10 Oleh-Oleh Khas Aceh, dari Kuliner Hingga Kerajinan Tangan

10 Oleh-Oleh Khas Aceh, dari Kuliner Hingga Kerajinan Tangan
info gambar utama

Aceh merupakan provinsi yang kaya akan destinasi wisata alam, sejarah, budaya, hingga religi. Selain itu Aceh juga memiliki sederet kuliner tradisional dan kerajinan tangan unik yang cocok dijadikan oleh-oleh.

Sedang berwisata ke Aceh? Jangan lupa untuk mampir ke toko oleh-oleh atau souvenir terdekat untuk membeli beberapa buah tangan untuk orang-orang tersayang. Bingung mau beli apa? Mari simak dulu rekomendasi oleh-oleh khas Aceh yang khusus kami bagikan hanya untuk Anda.

10 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Aceh

Berkunjung ke Serambi Mekkah-nya Indonesia, tak lengkap rasanya tanpa memborong aneka oleh-oleh untuk orang-orang tersayang. Berikut 10 rekomendasi oleh-oleh khas Aceh yang tak boleh Anda lewatkan

1. Kue Bhoi

oleh-oleh aceh kue bhoi
info gambar

Kue Bhoi merupakan kue bolu khas Aceh yang langganan diborong wisatawan untuk dibawa pulang. Keunikan kue bolu ini adalah dicetak dalam bentuk ikan, sehingga kue ini juga sering disebut dengan kue ikan.

Kue yang kerap dijadikan sebagai bagian dari kue hantaran pernikahan ini sangat mudah ditemukan di toko kue atau oleh-oleh dan dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau yaitu sekitar 8 ribu rupiah untuk satu kemasan berisi 4 buah kue.

2. Kue Keukarah

oleh-oleh aceh kue keukarah

Kue Keukarah merupakan makanan tradisional khas Aceh yang sangat unik. Kue ini dibuat dari tepung beras, berbentuk seperti bulan sabit dengan tekstur seperti sarang burung.

Kue Keukarah memiliki tekstur renyah dan identik dengan aroma karamel yang lezat. Memiliki daya simpan lama, Kue Keukarah sangat pas untuk dijadikan oleh-oleh sebelum beranjak dari Aceh.

3. Kopi Aceh

oleh-oleh aceh

Kenikmatan dari kopi Aceh sudah tak perlu diragukan lagi. Bahkan bukan hanya dikenal oleh wisatawan domestik saja melainkan sudah mendunia.

Beberapa jenis kopi khas Aceh yang telah mendunia yaitu Kopi Sanger, Kopi Gayo Aceh dan Kopi Tarik. Untuk mendapatkannya pun tak sulit karena banyak tersedia di sentra oleh-oleh. Harga dari kopi khas Aceh pun relatif terjangkau yaitu mulai dari belasan ribu hingga ratusan ribu tergantung dengan berat kemasan kopi yang Anda beli.

Baca juga: Yang Enak dari Aceh. Kopi Sanger!

4. Ikan Kayu

oleh-oleh aceh
info gambar

Aceh merupakan daerah yang dikelilingi oleh lautan. Tidak heran, salah satu oleh-oleh khas Aceh adalah hasil laut yaitu Ikan Kayu. Ikan Kayu merupakan ikan tongkol yang telah dikeringkan.

Memiliki cita rasa gurih khas ikan tongkol, ikan yang dapat bertahan hingga 2 tahun ini sangat cocok dijadikan buah tangan. Mudah ditemukan di toko oleh-oleh Anda bisa membawa pulang ikan kayu mulai dari 20 ribuan per kemasannya.

Baca juga: Mengenal Ikan Jambal Roti, Olahan Ikan Asin yang Mahal

5. Kue Adee Meureudeu

oleh-oleh aceh
info gambar

Jika Anda sedang mencari oleh-oleh makanan dari Aceh dalam ukuran besar, kue adee meureudeu bisa menjadi pilihan. Kue yang terbuat dari singkong dan tepung terigu ini berbentuk lingkaran dengan ukuran yang cukup besar.

Dengan cita rasanya yang manis dan gurih serta ukuran yang besar, kue yang satu ini cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga besar di rumah.

6. Kue Meuseukat

kue meuseukat
info gambar

Tahukah Anda, Aceh memiliki jajanan khas yang berbentuk hampir mirip dengan kue pie. Kue Meuseukat adalah kue berbentuk lingkaran dengan hiasan bermotif bunga-bunga di atasnya.

Kue ini terbuat dari bahan dasar nanas dengan tekstur yang legit sehingga sering disebut juga dengan dodol Meuseukat atau dodol nanas. Untuk harganya pun tergolong ekonomis yaitu sekitar 40 ribu untuk ukuran 300 gram.

Baca juga: Dodol Meuseukat, Lambang Memuliakan Tamu di Aceh

7. Songket Aceh

oleh oleh aceh

Ketika berkunjung ke Aceh, wisatawan akan mencari songket khas Aceh untuk dijadikan sebagai buah tangan. Songket buatan Aceh memiliki ciri khas motif yang didominasi oleh warna emas dan perak, sehingga kain ini terlihat sangat mewah.

Baca juga: Kain Songket, Warisan Budaya Indonesia yang Memesona

8. Kupiah Meukeutop

oleh-oleh aceh
info gambar

Berikutnya oleh-oleh khas Aceh yang juga sangat hits dan disukai banyak wisatawan adalah Kupiah Meukeutop. Tahukah Anda Kupiah Meukeutop merupakan aksesoris favorit pahlawan Indonesia Teuku Umar. Tidak heran banyak wisatawan yang tertarik dan ingin memiliki aksesoris yang satu ini. Apakah Anda salah satu yang ingin memilikinya?

Baca juga: Kupiah Meukeutop, Kerajinan Tangan Ikon Masyarakat Aceh

9. Perhiasan Pinto khas Aceh

oleh oleh aceh
info gambar

Oleh-oleh yang satu ini pastinya sangat disukai terutama oleh wisatawan wanita. Perhiasan ini memiliki lambang Pinto Aceh yang sangat elegan. Anda bisa memilih apakah ingin mencari perhiasan Pinto Aceh dalam bentuk cincin, gelang, kalung, atau bahkan bros untuk hijab. Semuanya cantik dan pastinya akan membuat siapa pun tampak elegan saat mengenakannya.

Baca juga: Uniknya Deretan Perhiasan Tradisional Khas Aceh

10. Suvenir Rencong

oleh-oleh aceh

Rencong merupakan senjata tradisional Aceh yang saat ini banyak dicari oleh wisatawan ketika berkunjung. Banyak wisatawan yang ingin memiliki rencong sebagai koleksi atau untuk aksesoris rumah.

Baca juga: Fakta Rencong - Senjata Tradisional Aceh yang Terilhami Kalimat Basmalah

Mengikuti minat wisatawan, rencong pun kini telah banyak dimodifikasi seperti menjadi pajangan atau gantungan kunci dengan harga yang relatif terjangkau.

Demikian ulasan mengenai 10 oleh-oleh khas Aceh yang bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi. Dari 10 oleh-oleh di atas mana saja yang akan Anda beli untuk keluarga di rumah?

Baca juga: Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Labuan Bajo yang Bisa Dibawa Pulang!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini