Nikmatnya Cakalang Indonesia Sampai ke Jepang

Nikmatnya Cakalang Indonesia Sampai ke Jepang
info gambar utama

Cakalang Indonesia laris di luar negeri. Salah satu negara yang merasakan nikmatnya cakalang Indonesia adalah Jepang.

Siapa tidak tahu cakalang? Ikan satu ini adalah salah satu primadona dari laut Indonesia yang banyak penggemarnya. Nikmatnya cakalang telah dirasakan masyarakat Indonesia sejak dulu.

Tidak heran apabila masyarakat Indonesia mengenal banyak kuliner yang berbahan cakalang. Mulai dari cakalang asap, suwir, hingga santan pedas, nikmatnya cakalang dijamin sulit ditolak.

Cakalang punya nama ilmiah Katsuwonus pelamis. Dalam Bahasa Inggris, ikan ini juga dikenal dengan sebutan skipjack tuna. Menurut laman Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul, cakalang biasa ditemui di laut tropis dan subtropis di Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Atlantik secara bergerombol dalam kawanan besar.

Bagi nelayan, cakalang adalah buruan yang berharga. Nelayan dapat menangkapnya laut dengan kedalaman 0 hingga 400 meter.

Selain rasanya yang nikmat, cakalang juga kaya gizi. Banyak nutrisi penting yang terkandung dalam cakalang seperti omega-3, Zat Besi, Vitamin A, D, E, B1 dan C, Selenium dan Antioksidan.

Dengan rasa nikmat dan gizi tinggi, tak heran apabila cakalang banyak penggemarnya dan laris di pasaran. Bagi Indonesia, cakalang juga merupakan sumber devisa yang didapat melalui ekspor.

Ini Cerita Sukses Konservasi Pari Manta di Flores Timur

Cakalang Indonesia Menuju Jepang

Selama ini, Indonesia telah menjadikan cakalang sebagai komoditas ekspor. Salah satu perusahaan yang aktif mengekspor cakalang adalah PT Perikanan Indonesia.

Pada awal Januari 2023 ini, PT Perikanan Indonesia telah mengirim cakalang Indonesia ke Jepang. Pasokannya didapat dari mitra nelayan yang tersebar di berbagai wilayah.

Besaran ekspor cakalang ke Jepang tidak main-main. Untuk awal Januari 2023 ini saja, ada 205 ton cakalang atau setara delapan kontainer yang dikirim ke Jepang via jalur laut oleh PT Perikanan Indonesia. Nilainya mencapai 330.050 dolar AS atau setara dengan Rp5,1 miliar.

"Total ada 205 ton yang kami ekspor ke Kota Hakata, Jepang pada awal bulan Januari. Dan insyaAllah akan berkelanjutan di bulan-bulan berikutnya dengan minimal 300 ton setiap bulannya,” ujar Direktur Utama PT Perikanan Indonesia Sigit Muhartono seperti dilansir Antara.

Dijelaskan Sigit, kebutuhan cakalang di Jepang sangat besar. Untuk satu pembeli aja, permintaannya mencapai 30.000 ton selama setahun. Oleh karena itu, PT Perikanan Indonesia berusaha memanfaatkan kesempatan tersebut dengan menyuplai cakalang dari Indonesia PT Perikanan Indonesia punya target bisa mengekspor sebanyak 300 ton setiap bulan.

Seperti masyarakat Indonesia, orang Jepang juga mengenal makanan lezat yang berbahan cakalang. Karena itulah tak mengherankan cakalang Indonesia bisa laku di sana.

"Perusahaan dari Jepang mengimpor ikan cakalang dari Indonesia untuk diproses menjadi bahan dasar masakan Jepang, katsuobushi. Katsuobushi merupakan makanan awetan dengan bahan dasar ikan cakalang yang diserut tipis seperti serutan kayu," ujar Sigit.

Berenang Bersama Pari Manta dan Melepas Penyu di Pulau Sangalaki

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini