Ciamiknya Kickboxing Indonesia: Berprestasi di Asia, Langsung Sambut SEA Games di Kamboja

Ciamiknya Kickboxing Indonesia: Berprestasi di Asia, Langsung Sambut SEA Games di Kamboja
info gambar utama

Olahraga kickboxing menyumbangkan prestasi gemilang bagi Indonesia. Kali ini, prestasi datang dari Kejuaraan Asia 2022.

Tim kickboxing Indonesia ambil bagian dalam Kejuaraan Asia 2022. Ajang tersebut digelar di Bangkok, Thailand, pada 10-18 Desember lalu.

Persaingan di Kejuaraan Asia 2022 tentu saja sangat ketat. Maklum saja, pesertanya berasal dari berbagai penjuru Asia. Kendati demikian, hal itu tidak menghalangi tim kickboxing Indonesia untuk meraih prestasi.

Buktinya, Indonesia mampu meraih 2 medali emas, 3 perak, dan 6 perunggu. Kesebelas medali tersebut didapat sementara atlet Indonesia yang beraksi di Kejuaraan Asia 2022 ada 17 orang.

Dua medali emas disumbangkan oleh Firman Muharram Syach dan Toni Kristian Hutapea. Firman tampil di kategori tatami styles light contact kelas 69kg putra sementara Toni di kategori ring styles full contact kelas 54kg putra.

Raihan medali milik Indonesia memang bukan yang terbaik, bahkan di antara negara-negara Asia Tenggara sendiri karena Indonesia masih kalah unggul dari Vietnam. Namun, prestasi yang sudah diraih Indonesia dianggap telah menunjukkan adanya perkembangan.

"Namun atlet Indonesia telah menunjukkan peningkatan. Semoga ke depan akan jauh lebih baik lagi," ujar Manajer Timnas Kickboxing Indonesia, Rossi seperti dilansir Antara.

Berguru Silek ke Ranah Minang, dari Ilmu Beladiri sampai Seni Pertunjukan Randai

Menuju SEA Games 2023

Bagi Indonesia, hasil yang diraih dari Kejuaraan Asia 2022 adalah modal penting untuk SEA Games 2023. Maklum saja, partisipasi di Kejuaraan Asia dianggap sebagai uji coba pertama bagi atlet peserta pemusatan latihan nasional (pelatnas) yang tengah bersiap menuju SEA Games 2023.

Hasil di Kejuaraan Asia menjadi bahan evaluasi bagi tim kickboxing Indonesia. Diharapkan ke depannya Indonesia bisa meraih prestasi lebih apik.

"Meskipun ini bukan menjadi sasaran utama, kami bersyukur bisa pulang dengan hasil baik. Kami bisa mengukur kekuatan kickboxing di Asia, khususnya Asia Tenggara," Ketua Umum Pengurus Pusat Kickboxing Indonesia (PP KBI) Ngatino.

Tim kickboxing Indonesia memang benar-benar serius dalam menyambut SEA Games 2023. Sepulangnya dari Kejuaraan Asia, para atlet langsung dinanti padatnya agenda latihan.

"Atlet tidak libur. Setelah ini mereka kembali ke pelatnas untuk persiapan SEA Games. Ini adalah tryout pertama dan kami berharap nanti akan ada uji coba lagi," lanjut Ngatino.

"Dari awal kami tidak menargetkan apa-apa, lebih kepada untuk mengukur kemampuan atlet dan negara lainnya terutama yang turun di SEA Games 2023," pungkasnya.

Beladiri Bermandikan Lumpur dari Indonesia





Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini