Taekwondo Indonesia Bergerak hingga ke Korea dan Eropa demi SEA Games 2023

Taekwondo Indonesia Bergerak hingga ke Korea dan Eropa demi SEA Games 2023
info gambar utama

SEA Games 2023 tinggal hitungan bulan. Taekwondo Indonesia bergerak demi bisa meraih prestasi cemerlang.

Taekwondo Indonesia tidak berleha-leha seiring dengan semakin dekatnya SEA Games 2023. Persiapan langsung digelar untuk mengasah para atlet yang bakal ambil bagian.

SEA Games 2023 akan dihelat di Kamboja pada 5 hingga 17 Mei 2022. Kurang dari enam bulan waktu yang tersisa bagi tim taekwondo Indonesia untuk mempersiapkan diri.

Berguru Silek ke Ranah Minang, dari Ilmu Beladiri sampai Seni Pertunjukan Randai

Dari Seleksi ke Pelatnas

Langkah awal yang ditempuh tim taekwondo Indonesia adalah menjaring atlet untuk dikirim ke Kamboja nanti. Untuk itu, Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) menggelar seleksi nasional Taekwondo Indonesia mulai 18 hingga 22 Desember lalu di GOR Universitas Negeri Jakarta.

Ada 83 atlet yang mengikuti seleknas. Mereka berasal dari 22 Pengurus Provinsi (Pengprov) dan berstatus juara dari berbagai ajang tingkat lokal dan nasional seperti Kejuaraan Nasional Taekwondo Indonesia, Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional, Pekan Olahraga Provinsi, dan Kejuaraan Wilayah.

Seleknas taekwondo kali ini berjalan dengan baik. Itu dikatakan oleh Ketua Umum PBTI Thamrin Marzuki.

"Rangkaian seleksi yang dilaksanakan Binpres PBTI ini cukup baik, cukup bagus, kemudian atlet yang tampil saat ini saya lihat memang semangat untuk meraih prestasi," ujar Thamrin seperti dilansir Antara.

"Dia tunjukkan maksimal kemampuannya dia, jadi kita tahu, bisa kita ukur, mana yang punya talenta-talenta bisa kita ukur di sini," katanya.

Ketua Pelaksana Seleknas Taekwondo Indonesia Ketua Binpres PBTI Fahmi Farezi juga senang dengan seleknas kali ini. Ia melihat banyak peserta punya kualitas bagus.

"Saya senang banget, yang datang ini pilihan, dan umurnya muda-muda, posturnya bagus-bagus, jadi ke depan taekwondo Indonesia akan bagus. Terus, untuk yang tidak terpilih sekarang pun umurnya masih sangat muda, jadi mereka akan punya peluang banyak ke depan, jadi regenerasi akan bagus," ujar Fahmi.

Setelah seleknas tuntas dan nama atlet terpilih sudah dikantongi, PBTI beranjak ke langkah berikutnya yakni menggelar pelatnas alias training camp (TC).

Tidak tanggung-tanggung, tim taekwondo Indonesia melakoni TC di Korea Selatan. Di samping itu, juga ada rencana uji coba di Eropa.

"Kami nanti rencana training camp di Korea. Kemarin sudah di Melbourne dua minggu, sepulang mereka, kami evaluasi lagi. Nanti kami siapkan lagi untuk training camp di Korea," kata Thamrin.

Hanya saja, tidak semua atlet akan diikutkan dalam uji coba di Eropa. Hanya yang terbaik yang akan mendapatkan kesempatan tersebut.

Beladiri Bermandikan Lumpur dari Indonesia



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini