10 Nama Atlet Pencak Silat Indonesia yang Berprestasi

10 Nama Atlet Pencak Silat Indonesia yang Berprestasi
info gambar utama

Semenjak pamor pencak silat naik karena pengakuan UNESCO terkait Warisan Budaya Tak Benda pada tahun 2019, tradisi bela diri sekaligus salah satu olahraga ini kian menjadi perhatian sebagian masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri, banyak atlet pencak silat yang sudah sukses dan mendapatkan berbagai penghargaan di berbagai kompetisi. Berikut ini adalah 10 atlet olahraga pencak silat Indonesia terbaik yang merupakan putra-putri bangsa terbaik di turnamen nasional maupun internasional.

1. Jeni Kause

atlet pencak silat perempuan indonesia
info gambar

Jeni Kause merupakan salah satu atlet pencak silat Indonesia perempuan yang sangat berprestasi. Perempuan kelahiran Maumere 1999 memiliki berbagai gelar bergengsi di berbagai kejuaraan. Salah satunya adalah ketika ia mendapatkan medali emas di Kejuaraan Dunia Belgia Open tahun 2019.

2. Puspa Arum Sari

atlet pencak silat berprestasi
info gambar

Atlet ini merupakan atlet pencak silat Indonesia kelahiran 1993 yang sudah menggeluti dunia pencak silat sejak duduk di bangku SMP. Puspa Arum Sari pernah mendapatkan medali emas di Sea Games Filipina 2019, medali perunggu di Sea Games Malaysia 2017, medali emas di Asian Games 2018, dan lain sebagainya,

3. Aji Bangkit Pamungkas

atlet pencak silat berpreastasi laki-laki
info gambar

Melansir dari laman Ponorogo, Aji Bangkit Pamungkas merupakan atlet pencak silat Indonesia yang meraih medali emas The 19th Pencak Silat Championship 2022 di Malaysia pada tahun Juni 2022 lalu. Atlet yang berasal dari Ponorogo tersebut berhasil menjadi juara dengan mengalahkan lawannya Mr Adthapong Saengtep dari Thailand.

4. Syarif Hidayatullah

atlet pencak silat indonesia
info gambar

Pria asal Madura ini berhasil menyandang gelar sebagai juara dunia pencak silat 2022 setelah berhasil meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Pencak Silat atau The 19th World Pencak Silat Championship di Malaysia pada Agustus lalu.

5. Sarah Tria Monita

atlet pencak silat
info gambar

Selanjutnya, Sarah Tria Monita adalah atlet pencak silat Indonesia yang juga mempunyai karir yang gemilang. Perempuan kelahiran 1995 ini meraih berbagai penghargaan mulai dari medali perak di PON 2016, medali emas di Bali, medali perunggu Sea Games 2017, hingga medali emas Asian Games 2018.

6. Pipiet Kamelia

atlet pencak silat
info gambar

Perempuan yang juga merupakan seorang istri dari atlet pencak silat Indonesia ini meraih berbagai penghargaan yang bergengsi. Mulai dari medali perunggu di PON 2012, medali Perak di Belgia Open 2018, hingga medali emas di Asian Games 2018.

7. Hanifan Yudani Kusumah

atlet pencak silat
info gambar

Pria kelahiran Bandung 1997 ini merupakan atlet pencak silat Indonesia yang ikut dalam pelatnas tahun 2015. Dilansir dari Wikipedia, ia sudah memenangkan berbagai kejuaraan seperti medali emas di Asian Games 2018, medali perak di Sea Games 2019, dan medali perak di Kejuaraan dunia tahun 2022.

8. Komang Harik Adi Putra

atlet pencak silat
info gambar

Komang Harik Adi Putra merupakan pria yang lahir pada 1994 dan sesudah meraih berbagai penghargaan pencak silat yang bergengsi di berbagai turnamen. Salah satunya adalah meraih medali emas di Asian Games tahun 2018. Selain itu, ia juga dikenal sebagai salah satu pesilat yang tampan.

9. Sugianto

atlet pencak silat
info gambar

Sugianto adalah salah satu atlet pencak silat Indonesia yang juga berprestasi. Ia merupakan salah satu pesilat muda yang memiliki segudang pengalaman dan terbuka peluang untuk berkembang. Salah satu penghargaan bergengsi yang pernah ia raih adalah medali emas di ajang Asian Games tahun 2018 lalu.

10. Wewew Wita

atlet pencak silat
info gambar

Terakhir adalah Wewew Wita, ia merupakan atlet pencak silat Indonesia yang juga mendapatkan banyak sekali gelar juara. Ia sudah tertarik dalam dunia pencak silat sejak SD. Wewew Wita berhasil meraih penghargaan medali emas di PON 2012, medali emas di Sea Games 2017 dan 2018. Selain itu ia juga memenangkan medali emas di Belgian Open tahun 2018.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini