sini.

Bagi Anda yang akan berkunjung ke Makassar, yuk coba eksplore beberapa pantai di Makassar berikut bersama keluarga ataupun kerabat di antaranya:

Pantai Losari

Foto: blibli.com
info gambar

Pantai di Makassar ini memang tidak boleh Anda lewatkan keindahan dan keunikannya, Pantai Losari merupakan salah satu ikon yang dibanggakan oleh masyarakat Makassar. Anda boleh kapan saja untuk berkunjung ke pantai ini, karena keberadaannya yang tidak jauh dari pusat kota Makassar.

Pantai ini tidak memiliki hamparan pasir yang luas, namun bagian tepi pantai terdapat beton sebagai penghalang air laut. Di sini Anda dapat menikmati wifi 24 jam secara gratis, sambil menikmati keindahan pantai dan wisata kulinernya yang khas dan enak.

Pantai Pasir Putih Pulau Samalona

Foto: lagiseru.com/yudhii_95
info gambar

Pantai di Makassar satu ini cocok untuk Anda yang senang melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut. Karena Pantai Pasir Putih Pulau Samalona ini, selain memiliki pasir putih yang mengelilingi pulau juga memiliki keindahan terumbu karang yang sangat memukau.

Meski pulau ini terbilang kecil, namun Pantai Pasir Putih Pulau Samalona banyak dikunjungi para wisatawan karena menjadi salah satu pulau yang paling populer diantara pulau-pulau lain di gugusan Kepulauan Spermonde.

Pantai Tanjung Bira

Foto: celebes.co
info gambar

Kecantikannya yang sangat memukau Pantai Tanjung Bira menjadi salah satu pantai Makassar yang dikagumi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Selain menikmati keindahan alamnya yang damai, di sini Anda dapat melakukan beberapa aktivitas seperti snorkeling, berenang dan berjemur.

Untuk sampai ke Pantai Tanjung Bira, Anda harus berkendara sejauh kurang lebih 200 kilometer dari kota Makassar.

Pulau Lanjukang

Foto : Humas Pemprov Sulsel
info gambar

Masih tentang keindahan bawah laut, Pulau Lanjukang bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang gemar melakukan aktivitas snorkeling dan diving. Pantai Makassar satu ini merupakan pulau terluar Makassar yang wajib untuk Anda kunjungi.

Pohon kelapa yang tumbuh subur di pulau ini akan membuat suasana menjadi semakin asri saat menikmati keindahan alamnya. Untuk sampai di sini, Anda dapat menaiki kapal penyeberangan reguler dari Pelabuhan Paotere, Makassar dengan jarak tempuh perjalanan selama kurang lebih tiga jam di atas perairan gugusan Spermonde.

Pantai Pasir Putih Pulau Lae Lae

Foto: celebes.co
info gambar

Keeksotisan Pantai Makassar satu ini memang bisa diacungi jempol, Pantai Pasir Putih Pulau Lae-Lae ini berada dalam lingkungan Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan dengan luas 0,04 km² dan dihuni oleh 420 keluarga atau sekitar 1780 jiwa. Pulau ini memiliki deretan pohon kering dengan pasir putih serta pemandangan sunset yang sangat menawan.

Di sini Anda dapat bisa menemui peninggalan sejarah seperti terowongan yang katanya berhubungan dengan benteng Fort Rotterdam serta batu pemecah ombak berbentuk segitiga. Selain itu, tempat ini juga dapat melakukan aktivitas snorkeling dan diving. Untuk sampai di Pantai Pasir Putih Pulau Lae Lae, Anda bisa menyeberang di beberapa tempat penyebrangan yaitu Dermaga Panyua, Dermaga Kayu Bangkoa dan Pelabuhan Paoetere.

Pantai Barombong

Foto: panduanwisata.id
info gambar

Pantai Makassar satu ini berada di Kecamatan Tamalate yang letaknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Makassar. Di sini Anda dapat melakukan beberapa kegiatan menarik seperti berenang, bermain jet sky, berlayar, dan berjemur dibawah teriknya sinar matahari. Bukan hanya itu, Anda juga dapat menikmati berbagai hidangan makanan dan berburu olahan seafood yang dijajakan oleh warga sekitar Pantai Barombong.

Pantai Galesong

foto: phinemo.com
info gambar

Tak jauh dari Kota Makassar, Pantai Gelasong dapat ditempuh selama 30 menit dari pusat Kota Makassar. Pantai Makassar ini terletak di Kabupaten Takalar, yaitu berada di Dusun Sampulungan, Desa Sampulungan, Kecamatan Galesong Utara.

Pantai ini cocok dikunjungi bersama keluarga dan kerabat, karena memiliki fasilitas yang cukup baik. Terdapat kolam renang yang juga bisa Anda gunakan serta beberapa gazebo sebagai tempat santai sambil menikmati keindahan alam yang sangat menarik.

Pulau Kodingareng Keke

Foto: republika.co.id
info gambar

Hamparan laut biru yang luas dan jernih dengan pasir putih yang sangat memesona, Pulau Kodingareng Keke bisa menjadi destinasi pantai Makassar terbaik bagi Anda yang ingin menenangkan diri sejenak. Karena keelokannya yang sangat memukau, pulau ini dikenal sebagai surga tersembunyi di Makassar.

Anda dapat melakukan aktivitas menyelam dan mengunjungi museum bawah laut yang selalu disinggahi oleh penggemar diving. Untuk sampai ke pantai Makassar ini, Anda dapat menyewa perahu motor di depan Benteng Ujung Pandang sekitaran Pantai Losari dengan jarak tempuh sekitar 40 menit.

Pulau Langkadea

Foto: celebes.co
info gambar

Aksesnya yang yang cukup jauh, membuat pantai Makassar satu ini jarang dijamah para wisatawan. Namun, saat berkunjung ke Pulau Langkadea ini akan membuat Anda merasakan memiliki pulau sendiri loh! Meski tidak begitu luas, Anda dapat menikmati keindahan pantai dengan menginap di sini.

Tentu, keindahan sunset dan sunrisenya tidak diragukan lagi. Anda bisa sampai ke sini dengan menggunakan perahu penumpang tujuan pulau Bontosua di Pelabuhan Paotere, Makassar sekitar pukul 08.00 pagi di pelabuhan Paotere, dan berangkat sekitar jam 11.30 siang menuju pulau.

Pantai Akkarena

Foto: disbudpar.sulselprov.go.id
info gambar

Ingin menikmati keindahan pantai Makassar yang berada tidak jauh dari pusat kota? Pantai Akkarena bisa menjadi destinasi keluarga yang wajib untuk Anda kunjungi. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang sangat populer untuk masyarakat Makassar ataupun luar Makassar.

Untuk keindahan pantai jangan diragukan lagi, Pantai Akkarena memiliki pesona yang sangat memukau sehingga membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi. Wisata pantai putih ini berada di Jl Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka.

Pantai Gusung Indah

Foto: celebes.co
info gambar

Satu lagi pantai Makassar yang akan membuat Anda terpukau akan keelokan alamnya, yaitu Pantai Gusung Indah yang berada di Pulau Gusung yaitu berada sekitar 1,6 km dari pelabuhan Makassar tepatnya di Jl. Rustam Massa, Desa Bontosunggu, Galesong Utara, Takalar.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dengan air laut biru yang membentang luas. Anda dapat melakukan beberapa kegiatan di sini selain menikmati sunsetnya, yaitu berenang serta memancing.

Pantai Tanjung Layar Putih

Foto: atourin.com
info gambar

Pantai Makassar ini akan membuat Anda terpukau dengan keindahannya, bukan hanya pantai di sini Anda juga akan disuguhkan dengan perbukitan dan deretan pohon serta telaga. Meski kurang dilirik wisatawan, pantai ini akan membuat Anda terpesona dengan pasir putih hingga matahari tenggelam di tengah lautan.

Pantai Tanjung Layar Putih ini berada di Tanjung Merdeka, Tamalate, Makassar. Anda dapat menyewa gazebo atau pondok kecil untuk bersantai menikmati angin yang berhembus di pantai ini.

Cukup banyak pantai Makassar yang cantik dan memanjakan mata bisa untuk Anda kunjungi saat berlibur ke Makassar bersama keluarga. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan destinasi yang tepat di Makassar.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

Terima kasih telah membaca sampai di sini