8 Oleh-Oleh Khas Bali yang Wajib Dibawa Pulang Saat Liburan di Pulau Dewata

8 Oleh-Oleh Khas Bali yang Wajib Dibawa Pulang Saat Liburan di Pulau Dewata
info gambar utama

Berkunjung ke Pulau Dewata? Tak lengkap rasanya jalan-jalan tanpa membawa buah tangan. Bali tak hanya dikenal dengan surga wisata, tetapi juga surga oleh-oleh yang disukai para pelancong dari dalam maupun luar negeri.

Berikut ini 8 oleh-oleh khas Bali yang cocok untuk keluarga maupun teman-teman Anda.

1. Pia Eiji

oleh oleh bali
info gambar

Jajanan favorit yang dapat dijadikan oleh-oleh khas Bali saat liburan ke Pulau Dewata adalah pia eiji. Makanan ini tersedia tiga rasa, rasa coklat, kacang hijau, dan keju. Pia eiji dibuat tanpa bahan pengawet, sehingga membuat makanan ini tidak dapat bertahan lama dan harus segera dihabiskan. Rasa yang menjadi favorit adalah rasa coklat, karena rasanya yang tidak terlalu manis dan lumer saat disantap. Jika ingin membeli Pia ini dengan jumlah banyak, sebaiknya memesan terlebih dahulu sehari sebelumnya.

2. Hot Mama Sambal

sambal oleh-oleh bali

Makanan khas Bali yang kedua adalah hot mama sambal. Sambal ini memiliki banyak varian rasa, salah satunya adalah sambal bongkot yang hampir sama dengan sambal matah. Campuran yang digunakan pada sambal ini adalah kecombrang, bawang putih, dan cabai. Selain varian sambal bongkot, ada juga sambal ebi, sambal bawang, dan sambal roa. Sambal ini dikemas dalam pouch atau botol kaca.

3. Batu Batu Bali

oleh oleh bali

Selanjutnya, selain makanan, terdapat juga barang antik yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh Khas Bali. Salah satunya adalah toko Batu Batu Bali. Di toko ini dapat dijumpai batu-batu pilihan yang berasal dari Indonesia atau yang diimpor dari luar negeri. Batu Green Opal merupakan salah satu batu yang dipercaya memiliki manfaat untuk Kesehatan. Selain Green Opal, terdapat juga batu air yang di dalam bebatuannya terdapat gelembung udara dan air.

#4 Burat Wangi

oleh oleh bali

Selain makanan dan barang antik Khas Bali, sabun juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bali saat berkunjung. Sabun Burat Wangi ini terbuat dari bahan ekstrak kelapa yang membuat kulit menjadi lembab dan lembut. Sabun ini memiliki beberapa varian diantaranya, jeruk, madu dan frangipani. Selain hanya membeli sabun ini, di toko ini juga bisa melihat langsung cara pembuatannya.

5. Ubud Raw Chocolate Factory

oleh oleh bali

Tempat yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Bali, adalah Ubud Raw Chocolate Factory. Di tempat ini bisa menikmati seduhan coklat panas. Selain itu juga tersedia aneka jenis coklat yang dapat dijadikan oleh-oleh. Untuk coklat batang tersedia rasa Raisin dan Cashew serta Mint dan Goji Berry. Selain tersedia coklat batang, juga tersedia bubuk coklat dan selai. Olahan coklat ini menggunakan bahan berkualitas yang mengandung antioksidan 4 kali lebih banyak sehingga berbeda dengan coklat pada umumnya.

Baca juga: 10 Makanan khas NTB Paling Favorit

6. Djamoekoe

oleh oleh bali

Di Bali, juga bisa menikmati minuman jamu dan kombucha. Minuman jamu ini dikemas dalam botol dan diberikan label yang berwarna-warni. Minuman jamu ini memiliki banyak varian rasa, di antaranya Coco Leo, Coco Detox, Mr Turbo, dan Kunyit Asam. Selain tersedia jamu, terdapat juga aneka pajangan, serta menyediakan waxing kit yang menggunakan bahan alami sehingga dapat mencegah iritasi.

7. Pie Susu

oleh oleh bali

Oleh-oleh Khas Bali yang sangat terkenal adalah pie susu. salah satu toko pie susu yang terkenal adalah Pie Susu Enaaak. pembuatan Pie Susu di toko ini setiap harinya selalu baru dan tanpa dicampur dengan bahan pengawet. Tekstur dari pie susu ini lembut, manis, dan renyah.

8. Kacang Disko

oleh oleh bali

Terakhir, adalah oleh-oleh kacang Disko. Sebelum kacang-kacang tersebut dimasak, dicampur terlebih dahulu dengan tepung dan setelah itu diaduk di atas wajan penggorengan. Sehingga kacang ini disebut dengan kacang Disko. Kacang ini memiliki berbagai varian rasa, mulai dari rasa pedas, BBQ, keju, dan juga rasa ayam. Oleh-oleh kacang Disko ini bisa ditemui di berbagai toko di Bali.

Baca juga: 7 Makanan Khas Lombok yang Wajib Dicoba Food Hunter

Sumber:
https://indonesia.tripcanvas.co/id/bali/oleh-oleh-spesial-khas/

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini