Buat Bioskop di Rumah Kawan dengan 5 Perlengkapan ini!

Buat Bioskop di Rumah Kawan dengan 5 Perlengkapan ini!
info gambar utama

Siapa yang menginginkan bioskop dalam rumah? Pasti akan sangat seru menonton film layar lebar bersama keluarga, pasangan, atau teman di rumah. Meskipun begitu, membuat bioskop dalam rumah bukanlah pekerjaan yang mudah.

Kawan GNFI perlu menyiapkan berbagai perlengkapan untuk membuatnya. Lalu, apa saja perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat bioskop dalam rumah? Tanpa berlama-lama, langsung saja Kawan simak poin-poin berikut ini, yuk!

1. Proyektor

Salah satu perlengkapan penting yang harus ada dalam bioskop rumah adalah proyektor. Kawan GNFI mungkin pernah menemukan perlengkapan ini di kelas atau aula di perusahaan. Proyektor berguna untuk menampilkan media (gambar, video, atau karya digital) dalam ukuran besar.

Lalu, bagaimana cara menampilkan film kesukaan Kawan dengan alat ini? Sebelumnya, Kawan memiliki laptop atau komputer yang memiliki kabel VGA proyektor. Apabila proyektor sudah mendukung fitur bluetooth dalam laptop, Kawan juga bisa menggunakannya karena cukup mudah dilakukan. Lalu, hubungkan kabel proyektor ke dalam port laptop Kawan.

Baca juga: Deretan Bioskop Pertama di Indonesia

Proyektor akan secara otomatis menampilkan visual/desktop dalam laptop Kawan. Selanjutnya, Kawan bisa memilih film yang telah disimpan dalam memori laptop Kawan untuk kemudian diputar. Nantinya, proyektor akan memunculkan media yang sesuai dengan tampilan laptop Kawan.

Untuk mendapatkan proyektor, Kawan bisa membelinya di toko elektronik terdekat atau toko online. Jangan lupa untuk membeli proyektor yang berkualitas dan sesuaikan dengan budget Kawan, ya!

2. Speaker

Setiap bioskop memiliki pengeras suara yang cukup besar. Tidak heran, suasana dalam bioskop seringkali menggemparkan penonton. Untuk itu, Kawan tidak boleh ketinggalan untuk menyiapkan pengeras suara dalam bioskop di rumah Kawan.

Pengeras suara memiliki beragam ukuran dimulai dari yang terkecil hingga terbesar. Biasanya, pengeras suara dengan bentuk besar akan menghasilkan suara yang tinggi pula. Namun, hal itu kembali pada faktor dana yang Kawan siapkan. Sebab, pengeras suara memiliki harga yang berbeda-beda tergantung kualitas dan power brand-nya.

Lalu, bagaimana cara menggunakan speaker? Kawan bisa menghubungkan kabel speaker dengan port yang tersedia pada laptop. Kawan juga bisa melakukan cara lain karena saat ini speaker telah memiliki fitur bluetooth. Kawan bisa menggunakan bluetooth untuk terhubung ke perangkat laptop atau komputer. Tentunya, dengan penggunaan speaker, bioskop rumah Kawan sungguh menyenangkan.

Baca juga: Bioskop Terapung di Indonesia?

3. Panel Peredam Suara

Dilansir dari 99.co, saat ini, rumah modern memiliki permukaan dinding yang bersifat drywall (dinding dari papan gipsum) sehingga buruk dalam menahan suara dari luar. Solusinya, Kawan bisa memasang panel peredam suara atau panel akustik.

Jika Kawan tertarik, Kawan bisa membelinya di toko elektronik terdekat atau toko online dengan harga sekitar Rp43 ribu—Rp273 ribu. Pastikan Kawan GNFI juga memasang panel tersebut dalam bioskop di rumah Kawan, ya!

4. Smart TV

Smart TV berukuran besar
info gambar

Salah satu perlengkapan termahal dalam membuat bioskop rumah adalah smart TV. Saat ini, banyak smart TV yang memiliki kualitas dan fitur yang berbeda-beda. Namun, fungsi utama mereka tetap sama, yakni menampilkan audiovisual melalui kecerdasan buatan (internet of things).

Smart TV bisa menjadi opsi bagi Kawan untuk menampilkan beragam film tanpa menggunakan proyektor. Ditambah, Smart TV memiliki ukuran yang besar dan memiliki fitur yang beragam. Kawan bisa menyetel lagu, menonton siaran ulang, menyaksikan film melalui layanan streaming, dan fitur lainnya.

Kawan GNFI juga bisa menghubungkan speaker bluetooth dengan Smart TV. Dengan begitu, Kawan tidak perlu khawatir untuk menonton film kesukaan tanpa takut suaranya kecil.

5. Alat-Alat Pelengkap

Dilansir dari republika.co.id, alat-alat pelengkap yang dimaksud adalah kabel ethernet, video komponen, video komposit, kabel HDMI, dan alat lainnya. Kawan juga bisa menggunakan stabilizer listrik untuk mengoptimasi penggunaan listrik.

Tidak hanya itu, apabila Kawan melakukan streaming menggunakan wifi, Kawan bisa menggunakan mikrotik untuk menyetabilkan jaringan internet Kawan.

Baca juga: Nonton Film Bioskop Rumahan Sambil Bantu Anak Marjinal

Dari alat-alat tersebut, tentu Kawan juga membutuhkan ruangan yang mendukung. Contohnya, Kawan bisa menutup jendela dengan gorden berwarna gelap. Lalu, Kawan juga bisa mematikan lampu untuk menyajikan suasana ala bioskop di Mal.

Tak lupa juga, Kawan bisa menyiapkan camilan lezat sekaligus sofa atau tempat tidur yang nyaman. Dengan begitu, Kawan dapat merasakan berada di bioskop kelas VIP.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini