Membaur dengan Kebudayaan Warga Lokal di Desa Wisata Lerep Kabupaten Semarang

Membaur dengan Kebudayaan Warga Lokal di Desa Wisata Lerep Kabupaten Semarang
info gambar utama

Kabupaten Semarang dianugerahi akan keindahan alam serta budaya yang besar. Potensi inilah yang dapat dikembangkan menjadi daya tarik pariwisata. Contohnya dengan memanfaatkan keragaman tersebut menjadi desa wisata.

Ada banyak desa wisata yang terletak di Kabupaten Semarang. Salah satunya adalah Desa Lerep. yang terletak di Ungaran Barat. Kabupaten Semarang.

Desa ini mulai berkembang menjadi desa wisata pada tahun 2016. Pendirian ini didasarkan atas potensi kearifan lokal desa yang sangat beragam.

Desa wisata ini memang tergolong baru. Meskipun begitu, desa lerep kerap menjadi tujuan utama wisatawan.

Merasakan Suasana Kampung Jawa Kuno Di Kampoeng Djowo Sekatul Kendal

Daya tarik alam, budaya, dan edukasi

Desa yang terletak di kaki Gunung Ungaran ini mulai berkembang menjadi desa wisata pada tahun 2016.

Pendirian ini didasarkan atas potensi kearifan lokal desa yang sangat beragam. mulai dari, budaya, alam, hingga aktivitas warga lokal. Semuanya benar-benar dimanfaatkan secara maksimal sebagai daya tarik wisata yang rekreatif sekaligus edukatif.

Untuk wisata alam, ada tempat wisata yang ada di sini seperti Curug Indrokilo, sunrise di bukit di lereng Gunung Ungaran. Desa ini juga menjual berbagai daya tarik lain dari segi budaya. Sehingga, pengunjung yang datang ke sini tidak hanya melihat, tapi juga bisa berinteraksi kepada pelaku wisata di desa.

Misalnya dengan tarian Caping Gangsing sebagai tarian khas penyambutan untuk tamu yg berkunjung ke tempat kami yang juga turut mengajak pengunjung untuk menari bersama.

Di sini juga terdapat paket edukasi seperti membuat permen susu, sabun susu, dan sebagainya. Tak hanya itu. terdapat tradisi desa yang rutin dilakukan seperti iriban, sadranan, dan sedekah bumi. Ada juga acara pasar jajanan ndeso, yaitu bazar kuliner yang dilaksanakan setiap Minggu Pon dan Pahing.

Uniknya, penyajian makanan di desa ini tidak menggunakan peralatan berbahan plastik. semuanya murni dari alam sesuai dengan cara tradisional yang tentunya ramah lingkungan.

Desa Wisata Onje, Berwisata Sekaligus Menapaki Sejarah Kabupaten Purbalingga

Jadi pilihan wisatawan

Meskipun tergolong baru, desa ini kerap menjadi tujuan utama wisatawan. Dengan berbagai pengembangan yang diiringi semangat warga untuk memajukan perekonomian desa, Desa Wisata Lerep juga berhasil menyabet berbagai penghargaan.

Dalam sebulan, kunjungan di Desa Wisata Lerep bisa mencapai 1000 orang. Untuk menikmati segala atraksi yang desa ini berikan, pengunjung harus memesan paket wisata yang sudah disediakan. Pemesanannya sendiri bisa lakukan secara daring.

Dengan geografis yang berada di sejuknya kaki gunung ungaran serta kebudayaan lokal yang menarik, tentunya semua ini tidak bisa dilewatkan. Jadi, tertarikkah untuk berkunjung ke Desa Wisata Lerep?

Desa Napallicin, Wisata dan Jejak Sejarah Tersembunyi di Sumatera Selatan

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

MM
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini