Danau Tangkas Sekernan: Danau Dengan Hutan Liontin dan Pulau Tepus

Danau Tangkas Sekernan: Danau Dengan Hutan Liontin dan Pulau Tepus
info gambar utama

Kabupaten Muaro Jambi tidak memiliki Candi Muaro Jambi saja. Di sana juga ada satu danau yang menarik dan layak dikunjungi, yakni Danau Tangkas Sekernan. Sesuai namanya, danau ini berada persis di Kecamatan Sekernan, tepatnya di Desa Tanjung Lanjut, Sekernan, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

Danau ini mulanya adalah sarana transportasi yang menghubungkan Desa Tanjung Lanjut dengan Desa Kaos. Seiring waktu, danau ini pun difungsikan sebagai tempat wisata dan sudah diresmikan oleh Bupati Muaro Jambi pada 2018 kemarin.

Walaupun terhitung baru, danau ini sudah banyak dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar Jambi. Lalu, apa yang membuat danau ini begitu menarik dan layak dikunjungi?

Baca juga:Eksplorasi Wisata Danau Sipin Jambi, Rekreasi Menikmati Eloknya Alam

Daya Tarik Danau Tangkas Sekernan

Salah Satu Daya Tarik Danau Tangkas Sekernan
info gambar

Nuansa yang alami dan udara segar di sekitar danau adalah daya tarik utama Danau Tangkas Sekernan. Daya tarik tersebut membuat danau ini sangat cocok dijadikan tempat bersantai.

Danau Tangkas Sekernan juga memiliki berbagai spot menarik yang bisa dikunjungi, yaitu:

1. Hutan Liontin

Ini adalah hutan yang berada persis di atas air. Hutan itu bisa dikunjungi dengan menaiki perahu tradisional yang sudah disediakan pengelola danau ini. Nantinya wisatawan akan melewati lorong yang terbentuk dari ribuan pohon patat sebelum akhirnya sampai ke Hutan Liontin.

Saat di hutan tersebut, wisatawan akan menjumpai rumah pohon yang banyak. Jika wisatawan mengunjungi hutan ini di pertengahan tahun atau bahkan akhir tahun, wisatawan akan menemukan bebungaan yang mekar dan bergelantungan pada pohon-pohon di hutan ini.

Baca juga: Wisata Bukit Khayangan Jambi: Nikmatnya Berselimut Awan di atas Sekepal Tanah dari Surga

2. Pulau Tepus

Seperti Hutan Liontin, spot ini juga memiliki banyak rumah pohon yang bisa dikunjungi. Rumah-rumah pohon itu berada persis di pesisir pulau ini, serta cocok digunakan untuk tempat beristirahat dan makan-makan.

3. Wahana Permainan

Tidak hanya menikmati panorama danau, wisatawan juga bisa menjajal berbagai wahana permainan yang tersedia, seperti banana boat, speed boat, dan bebek dayung. Saat memainkan wahana-wahana tersebut, wisatawan harus sedikit hati-hati karena air di Danau Tangkas Sekernan cenderung pasang surut.

4. Area Perkemahan

Wisatawan pun bisa berkemah disini karena Danau Tangkas Sekernan sudah memiliki area perkemahan. Perkemahan di danau ini sudah dilengkapi sarana dan prasarana yang membuat wisatawan nyaman berkemah di sini. Biaya sewa area perkemahannya pun terjangkau, yakni hanya Rp 28 ribu saja.

Baca juga:Danau Gunung Tujuh: Danau Kaldera Tertinggi Kedua di Taman Nasional Kerinci Jambi

Rute Menuju Danau Tangkas Sekernan

Rute Ke Danau Tangkas Sekernan
info gambar

Perjalanan menuju Danau Tangkas Sekernan bisa dimulai dari Kota Jambi. Dari sana, wisatawan bisa menempuh jalur darat dengan waktu tempuh sekitar 1-2 jam. Danau Tangkas Sekernan bisa dikunjungi setiap Selasa sampai Minggu dengan jam buka mulai dari 11 siang sampai 9 malam.

Baca juga: Mengenal Ikon Kota Jambi, Tugu Keris Siginjai

Tiket masuk Danau Tangkas Sekernan tergolong murah, yakni Rp 5 ribu untuk weekdays dan Rp 10 ribu untuk weekend. Biaya sewa permainan di danau ini juga murah, yakni sekitar Rp 10 ribu - Rp 15 ribu.

Danau Tangkas Sekernan bisa dikunjungi Jalan Rd. Somad, Desa Tanjung Lanjut, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

Baca juga: Pantai Pasir Panjang Tanjung Tanah di Jambi: Indahnya Pesisir Danau Berombak Rasa Laut

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito.

AW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini