Danau Gunung Tujuh: Danau Kaldera Tertinggi Kedua di Taman Nasional Kerinci Jambi

Danau Gunung Tujuh: Danau Kaldera Tertinggi Kedua di Taman Nasional Kerinci Jambi
info gambar utama

Selain Danau Sipin, Danau Gunung Tujuh adalah adalah wisata danau yang bisa dikunjungi saat kamu di Jambi. Danau ini berada wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), tepatnya di Desa Pelompek, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Seperti namanya, danau ini dikelilingi tujuh gunung yang menyediakan panorama indah. Ketujuh gunung tersebut adalah: Gunung Tujuh; Gunung Selasih; Gunung Madura Besi; Gunung Hulu Tebo; Gunung Jar Panggang; Gunung Lumut; dan Gunung Hulu Sangir.

Danau ini berada persis di ketinggian 1.950 mdpl yang membuatnya didapuk sebagai danau tertinggi se-Asia Tenggara.

Daya Tarik Danau Gunung Tujuh

Berkemah di Danau Gunung Tujuh
info gambar

Danau Gunung Tujuh menawarkan beberapa daya tarik yang membuat wisatawan tidak akan menyesal berkunjung ke danau ini. Beberapa daya tarik itu adalah:

1. Panorama Danau Kaldera dengan Air yang Ekstrim Dinginnya

danau gunung tujuh jambi
info gambar

Ekosistem di Danau Gunung Tujuh masih terjaga sehingga panorama danau ini begitu indah dilihat. Hal ini bisa dilihat dari udara sejuk di sekitar danau ini, serta air danaunya yang jernih dan dingin. Merasakan sensasi mandi air yang luar biasa dingin di Danau Gunung Tujuh menjadi tantangan tersendiri bagi para wisatawan dan petualang.

Wisatawan bisa menikmati panorama danau ini dengan berjalan-jalan di sekitar danau, berenang di tepian danau, atau menaiki perahu yang disewakan khusus di danau ini. Wisatawan juga bisa ikut menumpang perahu nelayan di danau ini untuk sekadar menikmati pemandangan danau atau bahkan ikut memancing ikan dengan mereka.

2. Panorama Gunung-Gunung di Kawasan Taman Nasional

danau gunung tujuh jambi
info gambar

Selain danau, panorama gunung-gunung di sekitar Danau Gunung Tujuh juga tidak kalah menarik. Kehadiran gunung-gunung itu seakan menjadi penjaga danau ini. Panorama gunung-gunung yang indah di danau ini sangat cocok dijadikan latar foto.

Baca juga: Menyaksikan Keajaiban Pulau Berhala Kepri di Sisi Timur Pesisir Jambi

3. Berkemah di Area Bertekstur yang Mirip Pasir di Pantai

danau gunung tujuh jambi
info gambar

Selain menikmati panorama danau dan gunung, wisatawan pun juga bisa berkemah di danau ini. Kebetulan, danau ini memiliki area yang memiliki pasir seperti pantai yang cocok untuk berkemah. Disarankan untuk membawa pakaian hangat dan alat perkemahan sendiri jika ingin berkemah di danau ini, karena pihak pengelola tidak menyediakan peralatan yang bisa disewa.

4. Menikmati Desa yang Asri dan Sejuk di kaki Gunung Tujuh

wisata jambi di danau gunung tujuh kerinci
info gambar

Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu danau kaldera tertinggi di Indonesia karena lokasinya yang di atas gunung, bahkan di Asia Tenggara. Berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut, danau ini merupakan danau kedua tertinggi di Indonesia setelah 13 danau kecil yang terdapat di Gunung Talamau di Sumatra Barat. Dengan ketinggian hampir 2 kilometer di atas permukaan laut, danau ini tak jauh dari kehidupan masyarakat pedesaan dengan segala hal yang asri dan alami.

Lokasi Menuju Danau Gunung Tujuh di Jambi

Pemandangan Danau Gunung Tujuh di Sore Hari
info gambar

Rute menuju Danau Gunung Tujuh ditempuh lewat pusat Kabupaten Kerinci. Dari sana, wisatawan harus menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 2 jam dengan kendaraan roda dua atau empat, kemudian berhenti di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Sesampainya di TNKS, wisatawan harus melakukan pendakian selama dua jam supaya bisa sampai ke area Danau Gunung Tujuh. Ada dua jalur pendakian yang bisa dipilih, yaitu jalur landai yang jarak tempuhnya jauh dan jalur curam yang jarak tempuhnya dekat.

Baca juga: Pendakian Gunung Lawu via Cetho: Estimasi Perjalanan dan Rute

Pada dasarnya, menuju danau di Gunung Tujuh relatif mudah diakses oleh para pendaki. Pasalnya, lokasi tersebut tak hanya menawarkan pesona pemandangan alam yang indah. Bahkan, jalur menuju ke sana juga lebih mudah, serta menjadi pilihan alternatif selain mendaki Gunung Kerinci yang relatif lebih menantang.

Kedua jalur itu nantinya akan bertemu di tengah dan terhubung dengan jalur lain yang jalur menurun dan tajam. Jika berhasil melewati jalur tersebut, wisatawan bisa sampai ke area Danau Gunung Tujuh. Disarankan untuk melakukan pendakian dalam kondisi prima dan dilakukan di luar musim penghujan. Bagi wisatawan yang akan berkemah, wajib membawa peralatan sendiri.

Wisatawan tidak perlu membayar Harga Tiket Masuk (HTM) saat memasuki kawasan Danau Gunung Tujuh. Wisatawan hanya perlu mengeluarkan kocek sekitar Rp 50 ribu jika ingin menggunakan fasilitas perahu yang disediakan pengelola danau ini.

Danau Gunung Tujuh buka setiap hari selama 24 jam, sehingga wisatawan bisa mengunjunginya kapan saja.

Baca juga: Wisata Bukit Khayangan Jambi: Nikmatnya Berselimut Awan di atas Sekepal Tanah dari Surga

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito.

AW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini