Menyaksikan Keajaiban Pulau Berhala di Timur Laut Jambi, Wisata Alam Bahari Andalan Kepri

Menyaksikan Keajaiban Pulau Berhala di Timur Laut Jambi, Wisata Alam Bahari Andalan Kepri
info gambar utama

Pulau Berhala merupakan salah satu gugusan pulau cantik yang terletak di Desa Berhala, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Daerah ini dulunya pernah dianggap sebagai bagian wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. Saat ini nama Pulau Berhala sedng diproses untuk diubah menjadi Pulau Berlian.

Berdasarkan lokasi, Pulau Berhala cukup dekat dari Provinsi Jambi. Apalagi kebanyakan wisatawan datang ke pulau tersebut dari jalur Nipah Panjang menggunakan moda transportasi laut seperti speed boat. Lama perjalanan laut menuju pulau cantik ini sekitar 20-45 menit dari Nipah Panjang.

Jambi atau Kepri: Pulau Berhala Milik Siapa?

pulau berhala jambi berlian kepri

Kepri memang termasuk provinsi muda di Indonesia. Provinsi ini berdiri sejak September 2002. Sejak saat itu, terjadi sengketa apakah pulau ini bagian dari Jambi atau Kepri yang baru. Namun persengketaan antara Kepri dan Jambi tersebut tidak lama. Semenjak Februari 2013, Mahkamah Konstitusi menggolkan pulau cantik ini menjadi bagian dari Kepri.

Memang pulau ini adalah destinasi wisata andalan kota Jambi. Kebanyakan yang datang pun para wisawatan dari Jambi dengan akses penyeberangan lewat Kecamatan Nipah Panjang di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Tak heran jika kemudian banyak yang menyebutnya Pulau Berhala Jambi.

Pulau di Desa Berhala Kab. Lingga ini kini disulap jadi destinasi wisata unggulan oleh kedua provinsi. Jika dahulu kedua daerah bersitegang, kini antara kedua daerah bekerja sama dan bertekad memajukan Pulau Berhala untuk meningkatkan pariwisata di Tanah Melayu.

Mengulik Daya Tarik dan Sisi Unik Pulau Berhala

pulau berhala kepri

Pulau dengan luas 2,5 hektare ini juga dihiasi dengan flora dan fauna khas yang memukau para wisatawan. Diantaranya ialah beragam jenis terumbu karang.

Terumbu karang ini terletak 200 meter dari bibir pantai, dimana sekaligus menjadi habitat berbagai spesies di pulau Berhala tersebut. Setidaknya ada 11 spesies ikan hingga fauna lainnya yang berada di pulau itu.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pulau Berhala, Lingga (Kepri)

1. Menyelam (Snorkeling/Diving) hingga Memancing

Ilustrasi diving di antara terumbu karang @Flickr
info gambar

Bagi Anda penyuka snorkling, Pulau Berhala Jambi adalah pilihan tepat. Sebab, pulau ini menyajikan ekosistem terumbu karang yang bisa dinikmati sembari menyelam.

Akan ada banyak ikan-ikan hingga spesies penyu laut yang dapat Anda saksikan, dengan kondisi air yang hangat dan jernih. Tak hanya itu, di pulau ini Anda juga bisa memancing.

2. Wisata Edukasi sambil Melihat Penyu Bertelur

penyu sisik pulau berhala
info gambar

Pulau Berhala Lingga termasuk area konservasi yang menjadi rumah bagi para penyu untuk berkembang dan lestari. Di antaranya ada jenis Penyu Hijau (Chelonia mydas) dan Penyu sisik (Eretmochelys imbricata) yang kini termasuk satwa langka.

Menyaksikan suguhan wisata edukasi berupa penangkaran penyu ini, Anda pun bisa melihat penyu-penyu yang dikembangbiakkan di pulau ini. Jika beruntung, Anda akan melihat kawanan penyu saat menggali pasir untuk menyembunyikan telur-telur mereka.

3. Menyusuri Pulau-Pulau Kecil di Kawasan Pulau Berhala Kabupaten Lingga

pulau kecil
info gambar

Di Kabupaten Lingga sendiri terdapat beberapa pulau kecil yang dekat dengan Pulau Berhala, yakni Pulau Telur dan Pulau Lampu. Kedua pulau ini tak kalah eloknya dengan panorama yang menyejukkan pandangan.

Pulau-pulau ini kerap dijadikan rujukan bagi para wisatawan yang ingin menikmati suasana yang tenang dan merilekskan. Tak hanya memiliki pantai putih dengan pasir berkilauan, kawasan ini juga kaya akan bebatuan besar serta beberapa gugusan pulau yang asri dan masih perawan.

4. Menyaksikan Mercusuar di Dekat Pantai

mercusuar pulau lampu
info gambar

Penjajahan Belanda dan Jepang di era sebelum kemerdekaan dulu menyisakan jejak sejarah yang tersisa dalam bentuk bangunan dan artefak. Salah satu peninggalan sejarah tersebut adalah mercusuar yang dibangun di masa penjajahan di Pulau Lampu. Mercusuar ini memiliki tulisan dengan aksara Sansekerta, huruf China dan angka bertuliskan 23-2-76. Adanya mercusuar di pulau tersebut disukai banyak pengunjung karena memungkinkan mereka untuk melihat pemandangan lebih luas lagi dari atas ketinggian.

5. Melihat Potensi Cagar Budaya Sisa Sejarah Masa Lalu

meriam jepang pulau berhala jambi
info gambar

Di Pulau Berhala ini setidaknya ada tiga cagar budaya yang berada di bawah pengawasan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatra Barat. Di antaranya adalah situs sejarah Kerajaan Lingga, makam Datuk Paduko Berhalo yang merupakan bagian dari sejarah Islam di Jambi, serta bangunan bekas peninggalan perang dunia 2 di masa penjajahan Jepang. Misalnya, dapur dengan gaya Jepang dan meriam sepanjang 4 meter.

Di sisi lain ditemukan juga benda-benda cagar budaya di Pulau ini. Seperti kerajinan berupa mangkuk, tempayan beraneka ukuran, guci, dan pecahan gelang yang merupakan peninggalan kerajaan masa lalu. Benda-benda tersebut berhasil ditemukan di kedalaman 2 meter di bawah tanah dan bisa dilihat di Museum Linggam Cahaya Lingga.

Rute Menuju ke Pulau Berhala dari Jambi

Dari pusat Kota Jambi Anda perlu menempuh sekitar 3 jam perjalanan ke Kecamatan Nipah Panjang, Kab. Tanjung Jabung Timur Jambi. Selanjutnya Anda bisa meneruskan sisa perjalanan dari Nipah Panjang dengan menyewa speed boat ke pulau sekitar 45-60 menit tergantung kondisi perairan, faktor cuaca, dan keramaian.

Tips dan Catatan Penting:

  • Jika ingin melihat penyu mampir ke Pulau Berhala untuk bertelur, Anda bisa menjadwalkan perjalanan di bulan April sampai Agustus.
  • Jika ingin datang saat banyak festival, sebaiknya berkunjung ke Pulau ini di saat air laut tenang yakni sekitar bulan Juli-Oktober.

Bagaimana, makin penasaran untuk berkunjung ke Pulau Berhala ini bukan? Jangan lupa ajak keluarga maupun orang tersayang ya, biar liburan makin menyenangkan.

Sumber:

https://kumparan.com/batamnews/pulau-berhala-di-lingga-bakal-berganti-nama-1tfpJ1uLs6J/full
https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/mengungkap-nilai-penting-situs-pulau-berhala-dalam-rangka-pelestarian-cagar-budaya/
https://www.hariankepri.com/sejarah-pelestarian-penyu-di-kepri-diawali-dengan-survei-oleh-para-figur-akademisi/
https://linggakab.go.id/2014/12/investasi-wisata-bahari-dan-sejarah-pulau-berhala/
https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/mengungkap-nilai-penting-situs-pulau-berhala-dalam-rangka-pelestarian-cagar-budaya

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan R. Putra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel R. Putra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini