8 Oleh-Oleh Khas Labuan Bajo Terpopuler yang Wajib Dibawa Pulang

8 Oleh-Oleh Khas Labuan Bajo Terpopuler yang Wajib Dibawa Pulang
info gambar utama

Labuan Bajo, saat mendengar namanya pasti langsung terbayang wisata bahari yang eksotis. Namun, Labuan Bajo ternyata tak hanya identik dengan wisata air atau panorama alam yang menakjubkan saja. Lebih dari itu, Labuan Bajo juga memiliki sederet oleh-oleh khas yang unik dan wajib untuk Anda bawa pulang.

Oleh-oleh Labuan Bajo baik makanan, minuman, atau cenderamata, semuanya begitu menggambarkan keunikan dari surga tersembunyi di Indonesia bagian timur ini. Apa saja oleh-oleh terpopuler dari Labuan Bajo? Mari simak rekomendasinya hanya di Good News From Indonesia!

8 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan destinasi wisata dambaan para traveler. Berwisata ke Labuan Bajo rasanya sayang sekali kalau pulang dengan tangan kosong. Untuk itu, mari simak oleh-oleh Labuan Bajo paling populer yang wajib Anda bawa pulang berikut ini!

  • Jintan

oleh oleh labuan bajo
info gambar

Jintan merupakan camilan khas dari Labuan Bajo yang bentuknya mirip dengan dengan biji ketapang khas Betawi. Namun dari bahan dasar dan rasa kedua makanan ini tentu berbeda karena Jintan merupakan camilan manis sejenis roti kering.

Kue Jintan dibuat dengan beberapa bahan utama seperti tepung terigu, jintan, telur, dan mentega. Menjadi salah satu oleh-oleh Labuan Bajo terpopuler, Jintan sangat mudah ditemukan dan tersedia hampir di seluruh toko oleh-oleh di Labuan Bajo.

  • Rebok

oleh oleh labuan bajo
info gambar

Satu lagi kudapan unik dari Labuan Bajo yang pastinya tak akan Anda temukan di tempat lain yaitu Rebok.

Rebok merupakan camilan dengan bentuk bubuk yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Cita rasanya yang lezat tentu saja datang dari bahan dasarnya yaitu kelapa parut dan tepung beras.

Camilan ini bisa disantap secara langsung. Namun umumnya masyarakat sekitar menyajikan Rebok dengan roti, susu, dan alpukat. Kerap dihidangkan pada upacara adat, camilan ini juga menjadi buah tangan wajib bagi wisatawan dan bisa dengan mudah didapatkan di toko oleh-oleh.

  • Roti Kompiang

oleh oleh labuan bajo ntt
info gambar

Roti Kompiang merupakan salah satu oleh-oleh Labuan Bajo yang sekilas mirip dengan roti burger namun dengan taburan wijen di atasnya.

Uniknya roti ini dimasak dengan cara dipanggang di atas bara sehingga memiliki tekstur yang agak keras. Pun begitu cita rasa dari roti Kompiang ini sangatlah nikmat sehingga wajib untuk dijadikan oleh-oleh.

  • Ikan Cara

oleh oleh labuan bajo
info gambar

Ikan Cara merupakan ikan kering khas Labuan Bajo. Merupakan kawasan bahari tak heran jika Labuan Bajo memiliki hasil laut yang melimpah sehingga sebagian dari ikan-ikan hasil tangkapan dikeringkan menjadi ikan Cara.

Ikan Cara cocok untuk dijadikan buah tangan karena memiliki daya simpan yang lama. Sesampainya di rumah, Anda dapat mengolah ikan Cara menjadi aneka sajian lezat yang menggugah selera.

  • Kopi Manggarai

kopi manggarai
info gambar

Kopi Manggarai merupakan salah satu kopi olahan sendiri yang dibuat dari biji kopi asli Manggarai, Flores. Kopi Manggarai memiliki aroma yang sangat khas dan warna hitam pekat sehingga menghasilkan cita rasa yang sangat nikmat dibandingkan dengan kopi olahan pabrik.

Sering disebut juga dengan Kopi Flores, kopi Manggarai memiliki popularitas yang sangat tinggi dan telah dikenal se-nusantara. Bagi Anda yang sedang liburan di Labuan Bajo, wajib membeli Kopi Manggarai sebagai oleh-oleh yang khas dan unik terlebih jika Anda seorang pencinta kopi.

  • Kaos Chomabee

oleh oleh labuan bajo

Sama halnya dengan Bali dan Jogja, Labuan Bajo juga memiliki kaos lokal yang unik yaitu Kaos Chomabee.

Kaos Chomabee merupakan salah satu sarana pengenalan budaya Labuan Bajo lewat desainnya yang unik. Desain pada kaos ini umumnya menggunakan kalimat peribahasa atau kiasan dalam bahasa Manggarai. Banyak tersedia di toko cendera mata sekitar Labuan Bajo, jangan lupa untuk membeli kaos Chomabee ini ya, kawan GNFI!

  • Kain Songke

oleh oleh labuan bajo
info gambar

Kain Songke merupakan cendera mata khas Labuan Bajo yang cara pembuatannya masih tradisional, yaitu dengan ditenun. Kain asli dari Manggarai, Flores ini umumnya digunakan pada upacara adat masyarakat Nusa Tenggara Timur.

Memiliki kualitas yang terjamin dan dibuat dengan ketelitian sangat tinggi membuat kain ini dibanderol dengan harga yang relatif tinggi yaitu mulai dari 500 ribu hingga jutaan rupiah. Namun, melihat kualitas dan keunikan coraknya, harga yang ditawarkan sangat sesuai, bukan?

  • Kerajinan Mutiara

oleh oleh labuan bajo
info gambar

Kerajinan mutiara merupakan salah satu kerajinan tangan yang dibuat dari bahan mutiara asli. Mengingat lokasi Labuan Bajo berada di pesisir pantai, membuat daerah tersebut dapat menghasilkan mutiara-mutiara cantik. Tentunya hal ini menjadi peluang bisnis bagi masyarakat sekitar. Sehingga mutiara-mutiara cantik tersebut dijadikan kerajinan pernak-pernik, seperti kalung, gelang, cincin, dan anting.

Itu dia 8 rekomendasi oleh-oleh Labuan Bajo yang dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang liburan ke destinasi wisata yang satu ini. Selamat memborong oleh-oleh unik khas Labuan Bajo dan jangan lupa bagikan untuk orang-orang terkasih.

Sumber:

www.libur.co | labuanbajotour.com | www.suara.com | kompas.com |idntimes.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

Terima kasih telah membaca sampai di sini