Mengenal DINA, Robot Pintar di Stasiun MRT yang Bantu Penumpang

Mengenal DINA, Robot Pintar di Stasiun MRT yang Bantu Penumpang
info gambar utama

Kawan sudah pernah menyapa DINA, robot pintar di stasiun MRT Lebak Bulus? Pada Jumat (23/12/2022) lalu, PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta (Perseroda) meluncurkan robot DINA (Digital Intelligent Assistant), yang akan membantu penumpang MRT di stasiun.

Robot DINA masih dalam tahap uji coba. Ia ditempatkan di Stasiun MRT Lebak Bulus, salah satu stasiun terbesar dan tersibuk. Inovasi ini hadir sebagai bentuk kerja sama PT MRT Jakarta (Perseroda) dengan Universitas Gunadarma.

"Menutup tahun 2022 ini, kami meluncurkan satu robot unit robot pintar yang secara umum bertugas sebagai robot surveillance," ujar Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda), Muhammad Effendi, dikutip dari jakartamrt.co.id.

Robot DINA Patroli di Stasiun

Robot DINA Patroli di Stasiun MRT Lebak Bulus | Foto: instagram.com/mrtjkt
info gambar

Robot dominan putih itu dilengkapi empat roda, satu layar persegi panjang, dan kamera 360 derajat. Tingginya sekitar 160 sentimeter. DINA mampu menyala selama 6 jam, lho.

Masih dalam tahap uji coba, robot DINA hanya beroperasi di waktu tertentu, yakni pukul 08.00-09.00, 13.00-14.00, dan 18.30-19.30 waktu setempat.

Baca juga:Perusahaan di Indonesia ini Mulai Menggunakan Robot sebagai Karyawannya

Selain membantu pengguna jasa secara umum, tugas DINA adalah berpatroli keliling stasiun. Robot DINA dinilai lebih efektif mengawasi area stasiun.

"Fungsi dari robot DINA adalah melakukan patroli di area stasiun untuk mengawasi fasilitas dan kondisi area publik, terutama saat window time (waktu setelah operasional)," tutur Effendi.

Cara robot DINA membantu penumpang juga unik. Layar di robot akan tersambung ke petugas sehingga penumpang bisa bertanya secara langsung. Sederhananya, robot DINA mampu melakukan komunikasi dua arah dengan penumpang.

"Tadi saat uji coba, saya sudah mencoba berkomunikasi dengan salah satu penumpang. Penumpang tersebut melihat saya melalui layar di robot DINA dan saya melihat melalui layar komputer yang nantinya ada di salah satu ruangan di stasiun," jelas Effendi.

Robot ini diharapkan mampu membantu pengambilan kebijakan di stasiun dan bekerja sesuai kebutuhan operasional.

Robot Pintar di Indonesia

Tak hanya DINA, teknologi yang semakin berkembang juga melahirkan banyak robot pintar di Indonesia, lho. Para akademisi menciptakannya dengan tujuan mempermudah hidup manusia.

Kira-kira, apa saja, ya, robot pintar yang ada di Indonesia?

Baca juga:3 Robot Canggih Buatan Indonesia Bantu Tenaga Medis

1. Robot Damkar

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) DKI Jakarta memiliki dua robot pemadam kebakaran yang dibeli dari Kroasia. Mereka difungsikan guna membantu petugas untuk menjangkau lokasi yang sulit.

Robot damkar itu adalah Dok-ink MVF 5-U3 dan LUF 60. Saat terjadi kebakaran di mal kawasan Jakarta Selatan, robot damkar ini turut terjun untuk membantu.

2. Robotemi

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kita harus maju melakukan terobosan agar siap berkompetisi di masa depan. Atas dasar ini, Direktur PT Esky Multimedia Indonesia, Harry L, meluncurkan robot pribadi berbasis Artificial Intelligence (AI) bernama Robotemi.

Robot pintar ini bertugas layaknya asisten pribadi yang bisa digunakan baik di rumah maupun kantor. Robotemi sudah difungsikan di beberapa tempat, salah satunya sempat hadir di Kantor Walikota Jakarta Barat.

3. Robot RAISA

Robot Artificial Intelegent Special Application (RAISA) diciptakan oleh Hasan Hambali. RAISA bertugas memberikan informasi di beberapa sektor, salah satunya hotel.

Baca juga:R2045, Kelompok Robotik yang Akan Wakili Indonesia di Kompetisi Robot Dunia

Uniknya, robot ini menggunakan bahasa Indonesia dalam pengoperasiannya. RAISA diluncurkan pada Agustus 2022 lalu sebagai hadiah kemerdekaan Indonesia ke-77.

Masih banyak inovasi robot pintar lain di Indonesia. Harapannya semakin banyak robot karya anak bangsa yang tak kalah keren dari buatan luar negeri. Negara kita pun akan mampu bersaing di masa depan.

Jadi, Kawan GNFI sudah kenal, kan, dengan DINA dan teman-temannya?

Referensi:Situs MRT Jakarta | Kompas.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini