5 Beasiswa S2 Luar Negeri yang Jarang Diketahui, Kesempatan Lolos Lebih Besar!

5 Beasiswa S2 Luar Negeri yang Jarang Diketahui, Kesempatan Lolos Lebih Besar!
info gambar utama

Kawan ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri? Kalau begitu, Kawan harus tahu daftar beasiswa S2 luar negeri yang jarak dilirik atau diketahui oleh banyak orang. Karenanya, kesempatan untuk lolos beasiswa ini jadi lebih besar, lho.

Melanjutkan studi ke luar negeri menjadi impian banyak mahasiswa di Indonesia. Harapannya, akan ada ilmu sekaligus pengalaman baru dari negeri yang kita tempati untuk belajar. Apabila sudah kembali ke Indonesia, jangan lupa untuk berkontribusi demi masa depan bangsa.

Banyak sekali, lho, program beasiswa luar negeri yang ditawaran. Kawan bisa memilih sendiri sesuai kemampuan dan kebutuhan. Namun, tentu ada persaingan ketat kalau memilih beasiswa yang populer.

Dirangkum dari instagram @kobieducation, ternyata ada juga beasiswa S2 luar negeri yang jarang diketahui. Padahal, benefitnya terbilang sangat menarik. Kira-kira apa saja, ya? Simak selengkapnya daftar beasiswa S2 Luar Negeri yang jarang diketahui berikut ini.

Beasiswa S2 di Luar Negeri | Foto: Unsplash/Javier Trueba
info gambar

1. Hyundai Motor Chung Mong-Koo Foundation Global Scholarship

Pecinta budaya Korea wajib tahu, nih! Hyundai Motor Chung Mong-Koo menawarkan program beasiswa untuk melanjutkan S2 dan S3 di Korea Selatan.

Peserta beasiswa harus dari negara ASEAN, termasuk Indonesia. Pastikan Kawan sudah terdaftar dalam universitas yang beralifiasi, seperti Korea University, Seoul National University, Yonsei University, Hanyang University, KAIST, dan Korea Development Institute.

Bidang studi yang dapat diambil, antara lain Science & Engineering, Economics & Business, dan Korean Studies. Untuk benefitnya jangan diragukan lagi, deh! Kalau Kawan lolos beasiswa ini, Kawan akan mendapatkan benefit, antara lain

  • 100 persen biaya kuliah termasuk biaya pendaftaran
  • Biaya hidup (sekitar 12 juta rupiah per bulan)
  • Biaya kepindahan (sekitar 30 juta rupiah sekali di awal semester)
  • Bonus kelulusan (sekitar 12 juta rupiah)
  • Berkesempatan mengikuti kompetisi akademik internasional dan program budaya

Bagaimana, apakah Kawan tertarik? Untuk informasi lebih lanjut Kawan GNFI bisa mengunjungi hyundai-cmkfoundation.org.

Baca Juga: Beasiswa Indonesia Maju, Program Kemendikbudristek untuk S1/S2 Dalam dan Luar Negeri

2. Eric Bluemink Fund University of Groningen

Beasiswa S2 yang jarang diketahui berikutnya tersedia untuk Kawan yang ingin lanjut kuliah ke Belanda. University of Groningen memberikan beasiswa untuk negara berkembang agar bisa berkuliah di kampus tersebut dengan berbagai program studi yang tersedia. Namun, Kawan harus sudah diterima dulu untuk kemudian bisa mengikuti seleksi beasiswa.

Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan, tunjangan buku, dan asuransi kesehatan. Untuk informasi lengkapnya, Kawan bisa mengakses laman www.rug.nl, ya!

3. Hokkaido University President's Fellowship (HUPF)

Jepang terkenal memiliki pendidikan berkualitas baik. Hokkaido University memberikan beasiswa S2 untuk mahasiswa alumni dari beberapa kampus di Indonesia yang telah menjalin kerja sama, antara lain Universitas Gajah Mada, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Palangkaraya.

Kuota beasiswa ini sangat sedikit, yakni kurang dari 10 mahasiswa per tahun. Pastikan Kawan mempersiapkan diri dengan baik, ya. Benefit yang bisa Kawan dapatkan dari beasiswa ini mencakup biaya pendaftaran, biaya kuliah, biaya hidup, dan fasilitas asrama.

4. KAUST Fellowship

Berikutnya, ada King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) di Arab Saudi yang juga menyediakan program beasiswa untuk mahasiswa S2 di bidang sains dan teknologi. Persyaratan beasiswa ini, antara lain dokumen statement of purpose, daftar riwayat hidup, surat rekomendasi, ijazah, paspor, dan sertifikasi TOEFL IBT atau IELTS.

Beasiswa KAUST Fellowship mencakup biaya kuliah, uang saku, apartemen lengkap, asuransi kesehatan, biaya pengurusan visa, dan tiket pesawat pulang-pergi. Wah, banyak juga, ya, benefitnya!

Baca Juga: 5 Tips Menulis Esai agar Lolos Beasiswa

5. Diritto Allo Studio Universitario (DSU)

Ingin kuliah di Italia? Kawan bisa mencoba beasiswa Diritto Allo Studio Universitario (DSU). Menariknya, proses seleksi beasiswa ini tidak melewati tahap wawancara. Benefit yang bisa Kawan dapatkan dari beasiswa S2 ini antara lain biaya kuliah, biaya hidup, tempat tinggal, dan kupon makan di kampus.

Nah, itulah daftar beasiswa S2 yang bisa Kawan coba. Meskipun jarang diketahui, ternyata banyak benefit yang ditawarkan oleh beberapa beasiswa tersebut. Kalau Kawan tertarik, jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik, ya!

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini