Menanti eSports Indonesia Berjaya di SEA Games 2023

Menanti eSports Indonesia Berjaya di SEA Games 2023
info gambar utama

Ada misi penting eSports Indonesia di tahun 2023, yakni berjaya di SEA Games 2023.

Tahun 2022 ini bisa dibilang adalah tahun yang menggembirakan bagi kancah eSports Indonesia. Bagaimana tidak, Indonesia sukses dinobatkan sebagai juara dunia eSports.

Indonesia menjadi juara dunia lewat IESF World eSports Championship 2022. Berstatus sebagai tuan rumah, ajang tersebut dihelat di Merusaka, Nusa Dua, Bali pada 1-11 Desember 2022 lalu.

Dari tujuh cabang permainan yang dipertandingkan, Indonesia mendapatkan tiga medali emas dan satu perunggu. Raihan itu cukup untuk membawa Indonesia mendapat predikat juara umum.

Juara dunia ternyata tidak membuat eSports Indonesia berpuas diri. Setelah IESF World eSports Championship 2022 terlewati, ada ajang lain yang disambut Indonesia dengan gairah tinggi, yakni SEA Games 2023.

Karakter Game yang Terinspirasi dari Indonesia

Mempersiapkan Diri

Lingkup SEA Games mungkin lebih kecil dari IESF World eSports Championship yang merupakan ajang tingkat dunia. Kendati demikian, SEA Games tetaplah ajang bergengsi yang perlu ditatap secara serius.

Tim eSports Indonesia pun tidak mau main-main dalam menyambut SEA Games 2023. Ternyata, Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) telah memulai persiapan dengam melakukan seleksi atlet sejak sekitar Oktober lalu. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang Atlet dan Prestasi PB ESI Yohannes P Siagian selepas IESF World eSports Championship 2022 lalu.

"Proses untuk seleksi sudah dimulai, sudah ada beberapa atlet dalam pemantauan, sudah ada juga pembicaraan dengan ahli-ahli atau pakar-pakar di masing-masing cabang ini tentang calon-calon pelatih, calon-calon pemain, dan itu sudah berlangsung selama satu dua bulan ini," kata Yohannes seperti dilansir Antara.

Untuk diketahui, cabang olahraga eSports di SEA Games 2023 akan mempertandingkan sembilan permainan yakni yaitu AK2, Wild Rift, Mobile Legends: Bang-Bang, PUBG Mobile, serta Cross Fire. Tak tanggung-tanggung, PB ESI menargetkan Indonesia menyapu bersih semua medali emas.

"Target kita lima-limanya emas. Chance kita sangat kuat di Mobile Legends putra dan putri, PUBG M solo dan skuad, kemudian cabang kelima ini belum ditentukan," kata Yohannes.

Setelah melakukan seleksk, PB ESI akan mengasah kemampuan para atlet terpilih lewat pelatnas. Adapun program pelatnas ini juga sudah masuk rencana program yang bakal dilaksanakan.

"Untuk SEA Games kita sudah siapkan pelatnas ya, jadi di World Esport Champhionship ini kita sudah lakukan pelatnas yang nanti ke depannya akan berkelanjutan juga untuk SEA Games bulan Mei di Kamboja," ujar Sekretaris Jenderal PB ESI Frengky Ong.

Akankah eSports Indonesia bisa berjaya di SEA Games 2023? Kita nantikan saja.

Agate, Developer Gim Asal Indonesia yang Berhasil Tembus Eropa



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini