9 Tips Membuat Kata Sandi Kuat dan Tidak Mudah Diretas

9 Tips Membuat Kata Sandi Kuat dan Tidak Mudah Diretas
info gambar utama

Password adalah kunci yang memproteksi akun dan informasi pribadi Anda di dunia digital. Namun, terkadang kita seringkali mengabaikan pentingnya password dan membuatnya dengan mudah ditebak oleh orang lain. Nah, ini masalah yang serius, lho. Apabila password mudah ditebak, maka akun dan informasi pribadi Anda bisa dengan mudah dicuri atau disalahgunakan oleh peretas yang tidak bertanggung jawab. Jadi, jangan sampai Anda mengabaikan pentingnya password dan terus menggunakan password yang mudah ditebak, karena ini bisa berakibat buruk bagi keamanan akun dan informasi pribadi Anda.

Tapi, tidak perlu khawatir, artikel ini akan memberikan 9 tips yang bisa Anda ikuti untuk membuat password yang aman, kuat, dan tidak mudah ditebak atau dilacak oleh peretas. Dengan mengikuti tips berikut ini, Anda bisa merasa lebih tenang dan yakin bahwa akun dan informasi pribadi Anda terlindungi dengan baik.

Ilustrasi | Pexels.com
info gambar

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

  1. Gunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol
    Jangan hanya menggunakan huruf atau angka saja, tetapi gunakan kombinasi yang membuat password Anda lebih sulit untuk ditebak.
  2. Gunakan panjang password yang cukup
    Semakin panjang password yang Anda gunakan, semakin sulit bagi orang lain untuk menebaknya. Sebagai contoh, gunakan password yang terdiri dari minimal 8 karakter.
  3. Hindari menggunakan informasi pribadi sebagai password
    Jangan menggunakan nama, tanggal lahir, atau informasi pribadi lainnya sebagai password. Ini bisa dengan mudah ditebak oleh orang lain.
  4. Gunakan password yang berbeda untuk akun yang berbeda
    Jangan gunakan password yang sama untuk akun yang berbeda. Ini akan mempermudah orang lain untuk mengakses akun Anda jika salah satu akun tersebut terkena serangan peretas.
  5. Gunakan fitur "two-factor authentication" (2FA)
    Fitur ini meminta Anda memasukkan kode yang dikirimkan ke nomor ponsel atau email Anda setiap kali Anda masuk ke akun. Ini akan menambah lapisan keamanan untuk akun Anda.
  6. Gunakan passwordmanager
    Password manager adalah aplikasi atau tool yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan dan mengelola password Anda dengan aman. Anda hanya perlu mengingat satu kata sandi utama untuk mengakses aplikasi ini, dan password manager akan menyimpan dan mengenkripsi password lain yang Anda gunakan.
  7. Gunakan frase atau kalimat sebagai password
    Anda bisa menggunakan frase atau kalimat yang mudah diingat tapi sulit ditebak oleh orang lain sebagai password. Misalnya "saya suka makan nasi goreng pagi hari" atau "buku favorit saya adalah Harry Potter".
  8. Jangan menyimpan password di tempat terbuka
    Jangan menyimpan password Anda di tempat yang mudah diakses orang lain, seperti di komputer atau di buku catatan yang terbuka. Selalu pastikan untuk menyimpan password Anda di tempat yang aman dan terlindungi.
  9. Ganti password secara berkala
    Sering mengganti password akan membuat password Anda lebih aman. Sebagai patokan, gunakan password yang berbeda setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Dengan mengikuti 9 tips yang telah kami sampaikan di atas, Anda bisa membuat password yang kuat dan tidak mudah diacak oleh peretas atau malware. Gunakan beberapa tips di atas untuk menambah lapisan keamanan. Dengan demikian, akun dan informasi pribadi Anda akan terlindungi dari ancaman peretas dan malware yang bisa merusak sistem atau mencuri informasi pribadi Anda. Anda bisa merasa lebih tenang dan yakin bahwa keamanan akun Anda terjaga dengan baik. Gimana? Apakah Anda sudah mencoba beberapa tips di atas?

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini