Rekomendasi 15 Makanan Khas Maluku Utara asli dari Negeri Rempah

Rekomendasi 15 Makanan Khas Maluku Utara asli dari Negeri Rempah
info gambar utama

Provinsi Maluku Utara (Malut) menyimpan kekayaan kuliner lezat dengan hidangan khas ikan laut, aneka rempah, dan kacang kenari. Tak heran karena makanan khas provinsi Malut yang berjuluk Negeri Rempah ini dibuat oleh masyarakat setempat yang mayoritas bekerja sebagai nelayan.

Jika Anda menyempatkan waktu berkunjung ke Ternate, Tidore, atau ke Kota Baru Sofifi (ibukota Malut), tak adanya salahnya mencicipi kulinernya. Berikut 15 pilihan makanan khas dan oleh-oleh Maluku Utara yang bisa Anda coba:

1. Pupeda (Maluku Utara)

makanan maluku utara
info gambar

Makanan khas Maluku Utara yang pertama adalah pupeda (sama seperti papeda yang merupakan makanan khas Papua). Makanan bertekstur kental dan lengket ini menjadi makanan pokok warga setempat. Pupeda berbahan dasar tepung sagu ini sangat pas dipadukan dengan kuah mubara, dengan lauk ikan tongkol.

Salah satu yang menarik dari makanan ini ialah cara menyantapnya. Sebab, Anda bakal membutuhkan bantuan alat seperti sumpit. Anda bisa menggulung papeda dengan sumpit kemudian menyeruput kuah. Rasanya legit, gurih berpadu dengan kuah mubara dan ikan tongkol yang nikmat.

2. Gatang Kenari

makanan khas maluku utara
info gambar

Gatang kenari kabarnya merupakan salah satu kuliner paling nikmat di Maluku dengan bahan dasar kepiting darat. Menurut warga setempat kepiting darat ini mempunyai rasa yang lembut juga gurih, ketimbang jenis kepiting jenis lainnya. Tak heran jika banyak pelancong yang memburu kuliner Gatang Kenari ini.

Selain nikmat, Gatang Kenari juga dikenal kaya manfaat. Termasuk kaya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Gatang Kenari dimasak khusus dengan rempah yang menjadikannya makin menggugah selera. Bisa pula disajikan dengan kuah asam manis yang nikmat.

Menariknya kuliner tersebut masih terus dipertahankan hingga sekarang. Pasalnya penggunaan kepiting yang akan dimasak faktanya dibatasi oleh pemerintah setempat. Hal ini dikarenakan populasi kepiting jenis ini semakin menipis. Namun, Anda bisa tenang karena sejumlah restoran telah mengurus perizinan untuk memakai kepiting tersebut agar hidangan khas Maluku ini tetap ada.

3. Kasbi Komplet

Kasbi bagi rakyat Maluku kerap menjadi makanan pokok. Sebab, singkong mempunyai kandungan karbohidrat tinggi. Asupan makanan tinggi karbohidrat kabarnya membuat metabolisme tubuh makin lancar. Belum lagi penambahan sayur atau lauk yang pas hingga mampu menambal jumlah asupan nutrisi lainnya.

Cara pembuatan kasbi ini ialah dengan cara merebusnya terlebih dahulu. Jika telah matang, maka bisa ditambahkan sayur berupa jantung pisang. Bisa pula tumisan daun pepaya, kohu kohu ikan puri maupun ikan bakar rica. Terbayang, bagaimana rasa singkong rebus berpadu dengan sayur mayur khas kota Maluku ini, ya?

4. Ikan Cakalang/Tuna Asar

makanan khas maluku utara
info gambar

Kuliner ikan asap asli Maluku ini diolah dengan teknik pengasapan. Biasanya, ikan yang dipakai adalah jenis ikan cakalang serta tuna. Banyak yang bilang jika kedua ikan ini akan awet ketika diasapi. Serta membuat tekstur rasanya begitu khas.

Ikan cakalang dan tuna populer dengan kandungan gizi yang lengkap. Diantaranya, kalsium, vitamin, hingga protein tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ikan asap makin nikmat disantap dengan nasi hangat, sambal colo-colo serta kerupuk. Tak hanya terkenal di Maluku Utara, ikan asar juga bagian dari makanan khas Maluku dan Papua yang memang memiliki tipe kuliner serupa.

5. Ikan Kuah Pala Banda

makanan khas maluku utara
info gambar

Dari namanya saja sudah terlihat betapa berempahnya makanan khas Maluku Utara ini, ya. Terlebih, ketersediaan rempah-rempah di wilayah ini sangat berlimpah. Tak heran jika masakan ini populer dengan racikan bumbu khas nan menggoda lidah.

Bumbu-bumbu ini diantaranya ialah, merica, cabai, pala, laos, bunga pala, hingga ketumbar. Fungsi rempah-rempah pada masakan tak hanya membuatnya semakin lezat. Namun dapat menyehatkan badan. Sebut saja merica yang bakal membuat tubuh terasa hangat dan nyaman.

Paduan rempah yang khas dengan racikan pas inilah yang berpadu dengan gurihnya ikan bakalan pecah di mulut. Bahkan, dijamin Anda akan ketagihan pada masakan ini. Sebagaimana diketahui, hidangan ini dulunya merupakan hidangan istimewa bagi orang Belanda. Namun, seiring berjalannya waktu masakan ini kian membumi dan dijadikan makanan khas warga Maluku.

6. Kohu-Kohu

makanan khas maluku utara
info gambar

Bagi pecinta sayuran, kohu-kohu bisa menjadi pilihan. Menu ini didominasi sayuran, seperti selada, mentimun, kemangi, tauge, kacang panjang, dan taburan teri medan.

Yang menambah kelezatannya, menu ini diracik dengan tambahan bumbu pedas serundeng dari parutan kelapa, cabai ulek, terasi dan bawang. Mirip urap di Jawa tetapi ditambah kucuran jeruk nipis peras yang meninggalkan rasa masam, gurih, dan segar di lidah.

7. Sambal Colo-Colo

sambal colo makanan khas maluku utara

Sambal colo-colo nyaris tak pernah absen dalam setiap kuliner khas Maluku Utara, terutama untuk menemani hidangan lauk ikan bakar, ikan asap, atau ayam. Sambal colo-colo memiliki rasa yang sangat pedas. Dibuat dari cabai rawit beserta bawang merah, bawang putih, tomat muda yang semuanya dirajang kecil-kecil.

Semuanya tidak dimasak dan tidak diulek, hanya dipotong mentah dan diaduk menjadi satu. Terakhir sambal ini dibumbui garam, air perasan jeruk limau/nipis, serta disiram minyak. Variasi sambal colo-colo bisa ditambah kecap, ditaburi kenari, dan kemangi. Inilah menu wajib yang tak boleh ketinggalan apalagi bagi pecinta makanan pedas.

8. Ikan Masak Kayu Ternate

makanan khas maluku utara
info gambar

Olahan ikan yang menjadi andalan Malut terutama di kawasan Ternate adalah ikan bumbu masak kayu yang dibuat dari ikan cakalang, ikan tuna, atau ikan barakuda. Rasa makanan ini menggugah selera dengan kuah bumbu rempah dari kemiri, jahe, jintan, kayu manis, dan serai.

Ditambah warna masakan yang kental dari kecap manis dan gula merah lumer, menciptakan perpaduan aroma manis dan gurih yang bisa membuat perut keroncongan. Tak salah jika masakan berkuah ini paling enak dinikmati beramai-ramai.

9. Kue Pelita Ternate

makanan khas malut
info gambar

Mencicipi kudapan di Ternate? Kue Pelita salah satunya! Kue manis ini dibuat dari terigu yang dimasak bersama santan kelapa. Wangi aroma daun pandan menyeruak di setiap suapannya.

Tekstur kue Pelita sekilas mirip bubur sumsum yang terkenal Jawa. Kuah gula merah yang meleleh perlahan membuat kue ini terasa legit dan wajar jika disukai anak-anak.

10. Kue Angka Ternate

makanan khas malut
info gambar

Kudapan khas Malut yang terkenal satunya adalah kue Angka atau kue srikaya bakar. Kue dengan ciri khas warna hijau ini kerap menjadi suguhan di tengah-tengah keluarga maupun tamu yang datang. Biasanya dibuat dari tepung terigu, telur, dan gula yang dikocok menjadi satu. Aroma wanginya didapat dari vanili dan pasta pandan.

Kue ini memiliki tekstur unik berkat taburan kacang kenari di atasnya. Aroma tungku bakar tradisional dan pandan usai kue matang pun turut menebarkan kelezatan. Selain enak dinikmati di tempat, kue Angka bisa juga menjadi oleh-oleh khas Maluku Utara saat pulang.

11. Goru Balanga Sapi (Ternate)

makanan khas maluku utara
info gambar

Goru balanga adalah sajian daging sapi yang disemur ala Ternate. Namun, berbeda dengan semur Jawa yang pada umumnya manis, goru balanga justru memiliki cita rasa pedas gurih. Rasa rempah yang kuat pada masakan ini adalah pala yang memang menjadi komoditas rempah unggulan di Maluku. Jika ingin kenyang dalam waktu lama, menikmati goru balanga bisa menjadi pilihan.

Baca juga: 5 Makanan Khas Riau dengan Kuah yang Menggugah Selera

12. Sayur Garo (Ternate)

makanan khas maluku utara sofifi
info gambar

Masakan bernama sayur garo ini cocok untuk penyuka sayuran atau vegetarian. Terbuat dari daun ubi, jantung pisang, dan bunga pepaya yang dipotong kecil-kecil yang dicampur bumbu pedas. Alternatif makanan rumahan asli Ternate yang tentunya praktis, nikmat, dan sehat.

Baca juga: 5 Makanan Khas Gorontalo Asli, Wajib Dicoba dan Cocok untuk Semua Lidah

13. Air Guraka

makanan khas maluku utara halmahera
info gambar

Air guraka ini konon minuman bangsawan di masa lalu. Bahan dasarnya dari rempah khas Maluku, seperti jahe, kenari, daun pandan, dan gula aren. Tak lupa ada potongan kacang almond yang memberikan tekstur unik saat menyeruput wedhang hangat ini.

Air Guraka banyak ditemudi di Halmahera dan Maluku. Rasanya yang hangat cukup ideal untuk ramuan di kala sakit tenggorokan maupun meningkatkan imunitas. Minuman ini juga cocok untuk menemani saat cuaca dingin di malam hari atau saat hujan turun.

Baca juga: 8 Rekomendasi Makanan Khas Solo yang Waijb Anda Coba

14. Kue Bilolo

kue bilolo makanan khas maluku utara
info gambar

Kue khas Maluku Utara satu ini bernama kue bilolo. Kue ini biasa menjadi camilan saat lebaran atau oleh-oleh khas Maluku Utara bagi para wisatawan. Kue bilolo sangat sederhana dan dibuat dari tepung, gula merah, kelapa parut, dan biji kenari yang diuleni hingga padat.

Adonan lalu dibentuk dengan tangan dan dimasak di tungku dan dibakar hingga kecokelatan. Saat matang, kue bilolo disajikan bersama taburan gula halus. Kue bilolo bisa diperoleh di toko-toko camilan atau pusat oleh-oleh Maluku Utara.

15. Lapis Tidore

makanan khas maluku utara tidore
info gambar

Kue lapis Tidore ini termasuk kue tradisional Maluku Utara yang biasanya mudah ditemukan saat momen bulan puasa. saat itulah kue lapis Tidore banyak dijajakan di sejumlah sudut kota dengan harga terjangkau setiap bungkusnya. Berbeda dengan kue lapis Jawa yang warna-warni, lapis Tidore dibuat tumpuk tiga dengan lapisan gula merah dan kenari. Sangat cocok untuk teman nge-teh atau ngopi.

Demikianlah rangkuman 15 makanan khas Maluku Utara yang bisa Anda coba. Jangan lupa menjajal kuliner kota ini ketika berkunjung kemari, ya.

Baca juga: Makanan Khas Palembang yang Wajib Dicoba selain Pempek

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan R. Putra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel R. Putra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini