Pantai Bondo Ombak Mati Jepara: Menikmati Tenangnya Laut di Pesisir Utara Jawa Tengah

Pantai Bondo Ombak Mati Jepara: Menikmati Tenangnya Laut di Pesisir Utara Jawa Tengah
info gambar utama

Pantai Ombak Mati merupakan salah satu wisata bahari yang terletak di kawasan yang cukup strategis, yaitu di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Meski dikenal dengan Kota Ukir, ternyata Jepara juga memiliki pesona pantai yang memesona dengan keelokan pantai yang sangat indah. tebtu, akan rugi jika Anda melewati berwisata di Pantai Ombak Mati yang memiliki keindahan pasir putihnya yang membentang luas.

Dinamakan Pantai Ombak Mati, dikarenakan ombak di pantai ini sangat tenang bahkan tidak memiliki ombak sama sekali seakan-akan mati. Bahkan karena ketenangan ombaknya tersebut dapat membuat para pengunjung seakan-akan terbawa suasana yang syahdu dengan angin yang berhembus sepoi-sepoi sambil menanti matahari terbenam di Pantai Ombak Mati ini.

Baca juga: Pantai Alam Indah Tegal, Tempat Menikmati Senja Terindah di Jawa Tengah

Aktivitas dan Daya Tarik Pantai Ombak Mati Jepara

Pantai Ombak Mati menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang cukup banyak dikunjungi oleh warga setempat dan warga luar daerah. Karena, untuk menikmati keindahan Pantai Ombak Mati ini bisa kapan saja tanpa dipungut biaya apapun. Selain itu, ada beberapa kegiatan seru yang dapat Anda lakukan di pantai ini, di antaranya:

1. Berenang

Foto: sikidang.com
info gambar

Ombaknya yang tenang, air yang dangkal dan jernih bisa membuat Anda dan keluarga berenang dengan aman dan nyaman. Ada pelampung yang dapat Anda sewa oleh pihak pengelola di sini. Namun, saat musim-musim tertentu ombak di Pantai Ombak Mati ini juga bisa menjadi sangat besar. Untuk itu tetap selalu waspada dan lakukan pengawasan pada anak-anak saat melakukan aktivitas berenang.

2. Menikmati sunset

foto: Instagram/@mas_fandhy
info gambar

Keelokan langit di sore hari menjelang matahari terbenam berubah menjadi jingga dan memantul ke air laut dan membentuk siluet yang indah. Di sini Anda juga bisa melihat kapal-kapal nelayan yang hendak berangkat mencari ikan. Jangan lupa abadikan momen terbaik Anda saat sunset tiba, temukan tempat-tempat terbaik untuk mendapatkan momen terbaik di sini.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Pantai Pecaron

3. Bermain di pinggir pantai

foto: mytrip123.com
info gambar

Bersantai dan bermain di pinggir pantai merupakan kegiata yang banyak dilakukan para pengunjung di Pantai Ombak Mati ini. Pasir putihnya yang terbentang luas, membuat banyak orang bermain pasir di sini. Banyak anak-anak membuat istana dari pasir dengan ceria.

Bukan hanya itu, di kawasan Pantai Ombak Mati ini terdapat Pembangkit Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B yang megah. Di sini juga Anda sebelah utara PLTU Anda bisa melihat karang dalam yang luas dengan kedalaman 35-50 meter.

Fasilitas di Pantai Ombak Mati

Jangan khawatir, untuk fasilitas di Pantai Ombak Mati ini cukup lengkap dan bisa digunakan untuk semua pengunjung selama beraktivitas saat rekreasi. Adapun fasilitas yang bisa Anda nikmati adalah:

  • Tempat parkir kendaraan luas
  • Pusat informasi wisata pantai
  • Toilet umum / MCK
  • Mushola
  • Warung-warung wisata
  • Kios souvenir & oleh-oleh
  • Area bermain anak
  • Gazebo
  • Kursi / tempat duduk
  • Gardu pandang

Di Pantai Ombak Mati ini Anda akan menemukan gazebo unik dengan genting wuwungan khas Kota Jepara. Anda juga bisa menikmati berbagai hidangan khas Jepara yang lezat dan memanjakan lidah saat menikmati keindahan pantai.

Perlu diketahui, bahwa hampir di sekitar pantai ini, Anda tidak akan menemukan bangunan yang terbuat dari semen loh! Karena pantai ini mengusung tema pantai alami tanpa ada bangunan di sekitaran pantai, bahkan untuk menikmati sajian khas di sana Anda bisa pergi ke area parkir.

Tertarik untuk membuktikan keindahan alam wisata bahari di Pantai Ombak Mati? Yuk, ajak keluarga untuk menikmati liburan di sini.

Baca juga: 10 Pantai di Jawa Tengah yang Bagus

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini